Lainnya

Inilah 6 Pekerjaan Baru yang Muncul karena Pandemi Covid-19

profesi-baru-masa-pandemi-covid-19

profesi baru masa pandemi covid-19/https://mediaindonesia.com/

Pandemi atau wabah virus corona saat ini memang membuat banyak hal berubah. Tidak hanya perubahan saja, tapi pandemi ini ternyata juga menghadirkan beberapa hal baru diberbagai bidang. Salah satu hal baru yang bisa kita jumpai ada pada dunia karir. Dunia karir memang bukan dunia yang statis. Sebab bila muncul zaman yang baru dengan keadaan yang berbeda dari sebelumnya, bisa saja muncul jenis-jenis pekerjaan yang belum ditemui sebelumnya. Seperti pada zaman pandemi Covid-19 ini, kita dapat menjumpai beberapa pekerjaan atau profesi baru yang belum ada pada zaman sebelumnya. Berikut beberapa pekerjaan baru yang muncul karena pandemi Covid-19 tersebut.

  1. Penguji Covid-19

Pekerjaan baru pertama yang muncul karena pandemi Covid-19 adalah penguji Covid-19. Karena virus ini tergolong baru, maka dibutuhkan seorang penguji yang baru juga di laboratorium. Infeksi atau penularan virus corona yang begitu cepat, bahkan membuat profesi ini semakin dikenal masyarakat. Sesuai dengan namanya maka penguji Covid-19 ini akan bertugas untuk melakukan uji laboratorim pada sampel-sampel dari orang-orang yang diduga terjangkit Covid-19. Saat pandemi ini muncul memang banyak uji tes yang dilakukan dengan cara rapid atau swab tes. Nah dari sampel swab tes inilah maka akan di bawa ke laboratorium untuk dilakukan uji positif atau negatif. Penguji Covid-19 sendiri dalam beberapa kasus ada juga yang bekerja di luar untuk mengambil sampel dari masyarakat yang diduga terjangkit. Biasanya profesi penguji Covid-19 sendiri diisi oleh para perawat atau asisten perawat yang memang memiliki keahlian dalam mengambil sampel dan mengujinya di laboratorium.

  1. Pengasuh Covid-19

Covid-19 yang telah banyak menginfeksi banyak orang, membuat rumah sakit diserbu pasien. Bahkan beberapa rumah sakit menyatakan sudah tidak bisa lagi menerima pasien Covid-19. Dari lonjakan pasien virus corona inilah kemudian muncul pengasuh Covid-19. Pengasuh atau perawat Covid-19 ini memang bukan pekerjaan biasa. Sebab dibutuhkan keahlian yang mumpuni agar ketika bekerja tidak tertular pasien. Di Indonesia sendiri profesi ini membutuhkan banyak orang yang nantinya dipekerjakan di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19. Biasanya mereka-mereka yang mendaftar dan masuk menjadi pengasuh ini di Indonesia disebut relawan Covid-19.

  1. Pelacak Kontak

Berikutnya, pekerjaan baru yang muncul karena pandemi Covid-19 adalah pelacak kontak. Ketika satu pasien Covid-19 ditemukan, memang harus dilakukan tracing atau penelusuran pada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien. Nah untuk melakukan tracing atau penelusuran ini dibutuhkan orang dengan tugas baru. Dari sinilah kemudian muncul profesi pelacak kontak di masa pandemi Covid-19 berlangsung.

  1. Pengukur Suhu

Untuk mencegah orang-orang yang terduga terinfeksi virus corona masuk ke sebuah tempat biasanya akan dilakukan cek suhu tubuh. Aktivitas cek suhu tubuh dengan menggunakan termometer tembak ini sendiri akan dilakukan oleh orang khusus. Karena banyaknya kebutuhan akan orang yang bertugas mengukur suhu tubuh inilah kemudian muncul profesi pengukur suhu tubuh. Kebutuhan pada profes ini sendiri terus meningkat seiring besarnya kepedulian berbagai pihak pada bahayanya Covid-19.

  1. Petugas Penegak Hukum

Saat pandemi ini muncul memang kemudian muncul berbagai aturan yang mengharuskan seseorang mematuhi protokol kesehatan. Entah aturan itu bentuknya lockdown atau PSBB, yang pasti kemudian kita menjumpai banyak petugas yang mengatur masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut. Dari banyaknya kebutuhan tenaga untuk mengatur kehidupan masyarakat pada masa pandemi inilah kemudian muncul profesi petugas penegak hukum.

  1. Pembuat Masker Wajah

Terakhir, pekerjaan baru yang muncul di tengah pandemi Covid-19 adalah pembuat masker wajah. Saat pandemi berlangsung, masker memang menjadi alat atau perlengkapan yang sangat diperlukan. Dengan adanya masker, seseorang bisa meminimalisir penularan virus corona yang bisa terjadi karena droplet. Dari sinilah kemudian banyak pihak yang kemudian memproduksi masker untuk kebutuhan pasar tersebut. Orang-orang yang memproduksi masker wajah inilah yang memunculkan profesi pembuat masker wajah.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: