Lainnya

Mau Apresiasi Karyawan? Ini 6 Cara yang Bisa Anda Lakukan sebagai Pebisnis

apresiasi-karyawan

Sebagai pebisnis atau owner bisnis, maka memberikan apresiasi pda karyawan yang berprestasi memang sudah selayaknya dilakukan. Anda yang membutuhkan karyawan untuk menggerakkan bisnis maka bila didapatkan pertumbuhan usaha memang di sana ada keterlibatan karyawan. Namun memang tidak semua karyawan bisa memperoleh apresiasi dari Anda. Hanya mereka yang berkontribusi positif bagi perusahaan saja lah yang pantas mendapatkan apresiasi. Sayangnya tidak semua pebisnis memahami pentingnya apresiasi pada karyawan berprestasi. Hasilnya, karyawan yang berprestasi tadi jadi semakin menurun kinerjanya dan akhirnya membuat perusahaan tak lagi bertumbuh. Nah untuk itulah mengapresiasi karyawan ini sangat penting dilakukan oleh pebisnis yang ingin usahanya terus berkembang. Berikut beberapa cara mengapresiasi karyawan yang bisa dilakukan para pebisnis.

  1. Mengucapkan Terima Kasih

Pertama, cara mengapresiasi karyawan adalah dengan mengucapkan terima kasih. Meskipun hanya berupa kata sederhana namun ucapan ini begitu berarti bagi siapa pun yang menerimanya, termasuk karyawan. Jadi bila Anda ingin mengapresiasi karyawan dengan kata sederhana, pakailah ucapan “terima kasih” kepada karyawan tersebut. Cara mengapresiasi karyawan yang pertama ini sendiri juga terbilang efektif bagi Anda yang masih memiliki perusahaan rintisan dengan omset yang masih belum besar.

  1. Menyampaikan Pujian

Siapa sih yang tidak ingin dipuji? Pujian memang sesuatu yang didamba orang, termasuk karyawan. Jadi bila Anda mendapati karyawan yang berprestasi dan banyak berkontribusi pada perusahaan, maka Anda bisa memberikan apresiasi pada mereka berupa pujian. Sanjung dan katakan dengan sepenuh hati bahwa Anda benar-benar terkesan dengan cara kerja mereka. Ingat untuk suskes menerapkan cara ini, Anda sebagai pemimpin usaha memang harus melakukannya dalam kesadaran penuh dan juga menyampaikannya dari lubuk hati. Sebab bila penyampaian pujian ini hanya bersifat retorika saja, maka karyawan akan tidak pernah respect dengan pujian tersebut.

  1. Mentraktir Makan

Sebagai pemimpin usaha atau bos, maka mentraktir makan bisa jadi hal yang mengesankan bagi karyawan. Tapi agar apa yang Anda lakukan dengan mentraktir makanan ini tidak sia-sia maka Anda bisa mengagendakannya untuk para karyawan terbaik. Jadi saat Anda mendapati ada karyawan berprestasi maka Anda bisa mengajak mereka untuk makan dan minum di sebuah rumah makan. Dengan ajakan spesial ini maka cara Anda melakukan apresiasi pada karyawan ini tak akan sia-sia. Sebab, mereka akan terkesan dengan cara Anda tersebut.

  1. Memberikan Hadiah

Anda yang ingin menghadirkan apresiasi yang berkesan mendalam bagi karyawan maka memberikan hadiah adalah yang harus dilakukan. Hadiah memang bukan hal yang biasa. Apalagi bila hadiah ini diberikan oleh pemimpin bisnis kepada bawahannya. Pemberian hadiah dari pemimpin bisnis kepada karyawannya memang jarang dilakukan. Tapi bila Anda mau melakukannya, maka hal ini akan menjadi sesuatu yang menarik dan mengesakan bagi karyawan.

  1. Menaikkan Gaji

Selanjutnya, cara untuk mengapresiasi karyawan berprestasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menaikkan gajinya. Setiap karyawan memang sangat mendamba gaji yang terus meningkat. Namun tentu saja tidak semudah itu bagi karyawan mendapatkan gaji. Nah karena begitu istimewanya kenaikan gaji bagi karyawan maka Anda bisa menjadikannya sebagai cara untuk mengapresiasi karyawan. Namun karena gaji ini adalah sesuatu yang sanat sensitif bagi setiap karyawan di perusahaan, maka Anda harus bisa membuat indikator yang jelas pada karyawan berprestasi yang berhak mendapatkannya agar tidak terjadi saling iri dan protes dari karyawan lain.

  1. Promosi Jabatan

Terakhir, cara untuk Anda memberikan apresiasi pada karyawan berprestasi dengan kinerja terbaik adalah dengan menaikkan jabatannya. Selain beberapa hal di atas kenaikan jabatan juga menjadi hal yang diimpikan karyawan. Dengan adanya promosi kenaikan jabatan yang Anda hadirkan bagi karyawan terbaik maka mereka yang mendapatkannya akan merasa senang karena karirnya yang terus menanjak. Jika cara apreasi ini sudah membuat karyawan merasa senang maka hal tersebut akan menciptakan dampak yang positif pada perusahaan karena karyawan yang semakin bersemangat dalam bekerja. Sama seperti cara-cara sebelumnya, maka Anda harus bisa memilih karyawan yang mendapat promosi kerja ini dengan indikator yang tepat. Hal ini dilakukan agar tdak membuat karyawan lain merasa iri dengan apa yang telah didapat karyawan berprestasi yang telah Anda pilih.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top