Keuangan

Miliki 4 Mindset Ini Untuk Membuat Finansial Tetap Aman di Tahun 2021

mindset-keuangan-2021

mindset keuangan 2021/https://www.aces.edu/

Menghadapi tahun 2021 memang tak bisa kamu jalankan secara sembarangan. Mengingat kondisi perekonomian nasional yang masih terpuruk membuat kita harus tetap cermat untuk melakukan pengaturan keuangan. Maka untuk tetap membuat finansial tetap aman di tahun 2021 ini Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie menyatakan bahwa mindset merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Nah berikut mindset yang harus dimiliki seseorang untuk mencapai finansial yang sehat di tahun 2021.

  1. Seberapa Besar Pengeluaran

Pertama, mindset yang harus dimiliki untuk membuat finansial tetap aman di tahun 2021 menurut Prita Ghozie adalah memperhatikan seberapa besar pengeluaran.

“Pertama adalah kita harus memiliki mindset bukan masalah seberapa banyak kita menghasilkan uang, tapi seberapa besar pengeluaran penting kita, agar kita bisa tersadar bahwa kita masih memiliki kesempatan,” kata Prita.

  1. Karakter Keuangan

Mindset berikutnya yang perlu dimiliki adalah karakter keuangan yang kuat. Menurut Prita, mental dan karakter kuat ini berlaku untuk mereka yang sering terpengaruh hidup boros. Dalam hidup memang tak jarang ada orang-orang boros yang dapat mempengaruhi kita. Nah dari sinilah Prita menyatakan harus bisa bertahan dengan karakternya untuk mengamankan keuangan. Maka dari itu Prita menyatakan bahwa sangat penting untuk membatasi diri dalam membuat pengeluaran dan mau membereskan diri sendiri.

“Kalau diri kita sendiri sudah beres, barulah bereskan kondisi keuangan kita,” ujar Prita.

  1. Pilihan Terlihat Kaya atau Menjadi Kaya

Selanjutnya mindset yang harus dimiliki menurut Prita dalam menghadapi tahun 2021 adalah pilihan untuk terlihat kaya atau menjadi kaya. Saat ini memang banyak sekali ditemui orang-orang yang ingin terlihat kaya dengan tidak memperhatikan kondisi keuangannya. Hasilnya finansial mereka pun amburadul. Maka dari itu mental terlihat kaya ini mau tak mau harus disingkirkan dan diganti dengan mentalitas menjadi kaya.

  1. Terus Tingkatkan Pendapatan dan Atur Keuangan Sebaik Mungkin

Terakhir, mindset untuk capai finansial yang selalu sehat di tahun 2021 menurut Prita Ghozie adalah terus meningkatkan pendapatan dan mengatur keuangan sebaik mungkin. Meski punya penghasilan yang baik, tapi menurut Prita bila tidak bisa melakukan manage keuangan yang baik, hal ini akan membuat banyak perencanaan finansial jadi berantakan.

Ciptakan Cashflow yang Baik

Lebih lanjut Prita menyatakan bahwa keempat mindset di atas haruslah didukung dengan kemampuan diri untuk menciptakan cashflow yang baik. Nah untuk menghadirkan cashflow yang baik ini ada empat cara (4E) yang bisa dilakukan yakni :

  1. Easy

Maksudnya di sini seseorang tidak perlu lagi menyusahkan diri sendiri dengan mencari sertifikasi yang membutuhkan banyak biaya. Alih-alih mempersulit diri, kamu harus bisa segera mengerjakan apa yang bisa dilakukan saat ini. Carilah kemudahan untuk membuat penghasilanmu tidak terhambat.

  1. Excellent

Artinya kamu harus bisa melakukan apa yang sudah dikuasai meski dengan perlengkapan seadanya. Bahkan menurut Prita dengan alat dan bahan yang ada di rumah pun sebenarnya kita bisa membuat produk untuk dipasarkan.

  1. Earning

Berikutnya, cara menciptakan cashflow yang baik adalah earning atau pendapatan. Dalam kasus orang-orang yang berbisnis dari rumah, Prita memang sering menjumpai tidak adanya penghitungan yang dilakukan sehingga membuat cash flow tidak tercipta.

“Ketiga yaitu earning atau pendapatan. Banyak orang yang meski berbisnis dari rumah, tetapi tidak melakukan perhitungan, sehingga bisnisnya pun malah tidak menghasilkan dan pada akhirnya tidak menciptakan cash flow,” ucap Prita.

  1. Enjoy

Terakhir, seseorang yang ingin mencapai cash flow baik menurut Prita adalah dengan menikmatinya. Melakukan semua hal di atas memang harus dilaukan secara enjoy untuk menghindari stress yang dapat menghambat datangnya cash flow.

“Hal ini lah yang justru mengubah suasana hati hingga membuat stres. Stres inilah yang akan menghambat kita menciptakan cash flow,” jelas Prita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top