Tips

Jika Bekal Materi yang Anda Miliki Pas-Pasan, Bersiap-Siaplah dengan 6 Hal yang Akan Anda Rasakan Saat Baru Memasuki Dunia Kerja!

Hampir semua fresh graduated memiliki tujuan, salah satunya yaitu untuk memperoleh pekerjaan yang gajihnya besar. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan dengan gaji besar adalah suatu pencapaian yang di idam-idamkan oleh mereka yang baru lulus agar bisa berpenghasilan sendiri. Namun, saat mendapatkan pekerjaanpun bukan berarti bisa merasakan kenikmatan saja di dalamnya. Akan tetapi, Anda pasti akan menemui banyak masalah apalagi jika Anda hanya memiliki bekal materi yang pas-pasan. Tidak hanya soal adaptasi dunia kerja, tapi akan banyak masalah yang datang kepada Anda seperti gaji kecil, sementara kebutuhan hidup cukup banyak. Melihat hal ini, berarti Anda harus siap-siap menghadapi berbagai masalah yang mungkin saja bisa menghampiri Anda terutama saat memasuki dunia kerja. Apa saja masalah yang bisa terjadi tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Anda Akan Sering Merasa Minder

Hal pertama yang bisa Anda rasakan saat memasuki lingkungan baru di dunia kerja adalah perasaan minder, bingung dan sedikit iri. Misalnya, iri dan minder terhadap gaya hidup dan penampilan rekan-rekan kerja Anda. Mungkin Anda pernah berpikir bahwa mereka seperti hidup senang dengan uang yang tidak pernah ada habisnya, sementara Anda yang masih terbiasa dengan kehidupan rantau ala anak kuliahan hanya bisa menahan diri saja. Atau bahkan Anda pernah berpikir ingin berbaur dan masuk ke dalam keseruan mereka, bisa makan bareng, belanja bareng, jalan-jalan bareng dan lain sebagainya? Akan tetapi, melihat keuangan yang masih sedikit membuat Anda menjadi minder untuk bisa melakukan hal-hal tersebut. Jangankan untuk membiayai hidup sendiri selama sebulan saja Anda sudah keteteran, apalagi mengikuti kehidupan mereka?

  1. Merasa Lega Saat Mendapatkan Bayaran

Biasanya, tanggal muda menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Di mana, Anda akan mendapatkan bayaran dari hasil jerih payah selama sebulan bekerja. Nah, pada titik inilah Anda akan menemukan momen di mana sedikit demi sedikit mulai bisa mengikuti keseruan teman-teman Anda di kantor.            Dari sini, Anda mulai terlihat lebih upgrade dan tidak terlihat kampungan saat di tempat kerja.

  1. Bingung Mengelola Keuangan

Setelah mendapatkan bayaran, di awal bulan juga Anda pasti akan dihadapkan pada kebimbangan keuangan terutama saat hendak mengirim uang kepada orang tua. Niat hati membalas budi orang tua yang sudah berjasa mengurus Anda dari sejak kecil, namun ada perasaan kurang puas saat Anda hanya bisa memberi mereka uang dalam jumlah yang sedikit. Nah, kebimbangan ini tidak lepas dari manajemen keuangan yang masih belum fasih dijalankan dengan gaji kecil. Oleh karena itu, perlu diperhatikan manajemen keuangan dengan baik untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran sehingga keuangan Anda baik dan tidak acak-acakan. Dari sini, Anda bisa membahagiakan orang tua dengan cara mengirimkan mereka uang dalam jumlah yang lumayan besar.

  1. Rela Menumpang di Mana Saja Demi Mengirit Pengeluaran

Jika gaji kecil sementara kebutuhan hidup Anda cukup besar, pelan-pelan Anda pasti belajar untuk menyiasatinya. Mulai dari mengurangi jajan, masak sendiri, sampai memilih tinggal di kantor hanya demi menekan biaya transportasi atau biaya kos-kosan. Nah, hal inilah yang sebagian orang lakukan dengan memilih opsi terakhir untuk menekan biaya pengeluaran. Maka dari itu, jangan heran kalau suatu saat nanti Anda akan berpikiran untuk melakukannya juga. Daripada keuangan Anda cepat menipis bukan?

  1. Merasa Jenuh dan Lelah Karena Menjadi Karyawan yang Gajinya Kecil

Dalam dunia kerja, Anda pun pasti akan merasakan rasa jenuh dan lelah menjadi karyawan yang gajinya tidak seberapa. Ditambah lagi rutinitas yang melelahkan, tuntutan kerja yang tidak ada habisnya, serta urusan keuangan yang semakin sulit. Hal inilah yang bisa mendorong Anda untuk berhenti dan mencari pekerjaan baru yang lebih enjoy. Namun saat Anda ingat masa depan, keinginan tersebut pun luntur setelah Anda melihat banyak pengangguran yang tidak terserap lapangan pekerjaan. Alhasil, Anda memutuskan untuk bertahan dan bekerja lebih giat lagi dengan harapan masa depan yang lebih mapan dan sukses.

  1. Mulai Bisa Merasakan Penghasilan Sendiri, Setelah Anda Bisa Menyisihkan Gaji untuk Menabung

Terakhir, hal yang bisa Anda rasakan saat baru memasuki dunia kerja adalah mulai bisa menikmati rasanya punya penghasilan sendiri. Pada bulan pertama sampai bulan ketiga, mungkin Anda akan keteteran dalam mengatur kehidupan. Namun, lama kelamaan karena sudah terbiasa Anda pun akan menjadi tahu bagaimana cara menyiasati gaji yang tidak seberapa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemudian, secara perlahan Anda sudah bisa menyisihkan gaji untuk menabung dan sesekali Anda bisa nongkrong bersama teman-teman. Nah, di sinilah Anda bisa menikmati indahnya berpenghasilan sendiri tanpa harus merepotkan kedua orang tua.

Demikian ulasan tentang 6 hal yang bisa Anda rasakan saat baru memasuki dunia kerja. Fase ini mungkin akan dialami oleh sebagian besar para fresh graduated, namun jangan khawatir karena semuanya tidak akan menjadi buruk jika Anda senantiasa berpikir positif saat menghadapinya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top