Lainnya

WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business, Apa Bedanya?

WhatsApp Business

WhatsApp Business/https://antutu.pw/

Nama aplikasi WhatsApp mungkin sudah tak ada yang merasa asing dengannya. Aplikasi yang diakuisisi Facebook dengan nilai fantastis sebesar US$19 miliar atau setara Rp 266 triliun ini memang sudah sangat terkenal atau populer. Kepopuleran WhatsApp sendiri terlihat per Desember 2017 dimana pengguna aktif hariannya terus meningkat hingga telah mencapai 1,5 miliar orang. Namun baru-baru ini muncul nama WhatsApp Business versi beta yang telah resmi diperkenalkan oleh pihak WhatsApp pada September 2017 yang lalu. Dari sini apakah Anda sudah bisa membedakan antara WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business? Bila Anda masih binggung membedakannya, simak terus pembahasan berikut ini.

Kegunaan WhatsApp Business

Setelah meluncurkan WhatsApp Busines, Indonesia menjadi nagara Asia pertama yang mendapatkan penggunaan WhatsApp Business di Play Store. Seperti namanya WhatsApp Business adalah aplikasi yang khusus diperuntukkan bagi para pebisnis. Entah itu para pelaku bisnis perusahaan besar atau pengusaha UKM, semua bisa menggunakan WhatsApp Business. WhatsApp Business sendiri berdiri sendiri (standalone) dan terpisah dari WhatsApp Messenger. Dengan WhatsApp Business sendiri maka pengusaha bisa berinteraksi dan berkomunikasi lebih efektif dengan para pelanggannya. Selain dari kegunaannya yang lebih spesifik, perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger bisa dilihat pada poin-poin berikut.

  1. Perbedaan Logo

Perbedaan pertama ada pada logonya. Sepeti kita ketahui jika WhatsApp Messenger ini memiliki logo dengan gambar telepon maka WhatsApp Business punya logo berupa huruf “B” kapital. Untuk warna dari WhatsApp Business ini sama dengan WhatsApp Messenger yang memakai latar warna hijau.

  1. Dapat Menggunakan dan Menambahkan Nomor Telepon Rumah atau Kantor

Jika WhatsApp Messenger hanya bisa memasukkan nomor ponsel saja, maka pada WhatsApp Business ini Anda juga bisa memasukkan beberapa nomor seperti nomor rumah atau nomor kantor. Untuk nomor ponsel WhatsApp Business ini disarankan oleh pihak WhatsApp untuk tidak mengubah-ubah atau sering menggantinya. Nomor seluler untuk WhatsApp Business ini pun bersifat khusus dan tidak dapat digabung dengan nomor WhatsApp Messenger. Sementara itu Anda yang ingin menggunakan WhatsApp Business dan juga WhatsApp Messenger dalam satu perangkat, hal ini bisa saja untuk dilakukan. Tapi untuk bisa menggunakan kedua aplikasi ini, Anda diharuskan memakai nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi tadi.

  1. Bisa Membalas Pesan Secara Otomatis

Berikutnya perbedaan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business adalah adanya fitur membalas pesan secara otomotis. Membalas pesan secara cepat memang dibutuhkan oleh setiap pebisnis agar bisa membuat konsumen cepat terlayani dan tidak kecewa. Dari sinilah kemudian pada WhatsApp Business disediakan fitur membalas pesan secara otomatis jika ada konsumen yang menghubungi Anda lewat chat. Fitur yang bisa disetel atau diatur sendiri ini tentu tidak akan bisa dijumpai pada WhatsApp Messenger yang personal.

  1. Lihat Statistik Pesan Terkirim dan Diterima

Fitur lain yang tidak dimiliki WhatApp Messenger namun dipunyai WhatsApp Business adalah fitur untuk melihat statistik pesan terkirim dan pesan yang diterima. Statistik pesan terkirim dan diterima ini memang penting bagi pebisnis untuk kegiatan analisis usaha.

  1. Bisa Memilih Kategori Bisnisnya

Untuk memperlihatkan bisnisnya, pengusaha dengan WhatsApp Business ini bisa mengelola profil perusahaannya. Dari nama perusahaan, kategori, alamat, situs resmi hingga jam operasional semua bisa diatur dalam WhatsApp Business. Tentu pengaturan seperti ini tidak akan bisa dijumpai pada WhatsApp Messenger.

  1. Centang Hijau

Jika Anda sering menjumpai tanda centang biru pada Twitter atau Instagram untuk akun verifikasi, maka pada WhatsApp Business ini centang biru yang ada diganti dengan centang hijau. Lambang centang hijau sendiri maksudnya sama seperti di Twitter dan Instagram yaitu untuk tanda proses verifikasi akun bisnis yang telah selesai dilakukan. Pada WhatsApp Messenger sendiri, proses verifikasi ini tidak dapat dijumpai.

  1. Mengkategorikan Pesan Masuk Menggunakan “Labels”

Terakhir, perbedaan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business adalah adanya fitur pegelolaan pengkategorian pesan masuk. Dengan adanya fitur ini pada WhatsApp Business tersebut, tentu pebisnis akan lebih bisa berkomunikasi dengan para pelanggan secara lebih terorganisir.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top