Lainnya

Inilah 5 Raja Properti Terkaya di Indonesia

Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja/https://nalar.id/

Properti memang menjadi sebuah instrumen aset yang sangat berharga karena nilainya yang terus bergerak naik. Dari sinilah maka para pemilik properti memiliki peluang sangat besar untuk bisa meraih pundi-pundi rupiah yang banyak. Tak heran bila kemudian muncul beberapa orang dengan kekayaan terbesar dari para pemilik atau raja properti, Nah berikut ini adalah 5 raja properti di Indonesia yang paling kaya dan tajir sebagaimana dirangkum dari Majalah Forbes, Senin (26/4/2021).

  1. Keluarga Widjaya

Pertama, raja properti terkaya di Indonesia adalah keluarga Widjaya. Menurut Forbes, Nilai kekayaan keluarga mendiang Eka Tjipta Widjaja ini di tahun 2020 mencapai 11,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 173,32 triliun (kurs Rp 14.500). Dari sini kemudian keluarga Widjaya menjadi keluarga konglomerat kedua terkaya di Indonesia. Keluarga Widjaya sendiri memiliki bisnis properti pada Sinar Mas Group yang dikerjakan oleh PT Duta Pertiwi Tbk atau yang lebih dikenal dengan Sinarmas Land. Selain sektor properti, keluarga Widjaya juga memiliki bisnis pada beberapa sektor lain seperti perbankan, telekomunikasi, perkebunan kelapa sawit dan kertas.

Meski Eka Tjipta Widjaja sudah meninggal di tahun 2019, namun ratusan perusahaannya masih dipegang oleh anggota keluarga. Untuk Sinar Mas yang bergerak di sektor properti sebenarnya merupakan pengembang kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Kota Tangerang Selatan. Namun proyek propertinya kini bisa kita dapati di beberapa tempat lain seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, Depok, Bekasi, Batam, Balikpapan sampai ke China.

  1. Mochtar Riady

Mochtar Riady tidak lain tidak bukan adalah founder atau pendiri Group Lippo. Group Lippo sendiri memiliki banyak bisnis salah satunya properti. Untuk perusahaan yang bergerak di sektor properti ini yaitu PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dan PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK). Kedua perusahaan yang berada di bawah Group Lippo ini mulanya mengembangkan kawasan di Cikarang dan Karawaci. Dari sekian banyak proyek properti yang dikerjakan Group Lippo yang paling besar adalah pengerjaan Kota Baru Meikarta di Bekasi. Dari semua bisnis yang ada, Mochtar Riady kini telah mampu mengumpulkan pundi-pundi kekayaan mencapai 1,38 miliar dollar AS.

  1. Keluarga Ciputra

Ciputra atau Tjie Tjin Hoan merupakan kisah pengusaha properti yang benar-benar merintis dari nol. Dari Parigi, Ciputra merantau ke Jawa dan kuliah di Jurusan Arsitek ITB, Bandung. Setelah lulus, ia mencoba berbisnis dibidang properti dengan menggarap modernisasi Pusat Perbelanjaan Senen di Jakarta Pusat. Dibidang properti ini Ciputra telah menghadirkan beberapa perusahaan seperti PT Pembangunan Jaya Tbk, Metropolitan Group, serta Ciputra Group. Meski kini Ciputra telah tiada, namun catatan kekayaannya pada tahun 2020 didapati Forbes mencapai 1,28 miliar dollar AS.

  1. Alexander Tedja

Alexander Tedja dengan kerajaan bisnisnya bernama Pakuwon Group telah mencatatkan dirinya di puncak miliarder Indonesia. Bisnis yang mulai dirintis tahun 1982 ini telah membuat Tedja dikenal sebagai raja mal. Beberapa mal yang didirikan Tedja bahkan berstatus sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia saat ini yakni Mall Pakuwon. Selain itu Tedja juga berhasil merampungkan proyek mal terbesar kedua di Indonesia, yakni Tunjangan Plaza di Surabaya. Catatan dari Forbes untuk kekayaan Tedja sendiri mencapai 1,19 miliar dollar AS.

  1. Murdaya Poo

Terakhir, raja properti terkaya di Indonesia adalah Murdaya Poo atau Murdaya Widyawimarta Poo. Murdaya sendiri adalah pemilik PT Metropolitan Kentjana yang banyak mengerjakan proyek di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Dibidang properti ini Murdaya menghadirkan perusahaan PT Jakarta International Expo (JIExpo). Pria yang juga pernah menjadi anggota DPR ini memiliki kekayaan yang dilansir Forbes mencapai 1,14 miliar dollar AS.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top