Keuangan

Mau Gunakan Kartu Kredit untuk Modal Usaha? Pastikan Anda Menerapkan 7 Tips Aman Ini

modal-usaha-kartu-kredit

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan modal usaha adalah dengan menggunakan kartu kredit. Meski tidak terlalu populer, pendanaan dari kartu kredit memang bisa menjadi opsi untuk Anda yang sudah kepepet karena tidak bisa mendapatkan pendanaan dari cara lain. Sama seperti meminjam dana dari lembaga pembiayaan, menggunakan kartu kredit untuk modal usaha juga perlu kecermatan. Apalagi kartu kredit yang memiliki suku bunga yang cukup besar, seharusnya membuat siapa pun yang menggunakannya musti bijak dan penuh perhitungan. Nah bagi Anda yang memang harus menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha, maka pastikan Anda menerapkan beberapa tips aman berikut ini.

  1. Perhitungkan Besaran Modal dengan Matang

Pertama, tips aman untuk menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha adalah dengan memperhitungkan besaran modal dengan matang. Anda harus ingat bahwa pendanaan dari kartu kredit ini membuat Anda terkena bunga yang cukup besar. Nah dari sinilah Anda harus benar-benar memperhitungkan jumlah yang akan diambil dari kartu kredit untuk modal usaha ini. Gunakan saja secukupnya saja bila memang Anda tidak membutuhkan jumlah yang terlalu banyak. Dengan besaran dana yang tidak terlalu besar maka Anda tidak akan terbebani nantinya ketika akan membayar.

  1. Ketahui dan Tentukan Kemampuan Membayar Anda

Berikutnya, tips aman yang perlu Anda terapkan untuk menggunakan kartu kredit guna keperluan usaha adalah dengan mengetahui dan menentukan kemampuan membayar Anda. Sama seperti meminjam dana dari metode lain, Anda memang harus sadar diri dengan kemampuan membayar Anda tiap bulannya. Pasalnya, bila Anda terlalu banyak mengambil dana dari kartu kredit, sementara omset bisnis tidak mencapai pembayaran, maka Anda bisa mendapati masalah yakni terlilit hutang. Jadi jangan sampai Anda terjebak dengan kemudahan peminjaman dana dari kartu kredit ini tanpa memperhitungkan kemampuan membayar dari omset bisnis Anda.

  1. Pertimbangkan Suku Bunga yang Masuk Akal

Mengambil dana dari kartu kredit untuk keperluan modal usaha memang Anda akan dikenakan bunga ketika akan membayarnya. Dari sini maka Anda harus berhati-hati ketika akan mengambil dana dari kartu kredit ini. Pastikan Anda mengetahui bunga dan mempertimbangkan suku bunga tersebut sehingga masuk diakal untuk membayarnya. Jadi untuk tidak membuat masalah bagi bisnis Anda di masa depan, maka pastikan Anda memilih kartu kredit dengan suku bunga yang rendah dan bisa terjangkau.

  1. Ketahui Detail Informasi Kartu Kredit

Setiap kartu kredit yang diterbitkan oleh bank memang masing-masing memiliki perbedaan pada beberapa hal. Selain berbeda  dalam besaran suku bunga, macam-macam kartu kredit ini juga memiliki perbedaan pada fasilitasnya, limit pengambilannya dan lainnya. Dari situlah maka selain mengetahui besaran suku bunga, Anda juga harus mengetahui secara detail informasi yang ada pada kartu kredit yang Anda ambil dan akan digunakan untuk keperluan modal usaha.

  1. Pilih Opsi Pembayaran sesuai Minimum Tagihan Bila Merasa Keberatan

Jika Anda merasa tidak mampu melunasi semua dana kartu kresit yang terpakai dibulan lalu, maka untuk mengurangi beban tersebut, Anda bisa membayar dengan minumum tagihan. Dalam pambayaran kartu kredit ini memang ada opsi untuk membayar sesuai minimum tagihan bila seseorang tidak mampu melunasi semua tagihan. Nah dengan opsi pembayaran minimum ini maka Anda yang memang tidak bisa melunasi langsung akan bisa terkurangi bebannya sehingga tidak lagi merasa keberatan.

  1. Jangan Terlambat Membayar untuk Menghindari Denda

Untuk menghindari pembayaran yang lebih besar dan memberatkan karena denda, maka Anda harus tepat waktu dalam membayar tagihan kartu kredit. Dalam sistem kartu kredit memang ada denda yang harus dibayar bila seserang terlambat membayar. Nah maka dari itu Anda yang mengambil sejumlah dana dari kartu kredit untuk modal usaha, maka pastikan Anda tidak terlambat dalam membayarnya agar tidak terkena denda yang akan semakin memberatkan Anda.

  1. Bijak Berbisnis dengan Kartu Kredit

Terakhir, tips aman menggunakan kartu kredit untuk keperluan modal usaha adalah dengan bijak menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memang merupakan produk yang bisa membuat seseorang khilaf dan kemudian membenani hidup seseorang karena terjerat hutang. Hal ini biasanya bisa terjadi karena seseorang yang tidak bijak menggunakan kartu kredit. Maka dari itu ketika Anda menggunakan kartu kredit ini untuk keperluan usaha, maka pastikan Anda tidak lagi menggunakannya untuk keperluan lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top