Bisnis Online

Mengenal Inbound Marketing, Strategi Marketing Efektif di Era Digital Saat Ini

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, maka arus digital yang begitu kencang saat ini memang mau tak mau harus Anda ikuti agar bisa tetap eksis. Terus meningkatnya jumlah pengguna internet yang sudah mencapai 4,2 miliar (berdasarkan laporan We Are Social: The State of the Internet in Q4 2018 yang rilis Oktober 2018), membuat Anda harus segera menerapkan strategi marketing berkonsep digital. Salah satu strategi marketing digital yang efektif yang bisa Anda terapkan di era digital saat ini adalah inbound marketing. Apa itu inbound marketing? Berikut ulasannya.

Inbound Marketing

Inbound marketing sendiri adalah strategi marketing berbasis digital yang menekankan pada konten yang berkualitas guna mendatangkan target pasar. Dengan konten yang  dihadirkan di internet, maka dengan sistem yang ada di sana, para pencari informasi tertentu melalui dunia maya tersebut akan bisa menemukan Anda. Dari sini maka inbound marketing tidak membuat Anda yang mengejar audiens, namun justru audiens-lah yang akan mencari Anda melalui bantuan internet. Menarik bukan.

Inbound marketing sendiri berbeda dengan outbound marketing. Sebab pada outbound marketing seperti menelepon, membeli space iklan, email contact list, maka Anda yang akan keluar mencari dan menjangkau target pasar. Tapi pada inbound marketing ini Anda hanya perlu menghadirkan sebuah konten berkualitas untuk diposting ke website dan target pasar pun yang akan mencari Anda melalui konten tersebut.

Inbound marketing sendiri dahulu dikenal dengan sebutan SEO (Search Engine Optimization). Namun istilah ini berganti dengan inbound marketing yang lebih umum pada tahun tahun 2006 untuk sebuah metode pemasaran yang lebih efektif dalam bisnis online.

Aktivitas Online Penunjang Inbound Marketing

Untuk menjalankan inbound marketing yang berbasis digital ini, Anda memang harus siap menjalankan aktivitas online. Dan untuk memaksimalkan inbound marketing tersebut, maka kegiatan online ini tidak bisa dijalankan dengan hanya bertumpu pada satu hal saja. Nah berikut ini adalah beberapa aktivitas atau kegiatan online yang saling berkaitan dalam inbound marketing yang bisa Anda jalankan dengan tujuan meningkatkan bisnis online.

  • Melakukan aktivitas blog atau blogging.
  • Membuat konten berkualitas seperti artikel, video, infografik, dan lainnya untuk mendukung kegiatan blogging.
  • Jalankan aktivitas pemasaran media sosial baik itu melaui Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.
  • Jalankan SEO atau Search Engine Optimization.
  • Hadirkan landing page yang menarik.
  • Memelihara leads/database dengan sebaik-baiknya.
  • Jalankan aktivitas email marketing dari data base yang dimiliki dan jalin retensi yang baik.

Untuk mencapai hasil maksimal maka Anda harus menjalankan beberapa aktivitas online tadi dengan sungguh-sungguh. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeliharaan secara persuasif secara berkala pada pengguna internet yang sudah menjadi subscribers Anda. Pastikan Anda selalu menjalin retensi atau hubungan yang baik dengan subscribers. Pastikan pula Anda selalu mengirimkan informasi terkini terkait aktivitas bisnis Anda pada subscribers.

Efketivitas dan Efisiensi Inbound Marketing

Bicara mengenai efektivitas dan efisiensi inbound marketing ini, tentu tak perlu diragukan lagi. Modal penting untuk menjalankan inbound marketing ini memang bukan uang, tapi kreativitas bagaimana Anda bisa membuat dan menghadirkan konten yang berkualitas dan disukai publik. Berbeda bila Anda menjalankan outbond marketing, maka uang yang besar akan menjadi hal yang sangat diperlukan.

Tina Garg selaku Founder dan CEO Pink Lemonade sendiri menyatakan bahwa biaya cost-per-lead dari inbound marketing lebih terjangkau dibandingkan dengan pemasaran digital lainnya. Meski membutuhkan dana yang lebih terjangkau, namun efektivitas inbound marketing ini terbilang baik. Pasalnya, saat ini pasar memang sedang gemar mencari konten-konten yang menarik untuk sebuah kebutuhan informasi atau juga hanya sekedar sebagai hiburan di waktu luang. Nah dari sinilah inbound marketing yang mengandalkan konten sebagai modalnya, membuatnya lebih berpeluang menarik target pasar dengan waktu yang lebih lama atau langgeng.

Inbound marketing memang menawarkan nilai-nilai berkelanjutan yang sifatnya langgeng. Sebab, bila publik sudah menyukai konten-konten yang Anda hadirkan, maka mereka bisa menjadi followers atau subscriber yang itu artinya mereka sudah siap 90% untuk menjadi pelanggan bisnis Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: