StartUp dan UKM

Inilah Tanda Bahwa Anda Sebagai Mahasiswa Sudah Siap Jadi Pengusaha Sukses

mahasiswa-jadi-pebisnis

Anda yang sedang berstatus mahasiswa dan memiliki impian menjadi pebisnis tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Sebab, Anda harus pintar-pintar membagi waktu antara kuliah dan berbisnis. Tapi tidak ada salahnya bila memang Anda ingin merintis bisnis ini sedari dini. Selain untuk mencari pengalaman, menjadi pebisnis semasa menjadi mahasiswa akan membuat mental Anda sebagai pengusaha akan terbangun. Tapi sayangnya tidak sedikit mahasiswa yang tidak bisa bertahan dengan bisnis yang dijalankannya dan beralih menjadi karyawan atau pekerja. Anggapan bahwa dirinya tidak siap menjadi pengusaha jadi dalih pembenaran untuk beralih jadi karyawan. Tentu dalih seperti ini bukanlah sesuatu yang harus diyakini seratus persen. Sebenarnya siap tidaknya mahasiswa menjadi pengusaha sukses ini bisa ditelusuri dari tanda-tanda berikut ini.

  1. Aktif di Kegiatan Komunitas

Pertama, tanda bahwa Anda sebagai mahasiswa sudah siap jadi wirausahawan sukses adalah aktif dalam kegiatan komunitas. Untuk menjadi pebisnis yang sukses memang diharuskan memiliki jaringan atau relasi yang luas. Nah dari komunitas yang aktif diikuti mahasiswa di kampus atau di luar kampus inilah maka peluang mereka menjadi pebisnis suskes akan terbuka. Tapi bila mahasiswa jarang aktif atau malah tidak aktif menjalankan kegiatan di komunitas maka hal ini akan membuat peluangnya menjadi pebisnis sukses tertutup. Ini karena mereka tidak memiliki jaringan atau relasi yang banyak. Selain menambah relasi, aktif di kegiatan-kegiatan di komunitas saat kuliah juga akan membuat mahasiswa mendapat modal wawasan untuk mengarungi dunia usaha yang dinamis.

  1. Jadi Pemimpin di Kampus

Seorang pebisnis atau owner bisnis memang sejatinya juga seorang pemimpin yang menjadi leader bagi para karyawannya. Maka dari itu sebagai pemimpin, seorang pebisnis harus memiliki mental pemimpin yang baik. Menjadi pemimpin memang tidak mudah dan bisa dijalani dengan semaunya. Tapi menjadi pemimpin membutuhkan banyak sifat dan karakter tertentu dan berbeda dengan orang biasanya. Maka dari itu untuk menjadi pemimpin sekaligus pebisnis, Anda perlu menempanya. Nah, untuk bisa memiliki mental yang baik sebagai pemimpin inilah, seseorang bisa mengawalinya di dunia kampus. Caranya, Anda bisa mencoba menjadi pemimpin di kampus, entah itu dalam organisasi atau juga dalam kegiatan. Mahasiswa yang memiliki pengalaman menjadi pemimpin di kampus ini menjadi tanda bahwa mereka punya peluang menjadi pebisnis yang suskes.

  1. Pandai Melakukan Presentasi

Dalam menjalankan pendidikan di kampus, tak jarang mahasiswa diberikan tugas untuk melakukan presentasi di depan kelas. Nah, mahasiswa yang pandai melakukan presentasi di depan kelas ini menjadi tanda berikutnya yang siap menjadi wirausahawan sukses. Mengapa demikian? Sebab, seorang pebisnis sejati dan suskes memang akan dituntut untuk memiliki skill bicara dan presentasi yang baik. Keahlian atau skill ini biasanya dibutuhkan saat pebisnis akan menjalin kemitraan dengan relasi atau juga saat akan ikut tender. Nah dari sinilah maka dengan kemampuan atau skill presentasi yang baik yang dimiliki mahasiswa, mereka punya modal untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik.

  1. Suka Ikut Seminar Bisnis

Selanjutnya, tanda mahasiswa berpeluang besar menjadi pebisnis sukses adalah suka ikut seminar bisnis. Di kampus tak jarang memang beberapa pihak yang menggelar seminar bisnis. Entah itu acara kampus atau di luar kampus, mahasiswa yang sering ikut seminar bisnis memiliki kesempatan untuk menjadi wirausahawan sukses. Ini karena mahasiswa yang sering ikut seminar bisnis, mereka akan memiliki banyak wawasan dan pengetahuan bisnis. Nah ketika mereka kemudian menjalankan bisnis maka usahanya akan banyak terbantu dan lancar dengan beberapa ilmu dan wawasan bisnis dari seminar yang diikutinya.

  1. Mau Segera Berbisnis

Terakhir, tanda mahasiswa sudah siap menjadi entrepreneur sukses adalah mau segera berbisnis. Semua tanda-tanda yang telah disebutkan di atas memang akan sia-sia bila Anda tidak segera memulai bisnis. Segera memulai bisnis artinya adalah Anda telah mengambil tindakan atau aksi. Seorang pebisnis memang membutuhkan banyak aksi dari pada teori. Sebab dengan aksi inilah, mereka akan bisa bergerak lebih cepat untuk meraih pencapaian sukses. Nah, Anda sebagai mahasiswa yang ingin menjadi wirausahawan sukses tentu harus segera menjalankan bisnis. Sebab, bila Anda sering menundanya, maka mau sampai kapan Anda akan menjadi pebisnis yang sukses.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top