Keuangan

Tahun 2021, Buat Keuangan Lebih Baik dengan Jalankan 5 Kiat Ini

kiat-financial-2021

Financial 2021/https://www.thetimes.co.uk/

Tahun 2020 telah kita tinggalkan dan tahun baru 2021 telah menyambut. Dengan adanya tahun baru ini tentu kita harus lebih bersemangat lagi menjalankan hari demi hari. Tidak hanya memperbaiki sikap, tapi kita juga harus bisa memperbaiki keuangan atau finansial di tahun 2021 ini. Apalagi melihat pandemi yang belum berakhir, maka setiap orang diharapkan bisa bekerja lebih keras lagi untuk memperbaiki finansialnya. Untuk itulah Financial Consultant Prita Hapsari Ghozie memberikan beberapa kiat atau tips yang bisa dilakukan seseorang untuk membuat keuangannya lebih baik di tahun 2021. Nah berikut lima tips yang disampaikan Prita dalam dalam siaran video YouTube bertajuk Wajib Tonton! Tips Keuangan Tahun 2021.

  1. Pertahankan Sumber Pendapatan

Tips pertama untuk membuat keuangan lebih baik adalah dengan mempertahankan sumber pendapatan. Sumber pendapatan memang sesuatu yang sangat penting untuk dipertahankan di masa sekarang. Menurut Prita, dengan adanya sumber pendapatan maka seseorang bisa melanjutkan ke kiat-kiat berikutnya. Dan dengan kemampuan seseorang mempertahankan sumber pendapatan maka mereka bisa membentuk cashflow.

“Pertama adalah pertahankan sumber pendapatan. Dengan berhasil mempertahankan sumber pendapatan, maka kita bisa membentuk cashflow,” kata Prita.

  1. Mempersiapkan Dana Darurat

Setelah mempertahankan sumber pendapatan, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan dana darurat. Dana darurat ini memang penting untuk dipersiapkan, apalagi di masa pandemi yang belum berakhir dan menimbulkan ketidakjelasan. Perlu diketahui bahwa dana darurat sendiri berbeda dengan tabungan. Menurut Prita dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk musibah yang tak tahu akan dipakai kapan. Sedangkan tabungan yaitu dana yang bisa dipakai untuk jangka yang panjang.

  1. Persiapkan Asuransi Kesehatan

Berikutnya, kiat membuat keuangan jadi lebih baik di tahun 2021 yakni dengan mempersiapkan asuransi kesehatan. Di masa pandemi seperti ini Prita memang sangat menyarankan untuk memiliki fasilitas asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan maka kita bisa terlindung atau terproteksi dari hal-hal yang merugikan akibat kesehatan yang menurun atau memburuk. Tapi bila kamu tak mau menggunakan asuransi maka Prita menyarankan untuk membuat tabungan khusus untuk kesehatan.

“Khususnya para freelancer, itu enggak punya asuransi kesehatan atau BPJS kesehatan, mau enggak mau ya mereka harus punya tabungan yang dialokasikan untuk kesehatan,” ujar Prita.

  1. Dana Pendidikan Anak

Bagi yang sudah berkeluarga, Prita memang sangat menyarankan untuk memiliki dana pendidikan. Dana pendidikan yang terus naik memang harus diantisipasi dengan sebuah simpanan berupa dana khusus pendidikan. Dana pendidikan ini sendiri bisa kamu wujudkan entah itu berupa asuransi atau tabungan pendidikan. Menurut Prita, hidup akan terus berjalan dan anak-anak yang akan terus bersekolah membuatmu wajib mempersiapkan dan mengeceknya secara berkala.

  1. Membuat Dana Pensiun

Terakhir, kiat menciptakan keuangan lebih baik di tahun 2021 adalah dengan membuat dana pensiun. Meski masih muda, kamu memang perlu memikirkan masa depan. Dengan membuat dana pensiun maka kamu tak perlu lagi membuat anak terjebak ke dalam sandwich generation. Tapi untuk bisa menyongsong masa pensiun di masa depan yang lebih baik, kamu perlu mempersiapkan dana ini sedini mungkin.

Itulah beberapa tips dan kiat dari Prita Hapsari Ghozie untuk membuat keuangan yang lebih baik di tahun 2021. Sekali lagi dengan keadaan perekonomian yang belum kunjung membaik maka mau tak mau kita harus berjuang untuk hidup dan finansial ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top