Lainnya

Jumpai Orang Bermuka Dua di Lingkungan Kerja, Hadapi dengan 5 Cara Ini

hadapi-orang-bermuka-dua

Dalam lingkungan kerja kita memang akan menjumpai banyak karakter seorang pekerja atau karyawan. Salah satu karakter karyawan yang seringkali didapati di lingkungan kerja yakni bermuka dua. Orang atau karyawan bermuka dua ini tentu harus diwaspadai karena bisa menjadi ancaman pada siapa saja, termasuk Anda. Hal ini dikarenakan orang bermuka dua ini memiliki cara yang licik dan curang untuk mengelabui siapa pun untuk mendapatkan perhatian lebih dari atasan. Cara yang dilakukan orang bermuka dua untuk tujuannya ini memang terbilang licik. Ini karena mereka melakukannya dengan bersikap manis di depan Anda namun di belakang mereka menusuk Anda. Maka dari itu Anda harus bisa waspada dan melakukan antisipasi ketika menjumpai orang seperti ini. Tapi bagaimana caranya untuk bisa melakukan antisipasi terhadap orang bermuka dua ini? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Tenang dan Jaga Emosi

Bentuk antisipasi pertama yang bisa Anda lakukan pada orang bermuka dua ini adalah dengan tetap tenang dan menjaga emosi. Orang bermuka dua memang tak jarang bertindak frontal dan provokatif. Nah tindakan seperti jelas akan sangat membuat orang yang mengetahuinya jadi geram dan emosi. Tapi bila Anda menghadapi orang bermuka dua ini dengan emosi maka mereka akan kegirangan karena hal itulah yang mereka inginkan. Jadi ketika Anda mengetahui aksi yang dilacarkan orang bermuka dua, sebaiknya jangan langsung terpancing emosi, meskipun Anda yang tengah jadi sasarannya. Tenanglah sejenak untuk memikirkan cara dan strategi membalas yang lebih elegan.

  1. Jaga Jarak

Berikutnya, cara menghadapi dan mengantisipasi orang bermuka dua di lingkungan kerja adalah dengan menjaga jarak. Karena berbahayanya orang seperti ini maka Anda perlu menjaga jarak dengan mereka. Menjaga jarak di sini adalah Anda tak perlu berhubungan terlalu dekat dengan mereka. Sekedar say hello dan basa basi saja mungkin sudah cukup untuk komunikasi. Tapi bila Anda terlalu lama bicara dengan mereka dan akhirnya jadi akrab, tentu hal ini akan membayakan diri Anda. Sebab selain Anda akan terbawa pada karakter mereka, bukan tidak mungkin nantinya Anda juga akan menjadi korban dari sifatnya. Maka dari itu bila memang mereka tidak macam-macam terhadap Anda, pastikan Anda menjaga jarak saja.

  1. Jangan Ceritakan Rahasiamu

Mungkin disuatu waktu Anda terpaksa meladeni pembicaraan mereka. Nah ketika momen ini terjadi dan mau tak mau harus dijalani, maka ada satu hal yang perlu Anda camkan yakni jangan sampai ceritakan rahasia pada mereka. Apapun hal yang merupakan rahasia penting dalam hidupmu atau juga rahasia lainnya, jangan sampai terucap. Bicarakan saja hal-hal lain meskipun itu adalah hal yang basi dan tidak penting. Sebab bila mereka orang-orang bermuka dua sudah bisa menggali rahasia Anda, maka hal ini bisa menjadi ancaman karir Anda di perusahaan. Sebab mereka telah memiliki senjata yakni rahasia Anda untuk dijadikan bahan permainan dan politik dengan atasan.

  1. Tegaslah

Selanjutnya, cara untuk menghadapi orang-orang bermuka dua di lingkungan kerja yaitu dengan tegas. Ketika mereka menyasar Anda sebagai target, maka Anda memang tak bisa berdiam diri saja. Alih-alih berdiam diri, Anda harus berbuat sesuatu dengan tegas kepada mereka. Tegas di sini bukan berarti mengajak berkelahi atau melakukan persekusi pada mereka. Tapi tegas di sini maksudnya adalah berbicara dengan tegas pada mereka pada yang tidak Anda suka pada sikapnya. Tunjukkan bahwa Anda bisa saja membalas tindakannya jika mereka masih saja berbuat licik dan curang.

  1. Balas dengan Cara Elegan

Terkahir, cara untuk menghadapi orang bermuka dua di lingkungan kerja adalah membalas dengan cara elegan. Bila mereka masih saja bertindak menyudutkan Anda dengan cara-cara yang licik dan curang maka Anda harus beraksi. Tapi tindakan aksi Anda bukan berati dilakukan dengan cara keras atau kekerasan. Tapi Anda harus bisa membalasnya dengan cara elegan. Bagaimana cara bertindak elegan tersebut? Caranya adalah Anda harus menunjukkan hal terbaik untuk perusahaan. Berusaha sajalah dengan sebaik mungkin dan atasan akan bisa menilai sendiri mana yang benar-benar tulus dan tidak. Bertindak dengan elegan sendiri menunjukkan kedewasaan Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top