Peluang Usaha

Kamu Anak Kost? Jangan Kuliah Aja, Cari Side Job Ini untuk Tambah Uang Saku dan Pengalaman

side-job-anak-kost

barista/https://sultraline.id/

Kamu anak kost yang berada jauh di perantauan? Bila ingin punya masa depan cerah tentu kamu harus mempersiapkannya dari awal. Meskipun kamu punya tujuan utama di perantauan yakni kuliah dan menyelesaikan studi dengan cepat, tapi cobalah ketika punya waktu luang untuk mencari side job. Biasanya waktu luang yang bisa didapat mahasiswa dan anak kost ini datang di semester-semester akhir perkuliahan. Untuk itulah kamu yang memang sudah semester akhir dan punya banyak waktu luang, cobalah untuk mencari side job. Side job ini tentu akan membuat waktumu lebih produktif karena bisa mendapatkan uang tambahan dan yang paling penting yaitu mendapatkan pengalaman. Tapi apa saja side job yang bisa dikerjakan oleh anak kost? Berikut penjelasannya.

  1. Translator

Side job pertama yang bisa dilakukan oleh anak kost adalah translator. Untuk menjalani side job sebagai translator ini kamu tentu perlu memiliki skill translate atau menterjemahkan bahasa asing. Dengan semakin banyaknya media online, peluang mendapatkan side job translator ini memang akan semakin besar. Kamu hanya perlu aktif mencari lowongan side job untuk posisi translator ini di beberapa portal online. Tidak hanya menghadirkan sistem shift (paruh waktu), beberapa side job translator ini juga ada yang menghadirkan sistem remote atau jarak jauh. Jadi sistem remote, kamu tentu tak perlu datang ke kantor karena kamu bisa mengerjakannya di kost atau di mana pun. Bila hasil pekerjaanmu dinilai bagus oleh pemberi kerja bukan tidak mungkin kamu bisa terus mendapatkan job.

  1. Barista

Dengan semakin banyaknya cafe atau coffe shop yang bermunculan di beberapa daerah membuat pekerjaan sebagai barista banyak dibutuhkan. Dari sinilah maka kamu yang punya skill meracik kopi yang tepat maka bisa menjadikan pekerjaan sebagai barista sebagai side job. Di kampus sendiri tentu akan banyak cafe yang menawarkan side job ini. Bila pun kamu tidak mendapati info side job, tak ada salahnya untuk mendatangi cafe tersebut untuk bertanya mengenai side job sebagai barista. Dengan jam kerja yang biasanya dimulai dari sore hari, tentu aktivitas kuliahmu di kampus tidak akan terganggu.

  1. Writer atau Editor

Berikutnya, side job yang bisa kamu jalankan sebagai anak kost adalah writer atau editor. Bila kamu punya skill menulis atau memperbaiki tulisan dengan baik, maka side job sebagai writer atau editor ini bisa jadi pilihan. Dengan semakin menjamurnya website dan blog di dunia maya, tentu kebutuhan akan update tulisan di platform tersebut akan semakin tinggi. Belum lagi bila melihat keberadaan media sosial yang juga semakin banyak dimiliki perusahaan dan membutuhkan penulisan caption. Dari sini maka peluangmu mendapatkan side job sebagai penulis atau writer serta editor akan terbuka lebar.

  1. Fotografer

Dengan semakin tingginya kebutuhan mendokumentasikan acara dan momen-momen penting dengan baik di masyarakat membuat pekerjaan sebagai fotografer semakin banyak dicari. Tapi untuk mendapatkan side job sebagai fotografer ini tentu kamu perlu memiliki skill fotografi yang mumpuni. Untuk mendapatkan side job fotografer sendiri kamu bisa mencarinya di beberapa platform online. Cara lain adalah kamu membuat website sendiri dan mengupload portofolio terbaik di website tersebut. Setelah websitemu jadi, kamu tinggal mempromosikannya ke teman-teman atau kerabat.

  1. Reseller atau Dropshipper

Terakhir, side job yang bisa kamu jalankan sebagai anak kost yaitu menjadi reseller atau dropshipper. Dengan semakin tingginya penjualan online yang digalakkan oleh beberapa perusahaan, membuat kebutuhan pada pemasaran dengan perantara oleh reseller atau dropshipper ini juga semakin besar. Apalagi melihat tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat, tak jarang membuat beberapa perusahaan pun tak ragu untuk merekrut reseller atau dropshipper guna meningkatkan penjualan. Tapi untuk menjadi seorang reseller atau dropshipper ini kamu perlu memiliki skill menjual yang baik. Menariknya, bila kamu mendapatkan side job ini, waktu yang fleksibel akan sangat bisa kamu rasakan. Ini karena side job sebagai reseller dan dropshipper ini dapat dilakukan secara online.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top