Bisnis Online

Mau Jadikan Toko Anda di Shopee Sebagai Star Seller? Penuhi Syarat dan Aturan Ini

shopee-star-seller

Shopee sebagai salah satu marketplace populer di Indonesia, membuat banyak orang tertarik untuk bisa menjual barang-barangnya di sana. Dengan banyaknya pengguna Shopee, maka peluang untuk bisa mendapatkan banyak pembeli memang semakin besar. Tapi untuk bisa menarik banyak konsumen, maka Anda harus bisa menjadikan toko lebih kredibel. Tingkat kredibilitas toko memang bisa mempengaruhi minat konsumen untuk membeli. Nah di Shopee sendiri ada tingkatan toko berdasarkan kredibilitasnya. Salah satu contoh toko kredibel di Shopee bisa dilihat dari statusnya yang bernama Star Seller. Lalu bagaimana caranya untuk bisa membuat status toko menjadi Star Seller ini? Berikut ulasannya.

  1. Detail No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee

Pertama, cara dan syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadikan status toko menjadi star seller adalah mengirimkan detail nomor KTP. Jadi kirim dan upload foto KTP mu ke Shoppe dan tunggu persetujuan oleh pihak Shopee.

  1. Toko mempunyai persentase chat dibalas >= 80%

Berikutnya, aturan dan syarat yang harus Anda penuhi untuk menjadikan status toko menjadi star selleer di Shopee adalah memiliki persentase chat dibalas lebih dari 80%. Bagi konsumen chat memang sangat penting untuk bisa kemudian melangkah pada proses pembelian. Semakin baik penjual atau toko menjawab chat, maka konsumen akan semakin senang. Tapi bila penjual atau toko jarang merespon chat dari konsumen tentu hal ini akan menjadi penilaian tersendiri yang buruk bagi Shopee dalam pengajuan status toko star seller.

  1. Toko mempunyai penilaian >= 4.5

Dalam setiap penjualan, pembeli memang bisa melakukan penilaian atau rating. Nah dari sini pihak Shopee memberlakukan peraturan untuk siapapun yang ingin mendapatkan status star seller pada tokonya harus memiliki penilaian dari pembeli yakni lebih dari 4.5 dari 5 bintang yang ada.

  1. Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 100 pesanan dalam sebulan terakhir

Jumlah pembelian dari konsumen dalam kurun waktu satu bulan ternyata juga menjadi penilaian oleh Shopee untuk menentukan status star seller. Jadi Anda yang ingin menjadikan toko sebagai star seller maka Anda harus memiliki jumlah transaksi sebesar 100 order atau pesanan dalam satu bulan terakhir.

  1. Toko memiliki persentasi produk Pre-order < 20% selama < 5 hari dalam 30 hari terakhir

Berikutnya, syarat dan ketentuan bagi Anda yang ingin menjadikan status toko menjadi star seller adalah memiliki persentasi produk pre-order < 20% selama < 5 hari dalam 30 hari terakhir.

  1. Toko melayani 25 Pembeli berbeda dalam sebulan terakhir

Mengenai konsumen yang datang membeli ke toko Anda, pastikan bahwa ada orang-orang yang berbeda. Selain itu pastikan ada setidaknya 25 pembeli dari orang-orang yang berbeda tadi dalam kurung waktu satu bulan. Dengan mendapatkan minimal 25 pembeli dari orang-orang berbeda ini maka Anda akan bisa memenuhi syarat untuk mengajukan status toko menjadi star seller.

  1. Toko memiliki poin penalty sebanyak 0 poin

Penjual yang melakukan pelanggaran peraturan yang diberlakukan dalam sebuah marketplace memang biasanya akan dikenalkan pinalty. Di Shopee sendiri sistem penalty ini akan diberlakukan sistem poin dimana semakin besar poinnya maka akan semakin kecil peluang Anda untuk bisa mendapatkan status star seller. Untuk bisa mendapatkan status star seller di Shopee, Anda memang diharuskan memiliki poin penalty 0 poin atau artinya tidak pernah dipenalty.

  1. Tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi

Terakhir, syarat dan ketentuan untuk bisa menjadi star seller di Shopee adalah tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar. Selain itu Anda harus menjaga agar tidak ada kejanggalan pada aktivitas akun. Dan hal penting lagi yang harus Anda hindari untuk menjadi star seller di Shopee adalah tidak melakukan penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi. Hal-hal seperti yang disebutkan memang dilarang dan tidak diperbolehkan dilakukan di Shopee. Jika Anda melakukannya maka bukan hanya tidak akan bisa mendapatkan status star seller tapi akun toko Anda juga bisa saja di-blacklist dan dihapus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top