Tips

Mau Hutang ke Pinjol? Terapkan Tips Aman Ini

tips-hutang-pinjol

tips hutang pinjol/https://duwitmu.com/

Pinjol atau pinjaman online saat ini memang menjadi pusat perhatian tersendiri bagi masyarakat. Tak sedikitnya kasus kredit macet karena hutang yang semakin besar hingga berujung ancaman dari pinjol, membuat pinjol semakin diwaspadai. Tapi apakah memang kita harus benar-benar menyingkirkan pinjol dari daftar list saat membutuhkan uang? Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho, masyarakat hanya perlu berhati-hati dan cermat ketika akan melakukan pinjaman online. Sebab beberapa kasus berat yang ada terjadi karena seseorang berurusan dengan pinjol ilegal atau tidak cermat ketika akan berhutang pada pinjol. Berikut beberapa tips meminjam uang ke pinjol.

  1. Hindari Penawaran Pinjol via SMS

Tips pertama berhutang pada pinjol menurut Andy Nugroho adalah dengan menghindari penawaran pinjol via SMS. Saat ini memang banyak pelaku pinjol ilegal yang menawarkan pinjaman melalui SMS atau chat aplikasi. Hal ini tentu membahayakan bila kamu kemudian tertarik dan meminjam. Untuk itu Andy menyarankan agar kamu yang memang sedang membutuhkan pinjaman uang untuk memilih pinjol resmi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Untuk mengecek status resmi pinjol kamu bisa mengetahuinya dari situs resmi ojk.go.id.

  1. Pahami Syarat dan Ketentuan

Hal lain yang perlu dicermati saat ingin berhutang ke pinjol menurut Andy adalah memahami syarat dan ketentuan. Beberapa kasus yang ada memang terjadi karena peminjam tidak membaca dengan seksama ketentuan hingga skema pengembalian pinjaman.

“Seperti berapa lama tenor dan bunga yang akan dikenakan, termasuk akan adanya biaya admin dan lain-lain. Bahkan kalau perlu minta agar dibuatkan simulasinya sesuai jumlah yang akan kita apply, agar kita lebih jelas memahaminya,” kata Andy.

  1. Jangan Berikan Akses Kontak Pribadi

Berikutnya, tips berhutang ke pinjol adalah tidak memberikan akses kontak pribadi. Jadi bila pihak pinjol meminta akses data kontak pribadi di handphone, maka kamu harus menolaknya. Ini dikarenakan menurut Ketua Satgas Waspada Investasi OJK Tongam L Tobing data yang diberikan akan digunakan pinjol ilegal untuk melakukan praktik penagihan utang yang tak manusiawi, seperti ancaman, pelecehan hingga pemerasan. Data yang ada juga bisa digunakan oleh pijol ilegal untuk disebarluaskan serta orang-orang yang terdaftar dalam kontak handphone akan sasaran penagihan utang.

  1. Ukur Kemampuan Bayar

Kemampuan membayar juga menjadi hal yang seringkali diabaikan seseorang hingga kemudian membuat masalah di kemudian hari. Menurut perencana keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad menyatakan bahwa seseorang yang akan berhutang ke pinjol harus pandai berkalkulasi dengan kemampuan membayarnya. Jangan lupa juga debitur perlu memikirkan jangka waktu pembayaran pinjaman tersebut.

  1. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Terakhir, tips aman berhutang lewat pinjol adalah dengan tidak melakukan “gali lubang tutup lubang”. Kegiatan “gali lubang tutup lubang” atau mencari pinjaman lain untuk menutup pinjaman sebelumnya akan membuat seseorang akan semakin terlilit hutang dan masuk lingkaran setan yang tiada ujungnya. Maka sebelum meminjam sebaiknya seseorang perlu berhitung dengan detail dan tidak memaksakan diri bila memang tidak memiliki kemampuan membayar.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat akan melakukan hutang ke pinjol. Pinjol memang bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang membutuhkan dana cepat. Namun karena maraknya kasus yang dialami korban pinjol ilegal, sebaiknya kamu berhati-hati dan lebih cermat lagi ketika akan melakukan pinjaman melalui pinjol.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top