Peluang Usaha

Mengenal Angkringan Modern dan 5 Tips Memulai dan Mengembangkannya

angkringan-modern

angkringan modern/https://cloud.jpnn.com/

Mendengar kata angkringan, kita akan langsung teringat pada gerobak dan kursi sederhana atau lesehan dengan beragam menu olahan bakar dan goreng. Angkringan yang dulu berawal di kota Jogja, kini dengan perkembangannya telah bisa kita temui di hampir semua daerah di Indonesia. Perkembangan bisnis angkringan sendiri memang berjalan seiring dengan besarnya minat dari masyarakat. Dari sinilah kemudian kiat bisa melihat bermacam-macam jenis angkringan termasuk yang kini sedang viral yaitu angkringan modern. Lalu apa itu angkringan modern? Berikut informasi definisi, cara memulai dan mengembangkannya.

Perbedaan Angkringan Modern dan Angkringan Biasa

Untuk mengetahui apa itu angkringan modern, kita bisa mengetahuinya dengan cara membedakannya dengan angkringan biasa (konvensional). Perbedaan pertama bisa kita ketahui dari variasi menu yang dihadirkan. Pada angkringan biasa umumnya didapati beberapa menu seperti nasi kucing, bermacam-macam sate, gorengan dan juga minuman hangat. Sementara pada angkringan modern, menu-menu tadi sejatinya masih ada namun punya varian menu yang lebih lengkap, mulai dari lauk untuk nasi kucing atau varian sate.

Perbedaan lain bisa kita dapati dari keberadaan gerobak. Pada angkringan konvensional, akan didapati gerobak pinggir jalan dengan dilengkapi terpal dan beberapa tikar yang digelar untuk tempat lesehan. Sementara itu pada angkringan modern, tempatnya sudah dimodifikasi menjadi lebih kekinian seperti cafe. Jadi meski ada gerobak, namun akan terlihat lebih menarik karena adanya beberapa hal yang telah diperbarui. Keberadaan angkringan modern sendiri tidak melulu berada di pinggir jalan, tapi bisa di lokasi lain bahkan di mall.

Terakhir, perbedaan angkringan konvensional dan modern bisa kita lihat dari harga yang dihadirkan. Pada angkringan konvensional harga menu-menunya terbilang sesuai pasar. Sementara pada angkringan modern, harganya umumnya lebih mahal dari biasanya.

5 Tips Membuka dan Mengembangkan Angkringan Modern

  1. Pilih Lokasi Strategis

Tips pertama membuka angkringan modern adalah dengan memilih lokasi strategis. Cobalah sebisa mungkin untuk membuka angkringan di lokasi yang ramai dan mudah dijangkau orang, terutama di daerah yang menjadi target pasar Anda. Misalnya Anda menyasar kalangan muda, kamu bisa memilih daerah kampus atau mall.

  1. Tentukan Konsep

Angkringan modern memang harus menghadirkan sesuatu yang berbeda. Dari sinilah kemudian angkringan modern bisa muncul dengan berbagai konsep. Jadi cobalah untuk menghadirkan konsep tertentu pada angkringan modern seperti konsep industrial, monokrom atau tema lainnya.

  1. Pilih Properti Dagang

Setelah itu kamu juga perlu memilih properti yang akan digunakan untuk berjualan. Karena kamu memilih angkringan modern, kamu perlu menghadirkan beberapa properti yang berbeda. Sebisa mungkin pilihlah properti yang mampu menghadirkan sesuatu yang menarik dan estetik sehingga mampu menarik konsumen datang.

  1. Sediakan Beragam Menu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pada angkringan modern ini memang bisa didapati beragam menu yang berbeda dengan menu angkringan konvensional. Selain untuk menarik perhatian konsumen, ragam menu yang ada juga bisa membuat konsumen bisa memilih sesuai selera yang disukai.

  1. Hadirkan Cara Pembayaran yang Beragam dan Promo

Terakhir, tips memulai dan mengembangkan angkringan modern adalah dengan menghadirkan cara pembayaran yang beragam dan juga promo. Karena berjenis angkringan modern, maka kamu juga perlu menghadirkan beberapa metode pembayaran modern seperti melalui debit atau e-wallet. Selain itu agar menarik lebih banyak konsumen, sesekali kamu perlu menghadirkan promo seperti diskon, kupon atau yang lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top