Lainnya

Mau Segera Dapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi? Coba Lakukan 5 Hal Ini

tips-cepat-dapatkan-pekerjaan-masa-pandemi

tips cepat dapatkan pekerjaan masa pandemi/https://talentbridge.com/

Seperti kita tahu bahwa pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan melakukan efisiensi dengan merampingkan jumlah tenaga kerja. Nah dari sinilah kemudian kita bisa mendapati banyak orang yang kehilangan pekerjaan akibat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Ketika seseorang mendapati dirinya terkena PHK maka seharusnya perlu segera bergerak untuk mencari penggantinya. Terlebih bila mereka yang terkena PHK ini tidak mau berwirausaha, maka usaha mencari pekerjaan pengganti sifatnya wajib segera dilakukan. Namun di masa pandemi dimana pertumbuhan ekonomi terus menurun membuat mendapatkan pekerjaan ini tidak semudah dibayangkan. Namun demikian kamu tidak boleh berputus asa. Sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa segera memperoleh pekerjaan pengganti di masa pandemi.

  1. Lempar Jaring Selebar-lebarnya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk bisa segera mendapatkan pekerjaan adalah dengan melempar jaring selebar-lebarnya. Mendapatkan pekerjaan ini memang seperti menangkap ikan yang bisa jadi kamu akan memperolehnya dan mungkin juga tidak. Nah untuk bisa memperbesar peluangmu mendapatkan “ikan” atau pekerjaan, kamu harus melempar jaring selebar-lebarnya. Dalam dunia pekerjaan, melempar jaring ini maksudnya adalah melamar pekerjaan sebanyak-banyaknya. Semakin banyak kamu melamar pekerjaan, maka akan semakin terbuka lebar pula kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan dengan segera. Tapi jangan lupa juga untuk fokus pada lamaran pekerjaan yang sesuai dengan posisi dan bidangmu ya.

  1. Bergerak Cepat dan Jujur

Berikutnya, hal yang perlu kamu lakukan untuk segera mendapatkan pekerjaan di masa pandemi yakni dengan bergerak cepat dan jujur. Dengan persaingan yang sengit dari pelamar lain maka mau tak mau kamu perlu bergerak cepat untuk melamar pekerjaan yang terbuka. Selain itu saat melamar kamu harus jujur dengan kompetensi yang kamu tuliskan di CV. Jangan sampai berbohong dengan data-data yang ada di CV karena bila kamu melakukannya, hal ini justru akan merugikan kamu sendiri.

  1. Kerjakan Pekerjaan Rumah Anda

Sebelum melamar kerja atau mendatangi interview ke sebuah perusahaan, pastikan kamu untuk melakukan pekerjaan rumah dulu. Pekerjaan rumah yang perlu kamu lakukan ini adalah mengetahui seluk beluk perusahaan sebaik mungkin. Untuk mengetahui seluk beluk dari perusahaan sendiri kamu bisa membuka website-nya dan mempelajarinya. Ketika kamu mengetahui seluk beluk perusahaan ini maka kamu akan bisa mendapat perhatian lebih dari owner atau HRD.

  1. Tunjukkan Pada Mereka Siapa Anda dan Pribadi Anda

Saat kamu mendapat undangan wawancara atau interview maka kamu sudah melangkah lebih maju. Tapi tetep kamu tidak boleh sembrono dengan menjalankan interview ini tanpa kesungguhan. Selain siap dengan pekerjaan rumah yakni pengetahuan tentang perusahaan, dalam menghadapi interview ini kamu juga perlu punya pengenalan diri yang baik. Mengapa demikian? Sebab dalam interview kerja tak jarang HRD atau owner akan menanyakan mengenai jati dirimu. Maka dari itu pastikan saja kamu punya jawaban-jawaban yang baik tentang identitas diri yang biasanya pertanyaannya banyak yang menjebak.

  1. Jangan Terlalu Banyak Pertimbangan

Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa segera mendapatkan pekerjaan di masa pandemi yaitu dengan tidak terlalu banyak pertimbangan. Memang kita boleh-boleh saja mengharapkan pekerjaan impian dengan gaji dan posisi yang baik. Tapi dalam kenyataan di masa pandemi sekarang, untuk mendapatkan pekerjaan ini merupakan sesuatu yang tidak mudah. Dari sinilah kamu tak perlu mempertimbangkan banyak hal dengan ekspektasi yang terlalu tinggi mengenai tawaran pekerjaan tersebut. Selama pekerjaan ini dapat membuatmu mendapatkan penghasilan yang wajar dan layak, maka ambil saja pekerjaan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top