Lainnya

Inilah 5 Tren Podcast Tahun 2022

tren-podcast-tahun-2022

tren podcast tahun 2022/https://www.xlhome.co.id/

Fenomena podcast saat ini memang sedang marak. Dari banyaknya public figur yang menghadirkan konten podcast inilah kemudian muncul tren terbaru di tahun 2022. Dengan semakin bertambahnya audiens yang tertarik dengan podcast, maka konsep podcast ini kemudian banyak yang menjadikannya sebagai sebuah strategi marketing. Nah bagi kamu yang juga sedang merencanakan menjadikan podcast sebagai salah satu strategi marketing, perlu sekali untuk mengetahui dan memahami beberapa tren podcast tahun 2022 dibawah ini.

  1. Peningkatan Jumlah Pendengar

Pertama, tren podcast tahun 2022 adalah peningkatan pendengar. Menurut Improve Podcast, ada peningkatan jumlah pendengar podcast yang mencapai 144 juta pendengar. Dari jumlah tersebut, rata-rata pendengar podcast akan menghabiskan lebih dari 44 menit per hari untuk mendengarkan. Di tahun 2022 sendiri dinyatakan bahwa akan ada peningkatan pendengar podcast hingga 87%. Ini artinya akan muncul lebih dari 50 juta pendengar baru podcast.

  1. Pendengar Podcast Menginginkan Pengetahuan

Perlu juga diketahui bahwa rata-rata usia pendengar podcast ini adalah usia muda, berpendidikan, dan kaya. Bila mau difokuskan, akan didapat usia pendengar podcast terbesar adalah pada rentang 12-34 tahun. Dari sinilah maka Anda perlu menyesuaikannya dengan produk dan bisnis yang dijalankan. Bila memang sesuai dengan target pasar yang disasar, maka tak perlu ragu untuk menjadikan podcast sebagai platform pemasaran. Dari rentang usia muda pendengar podcast tadi, para peneliti menganggap bahwa podcast sangat diharapkan sebagai media untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi serta media belajar. Nah di sinilah akan diprediksi muncul tren podcast sebagai sarana belajar di tahun 2022.

  1. Iklan di Podcast Semakin Mudah

Berikutnya, tren podcast di tahun 2022 adalah iklan di podcast yang semakin mudah. Penghasilan dari podcast semakin tahun memang dinilai semakin besar. Hal ini terlihat dari kasus di Amerika Serikat di mana dari 7.000 konsumen AS, 78% tidak keberatan dengan iklan atau pesan sponsor di podcast. Dari jumlah pendengar podcast yang ada, juga didapati bahwa sekitar 62% pendengar mempertimbangkan produk dan layanan baru dari mendengar tentang mereka melalui iklan podcast. Sedangkan 80% mendengarkan sebagian besar episode podcast tanpa melewatkan iklan. Dari sini maka bisa dikatakan potensi iklan melalui podcast sangatlah besar. Di tahun 2022 sendiri diperkirakan pendapatan iklan dari podcast di Amerika akan tumbuh hingga 1,33 miliar dolar.

  1. Kompetisi Antar Aplikasi Penyedia Podcast

Karena podcast semakin banyak bermunculan, membuat kompetisi antar aplikasi penyedianya akan semakin sengit di tahun 2022. Di tahun 2021 sendiri, aplikasi podcast terpopuler ditempati oleh Apple Podcast dengan 42,72% pengguna. Menurut riset Westwood One National Study, didapati bahwa rata-rata pendengar podcast di Amerika menggunakan hampir tiga platform berbeda. Bahkan bagi pendengar fanatik podcast mereka bisa menggunakan empat layanan podcast sekaligus. Dari sinilah maka layanan penyedia podcast seperti Google Podcast, Podchaser, TuneIn, iHeartRadio, Pandora, dan Anchor diyakini akan semakin menunjukkan persaingan yang ketat di tahun 2022.

  1. Live podcast

Terakhir, tren podcast tahun 2022 adalah adanya live podcast. Live podcast atau siaran langsung podcast merupakan cara yang semakin banyak dilakukan untuk tujuan meningkatkan keterlibatan audiens maupun untuk menciptakan sumber pendapatan baru. Nah live podcast yang berupa sesi sesi tanya jawab, kontes, debat telepon, dan liputan langsung acara inilah yang diyakini akan menjadi tren baru podcast di tahun 2022. Apalagi bila kemudian melihat pertumbuhan konten siaran langsung yang mencapai lebih dari 2.000% selama satu dekade terakhir.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top