Lainnya

Inilah 6 Tanda Seorang Karyawan Penjilat, Waspadai!

karyawan-penjilat

Dalam sebuah perusahaan maka akan dijumpai berbagai macam jenis karyawan dengan segala karakteristiknya. Salah satu jenis karyawan yang sering dijumpai dan memiliki identitasnya sendiri di sebuah perusahaan adalah seorang penjilat. Entah kenapa karyawan dengan tipe atau karakteristik seperti ini memang akan selalu ada. Karena karyawan penjilat ini selalu ada, maka Anda sebagai pemilik bisnis dan perusahaan, harus berhati-hati dan waspada dengan sosok mereka. Pasalnya, karyawan penjilat ini bermuka dua dan pintar memainkan peran kepalsuannya. Tidak hanya itu dengan cara liciknya, mereka bisa saja menjadi seorang pengadu domba antara karyawan satu dengan lainnya. Nah, untuk mengantisipasi karyawan penjilat ini maka Anda harus bisa mengetahui tanda-tandanya berikut ini.

  1. Suka Mencari Kesalahan Rekan Kerja

Pertama, tanda dan ciri karyawan yang terkategori penjilat adalah suka mencadi kesalahan rekan kerja. Guna meraih penilaian yang baik dari atasan, karyawan penjilat ini memang seringkali mencari-cari kesalahan karyawan lain. Setelah menemukan kesalahan karyawan lain mereka akan memberitahukannya pada atasan. Apa yang dilakukan karyawan pejilat dengan mencari kesalahan rekan kerja ini memang merupakan bagian dari strategi mereka untuk tujuan akhir mendapat tempat terbaik di sisi atasan. Apa yang dilakukan karyawan penjilat ini tentu merupakan sesuatu yang buruk untuk mencapai keadaan kondusif di kantor. Sebab, bila ada karyawan yang mengetahui apa yang dilakukan karyawan penjilat maka bukan tidak mungkin akan muncul konflik.

  1. Bermuka Dua

Tanda dan ciri karyawan penjilat lainnya adalah bermuka dua. Orang-orang yang seperti ini memang pandai berakting. Jadi ketika berhadapan dengan sesama karyawan, mereka akan berakting menjadi teman atau sahabatnya. Tapi dihadapan atasan, mereka karyawan penjilat ini bisa menjadi musuh dalam selimut bagi karyawan lain. Sebab, dihadapan atasan, mereka bisa menceritakan segala keburukan Anda. Dengan apa yang dilakukannya seperti ini maka mereka bisa dikatakan berwatak manusia bermuka dua.

  1. Ingin Terlihat Paling Sibuk Bekerja

Bekerja memang menjadi tugas dan tanggung jawab karyawan. Tapi dalam situasi di kantor, tidak semua karyawan bisa bekerja secara maksimal pada waktu-waktu tertentu. Bila hal ini terjadi dan menimpa karyawan tapi tidak setiap hari, maka sebenarnya hal tersebut masih dalam taraf biasa saja. Ini katena karyawan juga manusia yang sewaktu-waktu juga mendapati diri yang tidak semangat dalam mengerjakan sesuatu. Anda justru harus curiga pada karyawan yang terlihat selalu sibuk bekerja ketika Anda mendatangi atau menjumpainya. Sebab, orang-orang yang seperti ini biasanya tergolong atau terkategori sebagai karyawan penjilat.

  1. Menyatakan Prestasi Tim Sebagai Jerih Payahnya

Selanjutnya, tanda karyawan penjilat yaitu mereka yang selalu menyatakan bahwa prestasi dari tim merupakan jerih payahnya. Tentu saja hal ini tidak adil. Sebab kerja tim adalah kerja seluruh karyawan, bukan kerja individu. Maka bila Anda karyawan yang membanggakan dirinya yang paling berpengaruh dalam kerja tim dan menyatakan sebagai kerja kerasnya maka Anda bisa mencurigainya sebagai karyawan penjilat. Sebab apa yang dinyatakannya dengan menganggap prestasi tim sebagai jerih payahnya merupakan bentuk strateginya untuk mendapatkan perhatian dari Anda sebagai atasan.

  1. Inisiatif Membantu Urusan Pribadi Anda

Membantu pekerjaan karyawan lain memang menjadi sebuah hal yang terbilang spesial bila dilakukan. Ini karena tidak banyak karyawan yang melakukan hal tersebut. Apalagi bila kemudian ada karyawan yang berinisiatif membantu urusan pribadi Anda, maka Anda harus curiga. Pasalnya, agak terbilang aneh bila ada karyawan yang berinisiatif membantu urusan pribadi Anda. Bisa jadi memang apa yang dilakukannya ini adalah bentuk strategi supaya mereka bisa mendapatkan pujian dari Anda. Dan pastinya apa yang dilakukan oleh karyawan penjilat ini merupakan hal yang perlu Anda waspadai.

  1. Gemar Memuji Diri Sendiri

Terakhir, tanda karyawan penjilat yang perlu Anda waspadai di perusahaan adalah gemar memuji dirinya sendiri. Untuk bisa mendapat perhatian dari Anda sebagai pemimpin bisnis maka memang orang-orang yang bertipe penjilat ini akan melakukan berbagai cara bagaimana bisa mendapat pujian dari atasan. Salah satu cara yang dilakukan karyawan penjilat untuk tujuan tersebut adalah gemar memuji diri sendiri. Dengan kepercayaan diri dan strategi di dalamnya, apa yang dilakukan dengan memuji dirinya sendiri ini memang terbilang sedikit berani. Pasalnya tidak semua pemimpin perusahaan senang mendengar orang-orang yang terlalu sombong dengan gemar memuji dirinya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top