Peluang Usaha

Mengenal Bisnis Dropship dan Trik Menjalankannya

bisnis-dropship

bisnis dropship/https://www.asuransiku.id/

Buat kamu yang ingin menjalankan bisnis namun terbentur dengan modal dan waktu, kini ada solusi bernama dropship yang bisa dijalankan. Apa itu bisnis dropship? Menurut eCommerceFuel, dropship adalah model bisnis yang memungkinkan penjual membeli produk dari grosir dan mengirimkannya langsung ke pelanggan. Sementara itu menutut Shopify, dropship yaitu metode pemenuhan ritel di mana toko tidak perlu menyimpan produk yang dijualnya.

Gambaran Sistem Bisnis Dropship

Untuk memudahkan memahami bisnis dropship, kita bisa melihat proses yang terjadi dalam bisnis ini sebagai gambarannya. Pertama, pembeli melakukan order di toko online-mu. Kemudian, kamu menyampaikan order tersebut ke supplier dropship. Berikutnya, supplier dropship menyiapkan order sesuai yang kamu sebutkan. Terakhir, supplier dropship mengirimkan order tersebut langsung ke pelangganmu dengan menyebut toko online-mu sebagai pengirimnya.

Dari sini maka terkesan bahwa konsumen atau pelanggan menerima order tersebut seolah-olah dari toko online-mu. Namun sejatinya, pemilik produk dan pengirimnya adalah supplier dropship.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship

Dari gambaran di atas, tentu terlihat ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari sistem bisnis dropship. Kelebihan atau keuntungan pertama adalah bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal sekalipun karena barang dan pengiriman dilakukan oleh supplier dropship. Keunggulan kedua dari bisnis dropship yaitu fleksibel yaitu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Terakhir, keuntungan dari bisnis dropship adalah memiliki risiko rendah karena tidak memiliki barang dalam arti yang sesungguhnya.

Namun dibalik kelebihannya, bisnis dropship ini juga menyimpan kekurangan. Kekurangan atau kelemahan pertama dari bisnis dropship dalah margin rendah. Dalam bisnis ini umumnya dropshipper hanya menentukan margin sebesar 20%. Minimnya margin atau keuntungan ini dikarenakan adanya usaha untuk tetap bertahan dari persaingan mendapatkan konsumen. Kekurangan kedua adalah prosesnya panjang karena kamu tidak bisa melakukan pengecekan langsung pada barang yang dipesan pembeli. Kelemahan terakhir dari sistem bisnis dropship adalah sulit untuk menjamin kualitas barang karena produk dipilih dan dikirim langsung oleh supplier dropship.

Trik Sukses Menjalankan Bisnis Dropship

Agar kamu sukses menjalankan bisnis dropship, berikut ada beberapa trik dan tips yang bisa diterapkan:

  1. Tentukan Produk

Trik pertama menjalankan bisnis dropship adalah menentukan produk. Kamu memang perlu memilih produk yang akan kamu tawarkan pada konsumen. Nah dalam menentukan produk ini, pilihlah yang tidak pasaran tetapi dicari banyak orang. Dengan cara ini tingkat persainganmu dalam bisnis dropship menjadi tidak terlalu ketat.

  1. Riset Kompetitor

Dalam bisnis ini, kamu pastinya juga akan mendapati kompetitor. Untuk itulah kamu perlu mengetahui dan memahami kompetitormu agar kamu bisa menerapkan strategi pemasaran yang lebih jitu.

  1. Pilih Supplier yang Tepat

Pemilihan supplier dopship juga menjadi sesuatu yang krusial dalam bisnis ini. Jika kamu bisa memilih supplier yang tepat dan profesional, maka kemungkinan sukses dalam bisnis dropship akan terbuka lebar. Begitu pula sebaliknya, jika kamu salah memilih supplier, kemungkinan gagal juga bukan tidak mungkin akan muncul.

  1. Tentukan Media Penjualan

Terakhir, trik dan tips sukses menjalankan bisnis dropship adalah menentukan media penjualan. Dalam menentukan media penjualan ini, pastikan kamu memilih yang terbaik. Beberapa opsi media penjualan dalam bisnis dropsip yang bisa dipilh yaitu website, e-commerce, media sosial dan lain sebagainya. Sesuaikan saja media penjualan tersebut dengan produk yang kamu jual serta target pasarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top