Lainnya

Lebaran Tiba, Inilah Hal yang Tepat Dilakukan Oleh Pebisnis

kumpul bersama keluarga saat lebaran

Dalam menyambut lebaran yang sebentar lagi datang, sebagai seorang pebisnis Anda tentu harus bisa memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Meski Anda tidak beraktivitas karena libur, namun Anda sebagai pebisnis memang tidak bisa kemudian melewatkan saja event lebaran ini dengan tidak melakukan apapun. Alih-alih tidak berbuat, Anda sebagai pebisnis harus bisa menjadikan momen lebaran ini sebagai waktu yang tepat untuk melancarkan strategi khusus. Apa tujuannya? Meski tidak seperti pada bulan-bulan biasanya, strategi yang Anda lakukan saaat lebaran ini akan sangat bermanfaat untuk Anda mengembangkan bisnis. Nah berikut ini adalah beberapa strategi dan hal yang memang tepat untuk Anda lakukan pada masa lebaran supaya bisa mendukung kegiatan bisnis.

  1. Lakukan Perenungan dan Introspeksi

Hal pertama yang tepat untuk Anda lakukan sebagai pebisnsi pada saat lebaran yaitu melakukan perenuangan dan introspeksi. Karena aktivitas di perusahaan libur, maka kegiatan perenungan dan introspeksi ini memang akan sangat tepat untuk dilakukan. Sebab saat libur Anda akan bisa melakukan aktivitas perenungan dan introspeksi ini dengan lebih leluasa dan optimal. Kegiatan perenungan dan introspeksi sendiri memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Selain untuk membuat Anda mengingat kesalahan yang dilakukan untuk diperbaiki, perenungan dan introspeksi ini juga bisa membuat Anda lebih bijak dalam melangkah ke depannya.

  1. Silaturahmi dengan Keluarga

Bila selama ini Anda terlalu disibukkan dengan pekerjaan di perusahaan untuk menjalankan bisnis, maka momen lebaran ini akan menjadi waktu yang tepat untuk Anda melakukan silaturahmi dengan keluarga. Bersilaturahmi dengan keluarga pastinya akan membuat Anda punya waktu yang optimal untuk berkumpul bersama. Meski seakan tak berkaitan dengan bisnis, tapi kegiatan berkumpul dengan keluarga ini akan membuat Anda akan bisa mendapati sebuah nilai tersendiri yang penting. Nilai penting yang bisa Anda dapati dari kegiatan silaturahmi dengan keluarga ini adalah kebersamaan. Dengan kebersamaan yang ada inilah maka Anda akan bisa mendapatkan semangat yang lebih untuk mengarungi kehidupan ke depan yang lebih baik.

  1. Jalin Hubungan dengan Relasi

Saat lebaran dan Anda memiliki waktu yang lebih panjang dari biasanya maka Anda bisa menggunakannya untuk menjalin hubungan dengan relasi. Dengan waktu yang lebih banyak maka akan bisa menjalankan hubungan yang lebih baik dan optimal. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hubungan dengan relasi ini memiliki manfaat yang besar untuk Anda dan bisnis. Sebab ketika hubungan Anda dengan relasi berjalan baik maka Anda akan bisa membuat kerjasama yang lebih baik dan menguntungkan. Maka dari itu dengan besarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jalinan dengan relasi ini maka Anda pun tidak boleh melewatkan momen lebaran ini dengan baik untuk menghubungi mereka.

  1. Berikan Kebahagiaan untuk Karyawan

Anda yang punya karyawan-karyawan yang telah bekerja lama untuk perusahaan, maka momen lebaran ini akan menjadi waktu yang tepat untuk Anda memberikan kebahagiaan kepada mereka. Ketika karyawan merasa bahagia dengan apa yang ada lakukan maka mereka akan memberikan yang terbaik saat bekerja untuk perusahaan. Dari sinilah maka memberikan kebahagiaan kepada karyawan bukanlah sesuatu yang percuma. Salah satu bentuk menghadirkan kebahagiaan pada karyawan jelang lebaran tiba adalah dengan memberikan THR (Tunjangan Hari Raya). Dengan laba besar yang perusahaan dapatkan seharusnya pemberian THR ini bukan menjadi sesuatu yang terlalu berat untuk Anda keluarkan pada orang-orang yang berjasa membesarkan bisnis Anda.

  1. Berkomunikasi dengan Customer atau Pelanggan

Terakhir, hal yang tepat untuk dilakukan pebisnis jelang lebaran tiba adalah berkomunikasi dengan customer atau pelanggan. Dengan alasan yang sama yakni waktu yang lebih leluasa maka Anda juga perlu mengingat customer atau para pelanggan Anda. Cobalah hubungi mereka di saat sama-sama memiliki waktu luang. Sapa mereka dengan kalimat pembuka ucapkan salam dan selamat berlebaran. Dari pembuka komunikasi saja ini bukan tidak mungkin mereka akan terkesan dan bersimpati kepada Anda. Ini karena mereka menganggap bahwa Anda begitu berharga karena sudah mau menyapa dan berkomunikasi. Nah dari kesan dan simpati dari mereka inilah maka Anda pun berpeluang untuk mendapatkan order kembali dari mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top