Lainnya

4 Tips Atasi Burnout Saat Bekerja

tips-atasi-burnout

tips atasi burnout/https://riliv.co/

Fenomena burnout merupakan salah satu pertanda aktivitas di dunia kerja yang kurang baik. Dari sinilah maka kamu yang mengalami burnout dalam menjalani pekerjaan, harus bisa segera mengatasinya. Burnout sendiri merupakan gejala stress kerja kronis atau berlebihan yang dialami para pekerja hingga memunculkan kelelahan baik itu secara fisik, mental dan emosional karena tekanan pekerjaan. Biasanya ciri yang paling bisa dikenali dari burnout ini ada tiga yaitu munculnya perasaan sinis dan negatif pada pekerjaan, menurunnya produktivitas serta keadaan lelah dan habisnya energi. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi burnout yang oleh WHO diklasifikasikan ke dalam Penyakit Internasional (ICD-11) sebagai fenomena pekerjaan.

  1. Luangkan Waktu Sendiri

Pertama tips mengatasi burnout saat bekerja adalah mengambil waktu sendiri (me time). Orang-orang yang mengalami burnout ini biasanya memang lebih banyak menghabiskan waktunya pada pekerjaan. Dari sinilah maka untuk menghilangkan rasa kelelahan berlebihnya akibat pekerjaan ini kamu harus mengurangi waktu di kantor dan mengalihkannya pada kegiatan yang disukai. Sebut saja kamu menjalankan hobi kegemaran, berkumpul bersama keluarga, olahraga atau beristirahat saja. Dengan menjalani me time kamu akan bisa mendapatkan sebuah semangat baru dan secara tidak langsung akan menghilangkan burnout dalam dirimu.

  1. Cari Aktivitas Baru

Burnout yang dijuga bisa dikarenakan munculnya rasa jenuh atau bosan, membuatmu perlu mencari kegiatan baru. Para pekerja dengan rutinitas yang sama sepanjang waktu dengan beban kerja yang berat, memang sangat bisa memicu munculnya burnout. Maka bila kamu merasa memiliki tanda-tanda kerja yang disebutkan maka kamu harus bisa mendapatkan waktu untuk melakukan aktivitas baru. Meski tidak bisa dilakukan setiap hari, usahakan minimal dalam satu minggu kamu menjalankan dua aktivitas baru. Dari aktivitas atau kegiatan baru ini maka kamu akan bisa menghindari burnout sekaligus mendapatkan kembali gairah yang lebih besar untuk menjalankan pekerjaan.

  1. Buat Rencana Kerja dan Targetlah

Tak jarang pekerja yang mengalami burnout ini adalah mereka yang bekerja tidak disiplin. Di awal mereka bekerja dengan santai tapi pada saat deadline sudah dekat, mereka kelabakan dan akhirnya harus memforsir tenaga untuk menyelesaikannya. Bekerja seperti ini memang bukanlah sesuatu yang ideal karena pada akhirnya fisik dan psikis kamu yang jadi taruhannya. Maka dari itu cobalah untuk bekerja dengan sebuah perencanaan dan target di setiap harinya. Dengan rencana kerja dan target yang terukur maka kamu akan bisa menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan aktivitas lain sehingga terhindar dari burnout.

  1. Sampaikan ke Atasan

Terakhir, tips untuk bisa mengatasi burnout dalam pekerjaan adalah dengan menyampaikannya ke atasan. Bila kamu merasa bahwa beban pekerjaan yang ada terlalu berlebihan hingga menjadikanmu merasakan keletihan yang amat berlebih, maka kamu perlu menyampaikannya ke atasan. Dari hal inilah maka kamu akan bisa mendapatkan solusi untuk permasalahan yang dialami. Tapi kalau kamu diam saja maka keletihan dan gejala burnout yang kamu alami bisa saja akan semakin menjadi-jadi. Sebagai karyawan atau pekerja kamu memang berhak mendapatkan jam istirahat dan juga waktu di luar pekerjaan yang seimbang. Jadi untuk melakukan tips ini kamu tak perlu ragu jika memang kamu punya alasan yang kuat.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengatasi burnout. Gejala burnout yang bisa membahayakan kesehatan fisik dan psikis memang mau tak mau harus segera diatasi. Dan cara untuk bisa mengatasi burnout ini tentu perlu dilakukan dengan cepat dan tepat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top