Lainnya

Mau Jadi Pemimpin Bisnis Era Revolusi Industri 4.0? Ini Dia 4 Kunci Suksesnya

pemimpin-revolusi-digital-4.0

Menjadi pemimpin dalam sebuah perusahaan atau organisasi memang membutuhkan beberapa kemampuan diri yang melebihi orang lain. Apalagi di era revolusi industri 4.0 sekarang ini, seorang pemimpin pun semakin dituntut untuk menguasai beberapa skill lainnya. Seperti kita ketahui saat ini revolusi industri 4.0 membuat dunia maya yang hadir dari jejaring internet begitu massif penggunaannya. Dampak dari massifnya internet dan dunia online sendiri sudah merasuk hingga ke setiap sendi kehidupan manusia. Nah dari besarnya gejala pertumbuhan internet di era revolusi idustri 4.0 saat ini membuat Anda yang ingin menjadi pemimpin perusahaan atau bisnis harus bersiap dengan mental dan kemampuan yang lebih mumpuni. Berikut ini ada beberapa kunci sukses untuk Anda yang ingin menjadi pemimpin di era revolusi industri 4.0.

  1. Pemimpin yang dapat Menyatukan dan Memberikan Arah Tujuan yang Jelas

Pertama, kunci sukses menjadi pemimpin di era revolusi industri 4.0 adalah dengan menjadi pemimpin yang dapat menyatukan dan memberikan arah tujuan yang jelas. Jangan hanya mengandalkan visi dan misi perusahaan untuk mengarahkan karyawan. Ini karena visi dan misi perusahaan biasanya masih belum terlalu detail dan jelas. Maka dari itu Anda sebagai pemimpin atau leader harus bisa mengarahkan bawahan dengan satu tujuan yang jelas. Tugas ini tentu tidaklah mudah. Apalagi bila Anda menjadi pemimpin dalam perusahaan besar, maka tugas untuk mengarahkan ke satu tujuan yang jelas ini akan semakin berat. Pasalnya dalam perusahaan besar akan ada banyak orang berpengaruh yang bisa saja memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda dalam menentukan arah dan tujuan perusahaan. Dari sini maka Anda yang memimpin bisnis di perusahaan yang besar juga punya tugas untuk menyatukan pandangan dalam hal arah dan tujuan perusahaan.

  1. Pemimpin yang Memiliki Kecepatan dalam Membuat Keputusan

Dalam dunia yang bertumbuh dengan cepat, maka Anda pun sebagai pemimpin juga harus bisa memiliki kecepatan dalam membuat keputusan. Ketika menjadi pemimpin pastinya Anda dituntut untuk mengambil keputusan mengenai kebijakan atau strategi perusahaan. Keputusan yang Anda ambil ini nantinya memang sangat menentukan bagaimana perusahaan ke depannya. Dari sinilah maka banyak pemimpin perusahaan yang membutuhkan waktu lama untuk memutuskan sesuatu. Memang ada baiknya Anda memikirkan dengan serius keputusan yang akan diambil dengan mengambil waktu lebih banyak. Tapi di tengah cepatnya perubahan yang terjadi di dunia bisnis era revolusi inustri 4.0, maka bila pemimpin terlalu lama memutuskan, bisa saja Anda tertinggal dari kompetitor. Maka dari itu mulai dari sekarang cobalah untuk berlatih membuat keputusan yang cepat untuk perusahaan agar Anda bisa mendapatkan peluang tersebut.

  1. Pemimpin yang Dapat Memilih dan Mengembangkan Bakat Anggota Timnya

Selanjutnya, kunci sukses menjadi pemimpin di era revolusi industri 4.0 adalah mampu memilih dan mengembangkan bakat anggota timnya. Di saat dunia sudah mulai terdigitalisasi dengan segala teknologi yang ada maka perusahaan atau bisnis pun tak bisa mengelaknya. Maka dari itu agar perusahaan bisa tetap eksis, Anda sebagai pemimpin harus bisa memiliki bawahan yang mempunyai skill digital. Untuk mendapatkan bawahan yang demikian tentu Anda harus memulainya dari proses rekrutmen. Dalam proses ini pastikan Anda mampu mendapatkan karyawan dengan skill digital yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Karena tren digital yang terus bertumbuh, maka setelah mendapatkan karyawan tersebut, pastikan Anda juga mampu mengembangkan bakatnya.

  1. Pemimpin yang Beradaptasi dengan Cepat Pada Perubahan Zaman

Terakhir, kunci sukses menjadi pemimpin di era revolusi indutri 4.0 adalah memiliki kemampuan beradaptasi yang cepat dengan perubahan zaman. Saat ini perubahan memang begitu cepat berlangsung, bahkan tanpa kita sadari. Bagi bisnis, perubahan yang terjadi di dunia memang akan bisa berdampak atau berpengaruh pada perusahaan. Sebuah bisnis atau perusahaan memang dituntut untuk bisa selalu beradaptasi menyesuaikan perubahan zaman. Pasalnya dalam kasus di lapangan tidak sedikit bisnis atau perusahaan yang berguguran karena tidak mampu beradaptasi dengan peruhaban zaman. Dari sinilah pemimpin bisnis memiliki peran yang besar untuk membuat perusahaan tetap eksis dengan adaptasi yang cepat pada perubahan zaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top