Lainnya

Mau Bikin Cover Podcast yang Bisa Menarik Audiens? Terapkan 7 Prinsip Ini!

cover-podcast

cover podcast/https://www.jenius.com/

Podcast yang sudah menjadi bagian campaign dan marketing dalam pelbagai bidang, perlu mendapatkan perhatian tersendiri. Nah untuk membuat podcast yang baik, dukungan dari cover juga perlu Anda perhatikan. Sama sepeti thumbnail video, cover podcast memang memiliki peran penting untuk menarik perhatian audiens. Selain menarik perhatian audiens, cover podcast juga berfungsi sebagai pembeda antar episode-nya. Dari sinilah Anda yang ingin membuat atau menghadikan podcast, perlu mengetahui strategi dan tips membuat cover podcast yang menarik. Berikut prinsip membuat cover podcast yang harus selalu Anda terapkan.

Prinsip Membuat Cover Podcast

  1. Pahami Dulu Audiens

Prinsip pertama dalam membuat cover podcast yang harus Anda terapkan adalah memahami audiens. Dengan memahami audiens, Anda akan bisa lebih mudah untuk membuat berbagai komponen cover podcast sepeti warna dan font yang disukai audiens. Jika audiens sudah suka dengan warna, font dan komponen lain yang Anda buat, maka cover podcast-mu berpeluang akan menarik perhatian banyak audiens.

  1. Tetap Sederhana

Meski ada tuntutan membuat cover podcast semenarik mungkin, namun Anda tetap harus mengedepankan kesederhanaan. Pasalnya, cover podcast yang sederhana memang yang paling disukai. Sebaliknya, cover podcast yang terlalu ramai, justru membuat audiens menjadi malas untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Berikan Warna yang Kontras

Berikutnya, prinsip membuat cover podcast yang bisa menarik audiens adalah dengan memberikan warna yang kontras. Warna kontras memang mampu membuat perhatian audiens lebih tertuju. Warna kontras secara tidak langsung juga akan menjadi pembeda dari cover podcast lainnya. Tapi sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kombinasi warna yang tepat agar tetap menarik namun tidak norak.

  1. Tampilkan Wajahmu atau Bintang Tamu

Audiens mau mendengarkan podcast, salah satu alasannya adalah karena sosok pemilik podcast atau bintang tamunya. Nah dari sinilah maka Anda yang ingin podcast menarik audiens, perlu membuat cover yang menampilkan wajahmu atau bintang tamu atau keduanya. Meski Anda bukan public figure, namun cover dengan tampilan wajah host bisa menjadi pembeda sekaligus meningkatkan personal branding-mu.

  1. Perhatikan Dimensinya

Selanjutnya, prinsip membuat cover podcast yang menarik audiens adalah dengan memperhatikan dimensinya. Karena cover podcast ini akan dibagikan ke beberapa platform, maka kamu memang perlu memperhatikan ukuran atau dimensi pada setiap platform tersebut. Dengan dimensi yang tepat dan sesuai platform, maka cover podcast-mu akan semakin mampu menarik perhatian.

  1. Pilihan Font yang Tepat

Pemakaian font juga perlu Anda perhatikan dengan seksama. Pasalnya font ini bisa menjadi identitas dan pembeda podcastmu dengan lainnya. Untuk pemilihan font agar menceminkan karakter ini, menurut menurut Spreaker, dianjurkan untuk membatasi maksimal dua jenis font saja, tidak lebih.

  1. Konsistensi

Terakhir, prinsip membuat cover podcast yang menarik audiens adalah konsistensi. Konsistensi di sini maksudnya adalah bagaimana Anda tetap mempertahankan beberapa prinsip di atas. Hal yang sangat berkaitan dengan konsistensi ini adalah bagaimana Anda bisa mempertahankan komponen-komponen dalam cover podcast. Jangan lupa juga untuk meletakkan logo podcast-mu jika ada.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat cover podcast yang dapat menarik audiens. Dari sini maka Anda yang memang sedang merencanakan menghadirkan podcast sebagai salah satu strategi, perlu dengan baik memahami beberapa prinsip membuat cover podcast di atas. Meski hanya sebuah cover, namun kehadirannya sangat penting untuk membuka ketertarikan audiens untuk mendengarkan atau mengacuhkan podcast Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top