Lainnya

Ketahui 6 Hal Ini Sebelum Membeli Aset Kripto

tips-beli-aset-kripto

tips beli aset kripto/https://blockchainmedia.id/

Aset kripto kini memang sedang menjadi pembicaraan hangat di pubik. Nilainya yang terus bergerak naik hingga meroket, membuat beberapa kalangan mulai tertarik membeli dan berinvestasi. Tapi karena aset kripto ini masih pro-kontra dan mengundang perdebatan, sebaiknya kamu berhati-hati dengan mengetahui serta memahami beberapa hal berikut ini.

  1. Jangan Memasukkan Lebih Dari yang Kamu Mampu

Hal pertama yang perlu kamu pahami sebelum membeli aset kripto adalah jangan memasukkan lebih dari yang kamu mampu. Aset kripto memang memiliki tingkat risiko yang lebih besar dari jenis investasi lain. Dalam investasi kripto ini juga tidak ada jaminan selain volatilitas. Jangan lupa pula bahwa kripto tidak memiliki asuransi. Terlebih lagi aset kripto ini tidak diatur dalam banyak kasus. Risiko ini berlaku untuk semua aset kripto termasuk aset kripto Bitcoin pertama yang sudah ada selama lebih dari satu dekade. Ingat juga bahwa harga aset kripto ini yang sangat dinamis karena bisa berubah secara liar dari menit ke menit. Dari sinilah maka kamu tidak boleh mempertaruhkan seluruh tabungan atau dana pada aset kripto.

  1. Riset Secara Menyeluruh

Sama seperti membeli kendaraan maka kamu perlu melakukan riset pada aset kripto yang akan dibeli. Ketahui semua seluk beluk yang ada pada aset kripto yang akan dibeli sehingga kamu bisa memahami proposisi nilai dan risikonya. Bagaimana caranya melakukan riset? Kamu bisa googling, membaca buku, melihat di forum komunitas dan milis pengembang atau mendengarkan podcast. Kalau perlu carilah orang yang skeptis dengan aset kripto hingga kamu benar-benar memahaminya.

  1. Tahan Takut Kehilangan

Dalam berinvestasi, termasuk pada aset kripto akan ada risiko kehilangan semua yang diinvestasikan. Dalam investasi ada istilah Fear of missing out (FOMO) yang merupakan sebuah cara pasti untuk menghancurkan kekayaan apa pun, yang mungkin telah Anda kumpulkan selama bertahun-tahun. Ketahui dengan baik apa yang dibeli sebab bisa jadi Anda adalah orang yang tidak beruntung karena menjual aset kripto yang jatuh.

  1. Jika Kedengarannya Terlalu Bagus Untuk Menjadi Kenyataan, Mungkin Memang Begitu

Anda perlu tahu bahwa kripto ini banyak hal bisa membuatmu tertipu. Namun sebelum itu Anda akan mendapatkan banyak tawaran dan janji-janji manis dan segudang iming-iming. Beberapa bursa kripto bahkan ada yang menawarkan leverage lebih dari 100 kali. Ini artinya, Anda bisa meminjam hingga 99 persen dari biaya investasi. Di sinilah pentingnya riset sebelum membeli atau meminjam. Dengan kondisi seperti itu maka kamu bisa saja mendapatkan keuntungan berlipat saat harga kripto naik tapi juga bisa membuatmu cepat terhapus ketika harga kripto terjun bebas.

  1. Waspadai Bias Unit

Tidak semua koin dibuat sama. Ada ribuan aset kripto, beberapa di antaranya berusaha meniru Bitcoin dan yang lainnya mencoba menyelesaikan masalah yang ada. Perlu Anda tahu bahwa semua punya tingkat dukungan pengembang dan desentralisasi yang berbeda-beda. Untuk menentukan nilai aset kripto ini artinya bertanya bagaimana dan mengapa koin itu dibuat. Dan yang paling penting yaitu mengetahui model keamanan koin: proof-of-work, proof-of-stake, atau yang lainnya? Bila Anda tidak tahu apa arti istilah-istilah tersebut berarti Anda belum siap untuk berinvestasi pada kripto.

  1. Jangan Percaya, Verifikasi

Terakhir, hal yang perlu kamu ketahui dan pahami sebelum membeli aset kripto adalah jangan terlalu percaya, tapi lakukan verifikasi. Kasus terbaru dimana kamu memang perlu berhati-hati adalah ketika ada seseorang yang memanfaatkan penampilan Elon Musk di acara televisi Saturday Night Live (SNL) untuk menipu orang-orang melalui Twitter. Jurus ini cukup untuk menyedot dari berbagai kripto senilai hampir 100.000 dollar AS dengan giveaway palsu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top