StartUp dan UKM

Tingkatkan Daya Saing Bisnis UKM Anda dengan 5 Cara Ini

daya-saing-UMKM

Menjalankan bisnis atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memang seringkali membuat seseorang minder. Ini dikarenakan produk yang yang dihadirkan tidak jarang kalah bersaing dengan produk bisnis atau perusahaan besar. Keterbatasan dana dan perlatan adalah beberapa hal yang membuat produk bisnis UKM ini sering kalah saing. Tapi sebagai pebisnis sejati, Anda tentu tak perlu berkecil hati yang berlarut-larut. Sebab, selalu akan ada jalan bagi siapa pun yang mau berusaha. Dalam hal untuk meningkatkan produk UKM yang berdaya saing, Anda juga bisa mencapainya bila mau berusaha. Caranya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut ulasannya.

  1. Ciptakan Produk yang Unik

Pertama, cara untuk meningkatkan bisnis UKM yang berdaya saing adalah dengan menghadirkan produk yang unik. Bila Anda selama ini membuat produk yang setipe dengan barang-barang yang umumnya dijual perusahaan besar memang akan membuat Anda kesulitan untuk menyainginya. Solusinya, cobalah membuat produk yang berbeda dan unik. Dengan produk yang unik maka Anda memang bisa tampil beda dan dapat membuat peluang untuk menghadirkan daya saing. Produk UKM yang unik yang sudah punya daya saing sendiri saat ini sudah banyak terbukti. Bahkan daya saing produk UKM yang unik tersebut ada yang sudah mampu berdaya saing internasional.

  1. Jalankan Pemasaran Online

Berikutnya, agar bisnis UKM Anda bisa berdaya saing maka Anda bisa menjalankan pemasaran online. Bisnis UKM memang identikan dengan sesuatu kuno. Tapi dengan Anda menghadirkan pemasaran online maka bisnis UKM Anda tidak akan lagi terlihat kuno. Sebab dengan menjalankan pemasaran online yang berbasis teknologi maka kesan modern akan muncul dalam bisnis Anda. Dengan kesan dan sentuhan modern inilah maka bisnis Anda tidak bisa lagi dipandang remeh. Selain itu dengan sentuhan modern yang ada pada bisnis UKM ini maka akan muncul daya saing terhadap bisnis-bisnis lainnya yang sudah besar. Apalagi bila Anda mampu mengoptimalkan pemasaran online ini maka bukan tidak mungkin pangsa pasar digital yang sekarang sedang marak akan bisa diraih sehingga Anda pun memenangkan daya saing dalam kategori ini.

  1. Ikuti Perkembangan Zaman

Saat ini di tengah perkembangan dunia yang semakin dinamis memang membuat setiap pebisnis harus terus mengikutinya. Sebab, bila pebisnis tak mengikuti perkembangan dunia, bisnis mereka bukan tidak mungkin akan akan ditelan zaman. Bagi bisnis UKM sendiri, mengikuti perkembangan dunia bukan hanya dapat membuatnya eksis. Tapi dengan mengikuti perkembangan zaman dan tren di dalamnya membuat bisnis UKM akan mampu berdaya saing dengan bisnis yang lebih besar sekalipun.

  1. Lakukan Inovasi yang Menarik

Selanjutnya, cara untuk membuat bisnis UKM mampu berdaya saing adalah dengan melakukan inovasi yang menarik. Inovasi memang sebuah hal yang mampu mencairkan segala kebuntuan dan juga segala kesulitan yang ada. Apalagi untuk bisnis UKM, maka inovasi ini akan benar-benar dibutuhkan agar mereka mampu bersaing dengan bisnis-bisnis lain yang sudah besar. Sebaliknya, tanpa terobosan atau inovasi maka bisnis UKM bisa saja dapat mandeg tanpa pertumbuhan. Dari sini maka Anda yang menjalankan bisnis UKM dan ingin bisa bersaing di pasaran, maka pastikan inovasi ini Anda lakukan setiap saat. Tapi untuk membuat inovasi yang menarik ini dibutuhkan daya kreativitas yang tinggi. Jadi pastikan Anda selalu mengasah daya kreativitas untuk bisa menghadirkan inovasi yang menarik.

  1. Belajar Manajemen Bisnis

Terakhir, cara untuk membuat bisnis UKM yang mampu berdaya saing adalah dengan belajar manajemen bisnis. Para pebisnis UKM memang harus terus mengupdate diri dalam hal manajemen bisnis. Mengapa? Sebab bisnis skala UKM ini memang masih berada dalam tahap awal yang perlu terus dibenahi. Salah satu hal yang perlu dibenahi oleh bisnis UKM adalah manajemen bisnis. Dengan terus membenahi dan memperbaiki manajemen bisnis ini maka usaha UKM akan bisa terus menunjukkan eksistensi dan pertumbuhannya. Dan saat hal tersebut terjadi maka daya saing bisnis UKM tentu saja akan otomatis bisa dicapai. Untuk bisa berdaya saing dengan bisnis-bisnis yang lebih besar memang Anda perlu membuat sistem manajemen bisnis yang baik. Dan hal ini bisa tercapai dengan hanya dengan Anda terus belajar manajemen bisnis.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top