Keuangan

Inilah yang Perlu Kamu Perhatikan untuk Mencari Tambahan Penghasilan di Tahun Baru 2021

uang-tambahan-2021

uang tambahan 2021/https://indonesia.go.id/

Mendapatkan penghasilan lebih memang akan menyenangkan. Tapi di situasi sulit seperti sekarang ini membuat upaya untuk mendapatkan penghasilan tambahan akan lebih sulit dilakukan. Tahun 2021 yang merupakan satu tahun masa pandemi Covid-19 berlangsung menjadikan keadaan untuk mendapatkan pundi-pundi uang memang terlihat sulit dicapai. Tapi kamu tidak boleh menyerah begitu saja dengan keadaan. Sebab dengan kreativitas maka kamu juga bisa saja mendapatkan penghasilan tambahan di tahun baru 2021 ini. Nah berikut ini ada beberapa cara dari Perencanaan Keuangan Finansialku, Shierly untuk mendapatkan tambahan penghasilan di tahun 2021.

Perbaiki Arus Kas

Menurut Shierly kegagalan seseorang mencapai finansial yang sehat adalah arus kas yang tidak baik. Meski kamu punya banyak uang dari beberapa sumber, tapi bila kamu tidak bisa mengendalikan pengeluaran, hal tersebut akan sia-sia saja. Begitu pun bila pun kamu berhemat seefisien mungkin tanpa didukung penghasilan yang memadai, maka arus kas tidak akan sehat. Arus kas yang terganggu juga bisa juga dikarenakan munculnya pengeluaran tidak terduga tanpa didukung dana darurat.

“Merencanakan keuangan sebaik apapun tidak akan berhasil jika uangnya tidak ada,” ujar Shierly.

Peluang Mencari Penghasilan Tambahan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah mencari peluangnya. Meski keadaan sulit karena pandemi, namun kebutuhan manusia akan barang dan jasa akan tetap ada. Di sini tugasmu hanya perlu mencari ide dan peluang usaha untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan tersebut. Nah berikut ada beberapa peluang yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan di awal tahun 2021 :

  1. Menjual makanan

Untuk kamu yang hobi memasak perlu diketahui bahwa selama pandemi ini penjualan pada beberapa makanan tetap laris manis kok. Coba saja buat menu yang paling kamu kuasai dan pasarkan secara online.

  1. Menjual Tanaman Hias

Tanaman hias sekarang menjadi hobi terbaru masyarakat di tengah pandemi. Nah dari besarnya peminatan konsumen pada tanaman hias, maka kamu bisa menjadikannya sebagai ide atau peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Buat Konten

Kamu yang suka bermain media sosial, maka buat saja konten yang menarik. Jika channel-mu direspon baik maka pundi-pundi keuangan akan bisa kamu peroleh.

Ide Usaha Pasca Pandemi

Tahun 2021 memang diharapkan serta diyakini banyak orang sebagai tahun berakhirnya pandemi karena adanya vaksin. Nah sembari kamu menjalankan ide di atas, kamu juga perlu mempersiapkan peluang lain di masa berakhirnya pandemi. Berikut beberapa ide usaha yang bisa dilakukan :

  1. Menjadi tour agent dan tour leader.
  2. Jasa rental mobil pribadi.
  3. Sewa villa, rumah, atau kamar di dekat daerah wisata.
  4. Menjual kuliner dan oleh-oleh khas kota.
  5. Menjual aksesoris kerajinan tangan.
  6. Menjual perlengakapan traveling.
  7. Jasa tukar uang.
  8. Jasa edit video dan foto untuk liburan.

Hal yang Harus Dipersiapkan

Untuk menjalankan ide usaha guna mendapatkan penghasilan tambahan ini Shierly menyarankan untuk melakukan beberapa persiapan yaitu :

  1. Waktu

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah waktu. Ketika kamu memutuskan untuk menjalankan usaha tambahan, maka waktumu akan banyak terambil. Nah dari sinilah pengelolaan waktu dalam usaha mencari penghasilan tambahan ini sangat perlu dilakukan dengan baik. Bila kamu gagal dalam mengelola waktu, maka bisa dipastikan kamu akan kelabakan atau kewalahan hingga menyebabkan kegagalan dalam mencari penghasilan tambahan tersebut.

  1. Pikiran

Selain waktu yang tersita, kamu juga harus bersiap dengan pikiran yang lebih terkuras. Bagaimana tidak, saat kamu menjalankan usaha tambahan, mau tak mau kamu punya dua hal yang harus dipikirkan yakni pekerjaan utama dan tambahan. Jangan sampai kamu stress dengan apa yang kamu lakukan ini.

  1. Tenaga

Saat kamu menjalankan usaha tambahan, maka kamu harus juga mengerahkan tenaga. Nah dari sini kamu harus siap capek dengan apa yang kamu lakukan ini. Nah untuk itulah agar kamu tetap bugar dan prima, kamu harus lebih bisa menjaga kesehatan, rajin olahraga dan makan makanan bergizi.

  1. Uang

Terakhir, hal yang perlu kamu pikirkan adalah uang. Ketika menjalankan usaha tambahan ini memang diperlukan modal. Meski kamu memulainya dari kecil dan secara online, tapi sebisa mungkin ada uang cukup untuk usaha yang kamu jalankan ini. Usahakan juga kamu tidak berhutang untuk menjalankan usaha tambahan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top