Lainnya

Miliki 5 Tanda Ini? Berarti Anda Adalah Pekerja Cerdas!

tanda-pekerja-cerdas

Bekerja bagi sebagian orang adalah hal yang membosankan dan menjenuhkan. Ini karena mereka harus menghabiskan banyak waktu untuk aktivitas bekerja tersebut. Tapi hal ini tidak berlaku bagi seorang pekerja yang cerdas. Sebab, bagi pekerja cerdas, bekerja adalah rutinitas yang menyenangkan. Dengan strategi kerja yang smart, para pekerja cerdas punya cara bagaimana menjadikan aktivitas bekerja lebih efisien sehingga menyenangkan. Dari kerja yang efisien ini memang mereka bisa mendapatkan hasil optimal tanpa harus bekerja dengan berlebihan. Tapi seperti apakah para pekerja yang cerdas itu? Untuk mengetahui seorang pekerja cerdas, kita bisa melihatnya dari beberapa ciri atau tanda berikut ini.

  1. Waktu Bekerja Tidak Lebih Banyak Dari Orang Lain

Tanda atau ciri pertama dari para pekerja cerdas adalah memiliki waktu bekerja yang tidak berlebihan atau tidak lebih banyak dari orang lain. Kemampuan manajemen waktu dan juga kedisiplinan bekerja serta cara mengerjakan yang efketif, membuat para pekerja cerdas ini pintar untuk membuat pekerjaannya jadi lebih optimal. Dengan penghasilan yang sama besarnya dengan pekerja lain, para pekerja cerdas tak perlu sampai lembur untuk bisa mendapatkan tambahan pendapatan. Dengan waktu yang tidak berlebihan dan hasil yang sama, maka para pekerja cerdas ini punya banyak keuntungan. Pasalnya, mereka bisa melakukan kegiatan lain yang bermanfaat selain bekerja.

  1. Piawai Mendelegasikan Pekerjaan

Seorang pekerja cerdas yang merupakan owner dari sebuah usaha atau bisnis akan memiliki kemampuan di atas rata-rata. Mereka para owner sekaligus pekerja cerdas ini bisa dikenali dari tandanya yang piawai mendelegasikan pekerjaan. Seorang pebisnis memang harus sebisa mungkin mampu mendelegasikan tugas kepada orang lain. Semakin pintar mereka mendelegasikan tugas dan pekerjaan kepada orang lain maka semakin cerdas dan nyata mereka untuk menjadi seorang pebisnis sejati. Karena hakikat penisnis atau CEO sejati pada akhirnya adalah menjadi seorang yang mampu mendelegasikan pekerjaan termasuk pekerjaannya dengan baik pada orang lain.

  1. Tidak Perlu Habiskan Jam Kerja Hanya Untuk Bekerja

Berikutnya, tanda seorang pekerja cerdas adalah kemampuannya mengatur waktu sehingga mereka tak perlu lagi menghabiskan jam kerja hanya untuk bekerja. Bagi mereka jam bekerja ada beragam waktu yang harus dimanfaatkan dengan baik. Sebut saja jam istirahat siang atau juga jam istirahat sore. Nah seorang pekerja cerdas pasti tak akan melewatkan waktu-waktu istirahat tersebut. Para pekerja cerdas ini melakukan aktivitas di luar jam kerja tersebut tanpa meninggalkan pekerjaannya. Jadi ketika mereka istirahat, mereka tak akan khawatir pekerjaannya menumpuk karena mereka sudah menyelesaikannya dengan baik. Bukan hanya tak melewatkan waktu di luar jam kerja, dengan kemampuannya mengatur waktu, para pekerja cerdas ini hampir juga dipastikan tak pernah pulang kantor sampai larut malam. Alih-alih lembur, dengan kerjanya yang efektif dan efisien, para pekerja cerdas ini bisa jadi pulang kantor lebih pagi dibanding rekan-rekan kerja kantor lainnya.

  1. Cerdas Memanfaatkan Waktu Di Luar Jam Kerja

Karena banyaknya waktu di luar jam kerja, maka para pekerja cerdas ini sering kali punya serangkaian agenda atau kegiatan bermanfaat lain. Menariknya, beberapa kegiatan di luar kantor yang juga bermanfaat ini juga dipakai oleh para pekerja cerdas dengan baik dan optimal. Hal ini mereka lakukan dengan dasar dan keyakinan bahwa mereka juga tidak boleh terlena dengan apa yang dilakukan. Dengan dasar pemahamannya bahwa pada hari dan jam bekerja mereka harus produktif, maka kegiatan di luar jam kerja ini dilakukan tanpa berlebihan. Untuk memilih dan menjalankan aktivitas di luar jam kerja sendiri, para pekerja cerdas ini tak mau sembarangan. Mereka pastinya akan menyeleksi dengan ketat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berguna bagi kehidupannya dan untuk peningkatan diri.

  1. Punya Keseimbangan Hidup yang Baik

Terakhir, tanda seorang pekerja cerdas adalah punya keseimbangan hidup yang baik. Karena mereka para pekerja cerdas ini punya banyak waktu di luar jam kerja, maka memang ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa mereka lakukan untuk menyeimbangkan hidupnya. Selain beristirahat, para pekerja cerdas ini juga sangat optimal untuk menjalankan beberapa aktivitas bermanfaat lain seperti berolahraga, beribadah atau yang lainnya. Dari beberapa kegiatan menjaga pola hidup sehat jasmani dan rohani inilah maka para pekerja cerdas pun bisa meraih keseimbangan hidup dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top