StartUp dan UKM

Jangan Ragu Jadikan Bisnis UKM Anda Melek Digital, Sebab Ada 6 Manfaat yang Bisa Anda Diperoleh

 

UKM_melek_digital

Menjalankan bisnis UKM memang penuh tantangannya. Dengan keterbatasan yang ada, membuat bisnis UKM seringkali kesulitan untuk bersaing dengan bisnis-bisnis lain yang sudah besar. Tapi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat bisnis UKM punya peluang yang sama untuk bisa bersaing. Pertumbuhan teknologi yang ada saat ini memang harus Anda ikuti. Dalam istilah lain, Anda harus melek digital dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi ini. Untuk melek digital ini sendiri, Anda pebisnis UKM tak perlu ragu. Sebab ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melek digital.

  1. Memperluas Pemasaran

Pertama, manfaat melek teknologi bagi bisnis UKM adalah memperluas pemasaran. Dengan masuk ranah online, saat ini Anda memang bisa membuat bisnis Anda semakin dikenal. Bukan hanya akan dikenal oleh masyarakat dalam negeri, tapi pangsa pasar luar negeri pun bisa melihat produk-produk bisnis UKM Anda. Teknologi online memang punya kemampuan menembus batas negara karena memiliki dunia sendiri yakni dunia online. Dengan mengandalkan jejaring internet, maka bisnis UKM pun punya peluang yang sama untuk memperluas pemasaran dan juga mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

  1. Efisien dalam Biaya Toko dan Beban karyawan

Bila selama ini Anda selalu terbebani dengan sewa toko dan gaji karyawan, maka dengan melek digital, bisnis UKM Anda akan terhindari dari semua hal tersebut. Ini karena dengan teknologi online yang ada membuat Anda akan terbebas dari sewa toko dan juga gaji karyawan yang bisa diminimalisir. Toko online memang berada di dunia online yang hanya membutuhkan tempat bernama website atau juga marketplace yang bebas biaya. Dengan bisnis online ini Anda juga bisa meminimalir jumlah karyawan karena sederhananya bisa Anda jalankan sendirian.

  1. Memudahkan Proses Jual-Beli

Tidak hanya akan membuat bisnis mendapatkan pasar yang lebih luas, tapi dengan melek digital ini Anda juga berpeluang untuk membuat proses jual-beli jadi lebih mudah. Proses jual-beli atau transaksi pada bisnis online yang memanfaatkan teknologi memang terbilang lebih sederhana. Ini karena transaksi hanya membutuhkan perantara perangkat digital saja. Dengan perangkat ini yang ditunjang jaringan internet maka penjual dan pembeli bisa bertemu dan melangsungkan transaksi pembelian meski jaraknya jauh. Inilah manfaat yang bisa membuat proses jual beli jadi terasa lebih mudah bila Anda sebagai pemilik bisnis UKM mau melek digital.

  1. Waktu Operasional Bisa Lebih Fleksibel

Anda yang ingin punya waktu banyak untuk keluarga dan menjalani aktivitas lainnya, maka dengan melek digital, bisnis UKM yang Anda jalankan akan mampu mencapainya. Mengapa demkian? Sebab dengan teknologi online yang ada, Anda tidak perlu selalu ready di toko dengan menentukan jam buka dan jam tutup seperti pada bisnis konvensional. Tapi di dunia online Anda bisa sesuka hati membuka dan melihat toko tanpa khawatir akan tertinggal konsumen. Sebab toko online dari bisnis UKM Anda sejatinya terus buka 24 jam dalam 7 hari berturut-turut. Jadi ketika Anda membuka di waktu-waktu tertebtu dan mendapati ada order atau pesanan, maka Anda tinggal merespon order tersebut.

  1. Memerlukan Biaya Pemasaran yang Minim

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari bisnis UKM ketika melek digital adalah mendapatkan biaya pemasaran yang minim. Dengan teknologi digital, Anda memang tak perlu repot-repot menjalankan pemasaran seperti menyebar brosur dan beriklan di media massa yang mahal. Dengan teknologi digital yang ada maka Anda bisa menjalankan pemasaran online yang murah. Sebab beberapa marketing online yang ada memang berbiaya murah bahkan ada yang tanpa biaya.

  1. Cepat Menangkap Keinginan Konsumen

Terakhir, manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan bisnis UKM dengan melek digital adalah bisa menangkap keinginan konsumen dengan mudah dan cepat. Dengan teknologi digital, Anda memang bisa berkomunikasi dengan konsumen secara praktis. Dengan kepraktisan tesebut, maka Anda pun akan bisa memahami keinginan dan kebutuhan konsumen dengan mudah dan cepat. Bahkan dengan fitur-fitur pembelian online seperti pilihan produk dalam marketplace maka hal ini akan semakin memudahkan Anda menangkap keinginan konsumen atau pembeli.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top