Lainnya

Pakai Asuransi Saat Belanja Online, Ini 4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan

manfaat-asuransi-belanja-online

asuransi belanja online/https://economictimes.indiatimes.com/

Belanja online saat ini memang sedang diminati banyak orang. Di tengah ancaman penularan Covid-19 di masa pandemi sekarang membuat belanja online semakin meningkat transaksinya. Ketika melakukan belanja online sendiri akan ada penawaran asuransi untuk diambil pembeli atau buyer. Sayangnya tidak banyak orang yang kemudian mengambil asuransi tersebut. Dengan alasan menambah beban biaya pemesanan, akhirnya mereka melakukan pembelian tanpa asuransi. Padahal bila dipahami, asuransi ini punya banyak manfaat. Nah berikut beberapa manfaat dari memiliki asuransi saat belanja online.

  1. Mencegah Kerugian

Manfaat pertama dari asuransi saat belanja online adalah mencegah kerugian. Belanja online memang memiliki risiko karena produk yang dibeli tidak bisa kita lihat dan rasakan secara langsung. Dari sinilah peluang kerugian karena barang yang tidak sesuai, rusak atau bahkan hilang/tidak terkirim bisa saja muncul. Tentu saja ketika risiko ini menghampirimu maka akan muncul kerugian. Tapi bila kamu menggunakan asuransi saat belanja online, maka akan ada proteksi atau perlindungan pada produk yang kamu beli. Jadi bila barang tidak sesuai, kamu bisa mengajukan pengembalian barang/dana tanpa adanya biaya tambahan lain. Sementara bila barang hilang/tak terkirim maka akan ada penggantian dana dari pihak asuransi.

  1. Lebih Tenang dan Tak Takut Kehilangan

Seperti disinggung sebelumnya bahwa dalam pembelian online ini risiko barang hilang tidak bisa dihindarkan. Nah  saat barang hilang maka kerugian yang ditanggung bisa lebih besar. Tapi bila kamu menggunakan asuransi dalam pembelian online maka kamu tak perlu takut lagi bila barang hilang. Ini dikarenakan produkmu yang hilang akan diganti dengan dana sesuai harga pembelian.

  1. Mengurangi Rasa Khawatir Barang Rusak

Selain barang hilang, risiko yang bisa muncul dalam pembelian online adalah barang yang rusak. Meski sudah diberi pengaman, hal tersebut bukan jadi jaminan bahwa barang akan sampai ke tanganmu dalam kondisi baik. Sebab dalam proses pengiriman barang, ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi barang. Apalagi bila kamu membeli barang-barang yang berisiko seperti produk pecah belah atau elektronik, maka risiko kerusakan bisa lebih tinggi. Tapi bila kamu menggunakan asuransi pembelian, hal ini akan meminimalisir kerusakan yang terjadi. Sebab dengan asuransi maka pembelianmu akan terproteksi dengan tanggung jawab dari pihak seller dan asuransi bila terjadi kerusakan.

  1. Pengembalian Barang atau Dana Bila Tak Sesuai

Terakhir, manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan asuransi dalam pembelian online adalah dapat mengajukan pengembalian barang atau dana bila produk yang diterima tidak sesuai. Saat menerima barang dari pembelian online tak menutup kemungkinan juga didapati produk yang tidak sesuai seperti yang dipesan. Nah dari sini ketika kamu menggunakan asuransi, kamu tak perlu binggung lagi. Ajukan saja pengembalian atau penukaran barang kepada pihak seller. Bagaimana bila produk yang dipesan habis? Jangan khawatir juga karena kamu bisa mengajukan pengembalian dana. Nantinya akan ada dana yang akan dikembalikan ke kamu sesuai harga barang yang dibeli.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan asuransi dalam pembelian online. Dari sini maka kamu yang akan melakukan pembelian online, terutama pada barang-barang yang berisiko, akan sangat menguntungkan bila kamu memakai asuransi. Harga atau biaya asuransi dalam pembelian online sendiri tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan tingkat risiko kerugian yang harus kamu tanggung.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top