Lainnya

Inilah 5 Wujud Protokol Kesehatan yang Wajib Dipatuhi Setiap Orang Pada Masa New Normal

protokol-kesehatan-new-normal

protokol kesehatan new normal/https://inisiatifnews.com/

Dalam hari-hari terakhir ini, kita banyak mendengar kabar mengenai wacana pemerintah Indonesia yang akan menerapkan tatanan hidup baru atau New Normal. Tatanan hidup baru atau New Normal ini memang menjadi banyak opsi yang juga dipilih banyak negara lain untuk menyelematkan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Dengan acuan standar dan syarat dari WHO yang telah ditetapkan, New Normal memang bisa saja dijalankan sebuah negara. Meski memicu kontroversi dalam kasus di Indonesia, sepertinya New Normal di negeri ini hanya menunggu waktu saja. Dalam kehidupan New Normal sendiri tentu akan didapati beberapa perbedaaan dengan kehidupan biasa. Hal ini dikarenakan dalam New Normal, setiap orang wajib melaksanakan atau menjalankan protokol kesehatan. Lalu seperti apa wujud protokol kesehatan dalam masa New Normal tersebut? Berikut informasinya.

  1. Cuci Tangan dan Penggunaan Hand Sanitizer

Wujud protokol kesehatan yang pertama adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun hingga bersih. Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir memang sudah terbukti efektif untuk membunuh virus corona yang menempel di tangan. Saat New Normal tentu kita akan banyak beraktivitas dengan salah satunya menyentuk beberapa benda. Nah dari sinilah maka diperlukan tindakan pencegahan yang rutin berupa mencuci tangan agar terhindar dari penularan Covid-19 pada masa New Normal tersebut. Namun bila Anda kesulitan mendapatkan atau menemukan tempat cuci tangan saat berada di luar rumah, maka protokol kesehatan pertama ini akan berubah atau berganti dengan penggunaan hand sanitizer. Jadi dari sini maka pada masa New Normal, Anda juga diharuskan untuk selalu sedia membawa Hand Sanitizer.

  1. Hindari Menyentuh Wajah

Infeksi Covid-19 memang semakin berpeluang terjadi ketika seseorang sering menyentuh area wajah, terutama hidung, mulut dan mata dengan keadaan tangan yang belum bersih. Beberapa bagian tubuh yang telah disebutkan tadi memang menjadi tempat terbaik bagi virus corona untuk hidup. Jadi dari sinilah dalam kehidupan New Normal nanti diharuskan Anda sebisa mungkin jarang menyentuh wajah, apalagi bila tangan masih dalam keadaan kotor.

  1. Penggunaan Masker

Berikutnya, wujud protokol kesehatan yang harus dipatuhi setiap orang pada masa New Normal nanti adalah penggunaan masker. Saat pandemi belum berakhir dan New Normal diberlakukan, penggunaan masker ini juga diharuskan pada setiap orang untuk mencegah penularan Covid-19. Masker memang menjadi perlengkapan yang mampu meminimalisir penularan virus corona saat berada di luar rumah. Maka dari itu protokol kesehatan dari WHO pun saat ini mewajibkan siapa pun pada masa New Normal untuk menggunakan masker ketika keluar rumah.

  1. Menerapkan Etika Batuk dan Bersin

Batuk dan bersin juga memiliki potensi besar dalam menularkan virus corona. Mengapa demikian? Sebab saat batuk atau bersin, droplet yang menjadi media penyebaran Coid-19 bisa menjangkau jarak yang lebih jauh. Maka dari itu untuk bisa mencegah penularan pada masa New Normal, protokol kesehatan berwujud etika batuk dan bersih juga sangat diharuskan. Etika batuk dan bersin saat New Normal untuk tindak pencegahan sendri adalah dengan menutup mulut dan hidung dengan kain atau tisu atau juga lengan atas bagian dalam bila tidak mendapatinya. Nah setelah itu, kain atau tisu yang dipakai untuk menutup tadi harus segera dibuang ke tempat sampah. Adapun lengan tangan yang digunakan menutup batuk dan bersin maka harus segera di bersihkan dengan air dan sabun.

  1. Menjaga Jarak Sosial

Terakhir, wujud protokol kesehatan yang wajib dilakukan setiap orang pada masa New Normal adalah menjaga jarak sosial atau physical distancing. Pertemuan beberapa orang dalam satu tempat hingga menyebabkan terjadinya kerumunan memang sangat berpotensi menularkan Covid-19. Dari sinilah maka WHO sebagai organisasi kesehatan dunia mengharuskan setiap orang selama masa pandemi untuk menerapkan physical distancing atau menjaga jarak sosial. Jarak minimal yang harus dijaga setiap orang bila bertemu dengan orang lain agar tercegah penularan virus corona ini adalah 1 meter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top