StartUp dan UKM

Inilah WhatsApp Katalog, Fitur Terbaru dari WhatsApp untuk Bantu UMKM

WhatsApp-katalog

WhatsApp katalog/https://www.unbox.id/

Bisnis online yang dijalankan diranah digital saat ini memang sedang banyak digemari para pelaku usaha. Ketika masa pandemi yang membuat sebagian besar masyarakat enggan keluar rumah membuat pembelian secara daring ini memang meningkat tajam. Dari latar belakang inilah kemudian WhatsApp sebagai media atau perantara yang sering digunakan pengusaha dalam bisnis online menghadirkanWhatsApp Kalalog.

Apa itu WhatsApp Katalog?

WhatsApp Katalog adalah fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp pada kategori WhatsApp Bisnis. Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menjalankan promosi serta berbalas pesan pada tempat yang semestinya yakni WhatsApp Bisnis. Dalam WhatsApp Bisnis ini memang ada banyak pelaku UMKM yang bergabung sehingga akan mampu mendukung segala bentuk kegiatan promosi. Dalam WhatsApp Katalog nantinya akan muncul nama dan industri bisnis yang Anda jalankan. Selain itu ketika memanfaatkan fitur tersebut bisnis Anda juga akan terhubung dengan akun atau kanal usaha milik para UMKM.

Manfaat Fitur WhatsApp Katalog

Dari fitur WhatsApp Katalog ini nantinya akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan para pelaku UMKM. Berikut beberapa manfaat tersebut :

  • Memudahkan pelanggan untuk menghubungi pedagang UKM secara langsung.
  • Membantu mempromosikan para UMKM dengan adanya dukungan jaringan komunitas mitra dan anggota UMKM Indonesia yang tersebar di pelosok Indonesia.
  • Dengan membuat akun WhatsApp Business, ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan seperti respons otomatis, opsi balasan cepat untuk pertanyaan yang sering diajukan, tautan untuk membagikan katalog produk, serta kode QR yang memudahkan pelanggan mereka untuk memulai percakapan dengan lebih cepat.

Program “Go Digital & Scale Up with WhatsApp”

Dalam hal digitalisasi bisnis, WhatsApp bekerjasama dengan UKM Indonesia menjalankan program “Go Digital & Scale Up with WhatsApp”. Dalam program ini WhatsApp menghadirkan pelatihan kepada lebih dari 3.500 pemilik UMKM di 12 kota di Indonesia. Tujuan diadakannya program “Go Digital & Scale Up with WhatsApp” sendiri adalah untuk membuat banyak pelaku UMKM dapat terjun ke dunia bisnis digital agar mampu menjangkau banyak pasar serta menarik banyak pelanggan baru. Mengingat sekarang masa pandemi tentu program ini dinilai akan banyak membantu para pelaku usaha UMKM.

“Program yang disusun oleh WhatsApp dan UKM Indonesia ini akan memberikan pelatihan yang bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM. Seperti cara masuk ke perekonomian digital, terutama dalam situasi sulit ini, agar mereka bisa membangun usaha mereka lebih lanjut dan tetap terhubung dengan pelanggan di seluruh Indonesia,” kata Clair Deevy selaku WhatsApp APAC Public Policy Director.

Isi dan Kurikulum Pelatihan

Dalam pelatihan yang diselenggarakan WhatsApp nantinya para pelaku UMKM akan mendapatkan banyak wawasan yang meliputi strategi bisnis, keterampilan umum untuk memasarkan suatu produk serta bagaimana menjangkau pelanggan baru dengan memanfaatkan sarana digital. Pelatihan secara online yang dihadirkan oleh WhatsApp ini sendiri bisa diikuti oleh seluruh pelaku UMKM di Indonesia yang ingin berpartisipasi.

Pentingnya Inovasi Digital Saat Ini

Inovasi digital saat ini memang sangat penting untuk diterapkan pada sebuah bisnis. Pentingnya inovasi digital bagi bisnis ini sendiri diamini oleh Iskandar Simorangkir selaku Deputi I Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Untuk mendukung inovasi digital tersebut, Iskandar menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen dan mendukung penuh dalam usaha transformasi digital bagi UMKM.

 “Kami ingin UMKM di Indonesia meningkatkan keterampilan digital dan literasi finansial mereka, tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan pesat bagi usaha mereka, tetapi juga untuk mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia,” ujar Iskandar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: