Keuangan

Inilah 6 Jenis Pengeluaran Tak Terduga dalam Hidup yang Perlu Anda Antisipasi

biaya-hal-tak-terduga

dana darurat/http://blog.cicil.co.id/

Dalam hidup ini memang kita tidak bisa memastikan apa yang terjadi di masa depan sesuai harapan. Bahkan dalam hidup ini tak jarang muncul hal-hal pahit yang tak terduga. Dan hal-hal yang tak terduga ini tentu membutuhkan biaya penanganan tersendiri. Maka dari itu dalam ilmu manajemen finansial, biaya untuk penanganan hal tak terduga tersebut perlu disiapkan. Sebab dengan mempersiapkan dana untuk hal-hal tak terduga ini akan membuat Anda sedikit tenang bila mengalaminya. Tapi apa saja jenis pengeluaran yang termasuk pada hal-hal tak terduga tersebut? Nah berikut ini penjelasannya.

  1. Sakit

Jenis pengeluaran tak terduga pertama yang perlu Anda antisipasi dalam hidup ini adalah sakit. Datangnya sakit ini memang tidak ada satu pun yang mengharapkannya. Sayangnya sakit ini bisa menghampiri siapa pun tanpa ada pemberitahuan. Dan ketika sakit ini menghampiri pastinya kita membutuhkan biaya untuk proses penyembuhan. Ikut serta dalam asuransi memang menjadi solusi untuk Anda mempersiapkan. Tapi meski demikian, biaya untuk pengeluaran asuransi setiap bulannya ini tetap harus dicermati dan disiapkan. Lalu bagaimana bila tidak punya asuransi? Mau tak mau Anda harus mempersiapkan sendiri anggaran untuk jenis biaya tak terduga pertama ini.

  1. Musibah

Selain sakit, hal pahit dan tak terduga dalam hidup yang perlu diantisipasi adalah musibah. Kebakaran, kecelakaan, banjir dan lainnya merupakan beberapa contoh musibah yang perlu diantisipasi. Hidup yang penuh misteri memang menuntut kita selalu waspada agar musibah tidak menghampiri. Tapi sebesar apapun tingkat waspada yang kita terapkan, musibah tetap saja akan menghantui. Maka dari itu Anda juga perlu menyiapkan dana darurat untuk hal tak terduga tersebut. Untuk mengantisipasi dan menyiapkan dana untuk hal ini, Anda bisa mengikuti asuransi. Tapi bila Anda tidak ikut asuransi, maka mau tak mau Anda harus menyisihkan anggaran setiap bulannya untuk mengantisipasi datangnya musibah.

  1. Barang Diskon

Berikutnya, hal tak terduga yang perlu diantisipasi dalam hidup ini adalah barang diskon. Bagi Anda yang tak tahan dengan berita harga diskon, maka harus mempersiapkan dananya. Munculnya harga barang diskon yang tak bisa diprediksi ini memang membuat kita harus mempersiapkan anggarannya. Untuk besaran anggarannya tak perlu terlalu dipikirkan. Yang terpenting Anda bisa mempersiapkan dana ini setiap bulannya secara rutin. Dari apa yang Anda lakukan dengan mempersiapkan anggaran untuk barang diskon ini maka ketika kebutuhan ini datang, Anda tak perlu lagi repot mencari dana talangan atau hutang.

  1. Pulsa

Kebutuhan akan pulsa saat ini memang begitu besar. Apalagi kebutuhan pulsa saat ini juga dipengaruhi oleh item lain yaitu kuota. Dari sini Anda harus semakin concern dengan jenis biaya tak terduga tersebut. Jangan juga menganggap enteng urusan pulsa, karena ketika kebutuhan ini datang tiba-tiba, maka Anda yang kehabisan dananya akan kelabakan untuk mencarinya. Terlebih bila Anda adalah seorang pebisnis yang intens melakukan komunikasi dengan partner, maka kebutuhan pulsa ini harus semakin diperhatikan secara serius.

  1. Dana Persahabatan

Anda yang memiliki banyak teman, maka harus mempersiapkan pengeluaran tak terduga berupa dana persabahabatan. Dalam dunia persahabatan ini Anda memang akan ada banyak hal yang tak terduga yang membutuhkan dana. Sebut saja seperti dana traktiran karena ulang tahun, dana untuk hadiah untuk sobat yang ulang tahun atau menikah serta dana untuk membuat dresscode untuk bridesmaid. Semua hal tak terduga tersebut tentu akan cukup membuat kaget bila Anda tidak memiliki dana darurat. Apalagi bila hal-hal tak terduga tadi datang secara bersamaan, maka Anda bisa kelabakan untuk mempersiapkannya. Tapi bila Anda sudah memiliki anggaran darurat untuk hal ini, tentu Anda tak perlu pusing-pusing memikirkan dana persahabatan tersebut.

  1. Hobi

Terakhir, jenis pengeluaran tak terduga yang perlu Anda antisipasi dan persiapkan adalah hobi. Anda yang memiliki hobi tertentu memang perlu menyiapkan dana darurat untuk sektor ini. Pasalnya, dalam menjalankan hobi ini memang seringkali muncul pengeluaran baik itu untuk membeli produk atau untuk kebutuhan acara bersama anggota komunitas. Karena pengeluaran untuk hobi ini terbilang tidak bisa diprediksi, maka Anda harus bisa mengantisipasinya dengan menyiapkan dana darurat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: