Lainnya

Jangan Remehkan Riset Pasar, Sebab Ada 5 Hal Penting yang Akan Anda Dapatkan

riset_pasar

Riset pasar merupakan salah satu kegiatan dalam menjalankan bisnis. Aktivitas yang dilakukan di pasar dengan  melibatkan pengamatan dan analisis mendalam ini memang tidak bisa diremehkan. Sebab dengan segala manfaatnya, riset pasar yang dijalankan dengan sunggh-sungguh memang dapat membuat bisnis selangkah lebih maju. Sayangnya pada kenyataannya di lapangan tidak sedikit pengusaha yang menganggap enteng riset pasar. Tentu saja pebisnis yang meremehkan riset pasar ini akan kesulitan baginya untuk mendapatkan banyak pembeli dan omset. Maka dari itu menjalankan riset pasar seharusnya dijadikan kebutuhan para pebisnis. Karena dari aktivitas riset pasar tersebut akan ada 5 hal penting yang bisa didapatkan entrepreneur untuk kemajuan usahanya. Berikut penjelasannya.

  1. Perilaku Konsumen

Pertama, hal penting dalam bisnis yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan riset pasar adalah perilaku konsumen. Konsumen yang seorang manusia memang memiliki perilaku yang berbeda-beda serta berubah-ubah. Nah dari perilaku yang seperti ini maka Anda sebagai pebisnis harus mengetahui karakter mereka setiap waktu. Mungkin Anda telah menetapkan sebuah target pasar, tapi hal ini belum cukup bila Anda tidak mendapatkan data yang jelas mengenai perilaku mereka. Untuk benar-benar mengetahui perilaku konsumen atau target pasar memang tidak cukup hanya dengan menerka-nerka. Tapi lebih dari itu supaya Anda mendapatkan data yang valid maka kegiatan riset pasar ini akan sangat diperlukan. Dengan mendapat data valid mengenai perilaku konsumen dari riset pasar, maka Anda bisa menggunakan data tersebut untuk merancang strategi yang pastinya lebih mengena pada ketertarikan konsumen.

  1. Minat Terhadap Produk Anda

Selain mendapatkan gambaran mengenai perilaku konsumen, Dengan melakukan riset pasar, Anda juga bisa mengetahui peminatan mereka pada produk Anda. Peminatan konsumen atau target pasar pada produk Anda memang sangat penting untuk diketahui. Sebab, bila Anda sudah mengatahui bahwa konsumen atau target pasar kurang meminatinya maka Anda tak perlu buang-buang waktu lagi untuk melakukan hal lain sebagai antisipasi. Tapi bila Anda tidak mau mengetahui minat konsumen maka bisa saja akan banyak waktu sia-sia yang telah Anda buang untuk berbisnis dengan target pasar yang nyatanya tidak potensial. Nah untuk bisa mengetahui minat konsumen terhadap produk ini maka Anda mau tak mau harus melakukan riset pasar.

  1. Kompetitor

Persaingan memang hal wajar dalam bisnis yang sehat. Tapi bila Anda tidak bisa mengatasi persaingan yang ada maka untuk sukses pun akan sulit dicapai. Untuk bisa mengatasi persaingan ini maka Anda harus bisa mengetahui dan mengenali dengan baik kompetitor. Dengan mengenali kompetitor maka Anda pun akan bisa memiliki pandangan guna menyusun strategi marketing yang terbaik supaya memenangkan persaingan. Tapi bila Anda tidak mengenal kompetitor Anda maka apa yang mau Anda perbuat untuk bisa memenangkan persaingan dan meraih konsumen yang banyak? Nah dari sinilah pentingnya mengenali kompetitor dengan cara melakukan riset pasar untuk memenangkan persaingan dan meraih sukses.

  1. Hambatan Bisnis

Ketika menjalankan bisnis pasti akan ada hambatan dan rintangan yang menyertainya. Dengan upaya yang sungguh-sungguh Anda memang diharuskan untuk bisa melewati segala hambatan yang ada. Dan untuk mengatasi hambatan tadi maka sebaiknya Anda bisa melakukanya dengan cepat. Namun bila Anda sulit dan lama dalam menyelesaikan hambatan tadi tentu Anda akan selalu tertinggal dengan kompetitor dalam meraih pasar. Dari sinilah hambatan atau rintangan dalam bisnis ini sangat perlu untuk diketahui dan dipahami. Cara untuk bisa mengetahui dan memahami hambatan dan rintangan bisnis ini dapat Anda dapatkan dengan cara melakukan riset pasar.

  1. Solusi atau Jalan Keluar

Terakhir, hal penting yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan riset pasar yakni solusi atau jalan keluar. Saat melakukan riset pasar di lapangan memang tidak sedikit pebisnis yang langsung mendapatkan jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi. Walau tidak bisa mendapatkan solusi secara langsung, namun dengan melakukan riset pasar, peluang Anda untuk memperoleh jalan keluar dari masalah bisnis ini akan semakin besar. Jadi Anda yang ingin segera menemukan solusi dari permasalahan bisnis yang ada, melakukan riset pasar akan bisa menjadi solusi terbaik untuk dilakukan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: