Bisnis Online

Pandemi Membuat Omset Bisnis Jeblok, Coba Lakukan 5 Cara Ini untuk Menaikkannya

cara-naikkan-omset-masa-pandemi

cara naikkan omset masa pandemi/https://lifepal.co.id/

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat semuanya berjalan sulit. Bagi sebagian besar pengusaha, wabah virus corona ini merupakan pukulan yang sangat telak. Dengan pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak lambat menjadikan beberapa pengusaha harus menerima konsekuensi jebloknya omset. Tentu hal ini merupakan problem yang harus segera diatasi jika tak ingin mengalami kebangkrutan. Untuk itulah saat kamu mendapati omset yang terus menurun, kamu perlu segera bertindak mencari jalan keluarnya. Nah berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jebloknya omset pada bisnis.

  1. Digitalisasi Bisnis

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengatasi jebloknya omset bisnis adalah melakukan digitalisasi. Pandemi ini memang membuat orang malas keluar rumah. Nah bila kamu selama ini menjalankan bisnis hanya dengan teknik offline saja, maka pastikan untuk terjun ke dunia digital. Untuk mendigitalisasi bisnis ini tentu kamu memerlukan beberapa perangkat seperti smartphone atau laptop dan juga jaringan internet. Nah untuk media atau perantara yang bisa kamu pilih dalam digitalisasi bisnis ini cukup banyak. Kamu bisa memilih media sosial atau marketplace atau juga website sendiri. Dengan mendigitalisasi bisnis maka peluangmu untuk kembali menaikkan omset akan terbuka lebar karena pangsa pasar online sekarang yang terus meningkat.

  1. Mendaftar Sebagai Mitra Ojol

Kamu yang selama ini menjalankan bisnis kuliner secara langsung ke konsumen, maka di masa pandemi seperti sekarang perlu mencoba metode kemitraan bersama ojol. Dengan bermitra dengan ojol baik itu GoFood atau Grab, maka produk kulinermu bisa dicari konsumen via aplikasi. Nah ketika produkmu bisa dicari via aplikasi ojol maka peluangmu untuk meningkatan penjualan dan omset akan semakin besar. Tapi untuk menjalankan cara ini kamu perlu mendaftar dulu sebagai mitra ojol dengan melengkapi beberapa persayaratan yang ditetapkan.

  1. Pikirkan Bidang Bisnis Lain

Berikutnya, cara untuk bisa membuat omset jeblok kembali meningkat di masa pandemi adalah dengan mencari bidang bisnis lain. Ketika bisnismu benar-benar terdampak maka mau tak mau kamu harus mencari solusi atau alternatif bisnis lain. Alternatif bisnis lain ini kamu ambil untuk bisa menutupi minimnya omset di bisnis utama. Karena memang kondisi pandemi yang tidak menguntungkan, maka kamu tak perlu ragu untuk menjalankannya. Satu hal lagi kamu juga tak perlu ragu untuk melompat ke bisnis yang berbeda bidangnya dengan bisnis utama. Namun supaya bidang bisnis lain yang kamu jalankan ini benar-benar dapat membantu kas perusahaan, pastikan untuk mencari dan memilih yang benar-benar produktif.

  1. Buat Agenda Promo

Jebloknya omset ini tentu dikarenakan tingkat pembelian yang menurun. Nah untuk bisa menaikkan kembali omset kamu perlu menarik kembali pembeli atau pelanggan. Untuk bisa menarik kembali pelanggan ini kamu perlu memberikan sesuatu yang spesial pada mereka berupa promo. Promo yang bisa kamu hadirkan dapat berwujud potongan harga, cashback, undian berhadiah dan lainnya. Tapi untuk menerapkan cara ini kamu perlu terlebih dulu memperhitungkannya dengan baik.

  1. Investasi

Terakhir, cara yang bisa kamu jalankan untuk mengatasi omset bisnis yang menurun akibat pandemi ini adalah dengan berinvestasi. Walaupun ada risiko yang dalam kegiatan investasi, tapi kamu tak perlu ragu untuk menjalankannya. Hal ini dikarenakan ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk meminimalisir risiko tersebut. Tapi karena dalam situasi pandemi seperti sekarang, kamu harus jeli dan cermat melihat serta memilih investasi yang cuan dan menguntungkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top