Tips

Mau Belanja Saat PSBB? Ini Tipsnya Agar Tetap Aman dan Nyaman

tips-belanja-PSBB

tips belanja PSBB/https://www.radarpena.id/

Saat ini beberapa daerah memang telah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. Dengan adanya kebijakan ini tentu pergerakan kita akan semakin dibatasi. Dari sinilah maka untuk melakukan beberapa kegiatan seperti berbelanja, kita akan juga terkena imbasnya. Tapi jangan khawatir anjuran PSBB ini tidak membuat Anda lantas tidak boleh berbelanja terutama untuk kebutuhan pokok. Namun Anda bisa melakukannya tentu dengan beberapa cara atau tips berikut. Cara atau tips ini memang perlu Anda lakukan agar kegiatan belanjamu di saat PSBB tetap aman dan nyaman. Berikut beberapa cara atau tips berbelanja saat PSBB diberlakukan di wilayahmu.

  1. Rencanakan dengan Matang

Tips pertama yang bisa Anda jalankan untuk berbelanja di saat PSBB adalah dengan melakukan perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang sebelum berbelanja ini sendiri meliputi beberapa hal seperti memilih tempat belanja yang aman, menuliskan daftar belanja dan juga mempersiapkan segala perlindungan saat akan keluar rumah. Memilih tempat belanja yang aman memang penting di saat wabah virus corona seperti seperti sekarang. Untuk menuliskan daftar belanjaan juga penting dilakukan agar Anda tidak perlu lagi bolak-balik keluar rumah untuk berbelanja. Sementara itu ketika akan keluar rumah untuk berbelanja, maka Anda juga perlu mempersiapkan beberapa barang untuk dibawa sebagai perlindungan seperti masker dan hand sanitizer.

  1. Gunakan Kendaraan Pribadi

Agar aman dari kerumunan yang memicu penularan, maka saat Anda belanja keluar rumah, pastikan untuk menghindari kendaraan umum dan menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan pribadi maka Anda di luar bisa terhindar dari kerumunan orang dan bisa menjaga jarak dengan kendaraan lain. Apalagi bila Anda keluar dengan menggunakan mobil, maka social distancing akan semakin berjalan dengan efektif. Dari sini maka kegiatan Anda belanja di luar rumah akan bisa berjalan lebih aman untuk terhindar dari Covid-19.

  1. Hindari Jam Sibuk

Berikutnya, tips aman untuk belanja kebutuhan pokok saat PSBB adalah menghindari jam sibuk. Kenapa harus menghindari jam sibuk di jalanan? Sebab bila Anda keluar rumah untuk belanja di jam sibuk maka Anda harus menghadapi kerumunan orang entah itu di jalan atau di beberapa tempat lain, termasuk di tempat belanja. Nah dari kerumunan orang tersebut maka kamu akan bisa berpotensi untuk tertular Covid-19 dari orang lain. Maka dari itu agar aman maka cobalah untuk berbelanja keluar rumah di luar jam sibuk yaitu antara jam 9 pagi ke atas hingga sebelum pukul 4 sore.

  1. Jaga Jarak dan Lakukan dengan Cepat

Saat berada di tempat belanja, maka Anda harus melakukannya dengan cepat. Semakin cepat kamu berbelanja, maka akan semakin baik untuk terhindar dari penularan virus corona. Hal penting lainnya yang harus dilakukan saat berada di tempat belanja adalah tetap menjaga jarak dengan orang lain, termasuk dengan kasir. Social distancing ini memang harus Anda lakukan tidak hanya ketika berada di jalanan, tapi juga saat berada di tempat belanja yang dituju.

  1. Lakukan Pembayaran Non Tunai

Uang tunai memang juga memiliki risiko kemungkinan menularkan Covid-19. Maka dari itu agar Anda tidak tertular virus berbahaya ini saat berbelanja, maka kamu tidak perlu membawa uang cash. Untuk gantinya cobalah untuk membayarnya dengan cara non tunai. Selain membayar dengan kartu kredit atau kartu debit, Anda juga bisa menggunakan e-wallet (dompet digital) untuk pembayaran non-tunai. Namun untuk menggunakan e-wallet, Anda harus memastikan terlebih dulu tempat belanja yang dituju menyediakan fasilitas pembayaran tersebut.

  1. Beli Barang Secara Online

Terakhir, cara atau tips belanja aman saat PSBB dalam pandemi Covid-19 adalah dengan membeli barang secara online. Berbelanja secara online memang akan membuat Anda tidak perlu keluar rumah. Dari sini maka Anda pun bisa menjadi lebih aman dari penularan virus corona di luar sana. Ini karena dengan belanja online maka semua kegiatan transaksi pembelian bisa dilakukan dari rumah. Tidak hanya itu untuk menerima barang pun Anda tak perlu keluar rumah karena ada jasa ekspedisi atau kurir yang mengantarkannya ke rumah Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top