Keuangan

Racun Belanja, Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Tak Terpengaruh dengan Promo

cara-tidak-terpengaruh-promo

cara agar tidak terpengaruh promo/https://economy.okezone.com/

Harga promo saat ini memang banyak ditemui dimana-mana. Banyaknya pihak yang menghadirkan harga promo untuk menarik konsumen ini menjadikan beberapa orang menjadi sangat konsumtif. Membeli harga promo memang bisa menghemat pengeluaran bila dilakukan dengan wajar dan tepat. Tapi sayangnya dalam kenyataan di lapangan tidak sedikit orang yang menjadi kalap saat ada banyak promo menghampiri. Ketika kalap inilah kemudian orang tersebut kemudian menjadi tidak bijak dalam berbelanja dan membuat pengeluarannya jadi tak terkendali. Dari sinilah maka Anda yang tergolong orang-orang yang tak tahan melihat promo perlu melakukan siasat. Nah berikut ada 5 hal yang bisa dilakukan agar Anda tidak terpengaruh dengan harga promo yang bisa menjadi racun belanja.

  1. Ingat Prinsip Kebutuhan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar tak terpengaruh dengan harga promo adalah dengan selalu mengingat prinsip kebutuhan. Anda memang harus selalu mementingkan kebutuhan dibanding keinginan. Ketika harga promo ini muncul memang seringkali yang muncul adalah hasrat untuk memenuhi keinginan. Sebab sangat mungkin barang-barang yang dipromokan bukanlah sesuatu yang kita butuhkan. Nah orang-orang yang tidak tahan dengan promo ini pastinya hasrat belanjanya langsung muncul saat melihatnya, meski barang yang dipromokan tersebut bukan yang dibutuhkan. Maka dari itu ketika hasrat ini muncul cobalah kembali mengingat prinsip kebutuhan. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan yang ada dulu sebelum membeli barang-barang yang diinginkan, meskipun itu promo.

  1. Unfollow Akun Penyebar Diskon

Anda yang mengikuti atau memfollow akun-akun penyebar diskon di media sosial harus melakukan unfollow. Dengan melakukan unfollow maka Anda tidak akan melihat lagi informasi atau notifikasi promo yang dihadirkan akun tersebut. Keinginan dan hasrat untuk berbelanja memang bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah informasi dari akaun-akun di media sosial. Bila Anda masih saja memfollow akun tersebut, maka setiap harinya Anda akan terus dihantui dengan promo-promo yang bermunculan. Untuk itulah harapan Anda untuk stop berbelanja perlu disertai usaha melakukan unfollow akun penyebar diskon.

  1. Hiraukan Pemberitahuan Promo

Berikutnya, hal yang harus dilakukan agar tak terpengaruh dengan promo adalah dengan menghiraukan pemberitahuannya. Bila Anda tidak bisa melakukan unfollow karena pemberitahuan itu muncul dari WhatsApp, SMS dan media lainnya, maka Anda harus mengacuhkan atau menghiraukannya. Bila perlu Anda harus segera menghapus pesan yang menginformasikan promo tersebut agar keinginan belanja itu langsung sirna. Sebab bila semakin lama Anda melihatnya maka akan semakin besar hasrat belanja itu akan muncul. Setelah Anda menghapus notifikasi atau pemberitahuan itu, Anda tak perlu kepo lagi dengan bertanya kepada teman mengenai promo itu. Sebab dengan bertanya, itu sama saja Anda memanggil lagi pemberitahuan tadi dengan bentuk ucapan yang lebih menggoda.

  1. Fokus Belanja Kebutuhan saat di Modern Market

Promo sendiri sekarang bisa kita dapati di pasar-pasar moden baik itu minimarket atau swalayan. Nah dari sini maka ketika seseorang datang ke modern market, maka mereka bisa berpeluang tergoda untuk berbelanja barang-barang promo yang sebenarnya tidak butuhkan. Jadi Anda yang merencanakan berbelanja di modern market tersebut, harus berfokus belaja kebutuhan saja. Jangan mengalihkan padangan dan fokus Anda ke mana-mana saat berada di modern market tersebut. Sebab, bila Anda tidak fokus pada daftar belanja kebutuhan, maka racun belanja berwujud barang-barang promo di modern market tersebut akan menjadikanmu kalap.

  1. Hindari Bepergian Keluar Rumah

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan agar tidak terpengaruh dengan promo adalah dengan menghindari berpergian keluar rumah. Di luar rumah memang akan banyak godaan berupa racun belanja yang bisa mempengaruhimu. Dari sini maka memilih untuk tinggal di rumah akan menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menghindari belanja atau pengeluaran uang. Tapi jika Anda tetap nekat keluar rumah maka meski Anda berniat tidak akan berbelanja, godaan promo tadi bukan tidak mungkin akan membuatmu berubah pikiran. Jadi untuk langkah aman lebih baik Anda tidak keluar rumah saja guna menghindari kemungkinan kehilafan Anda berbelanja.

Itulah 5 hal yang bisa Anda lakukan agar tak terpengaruh dengan harga promo. Promo memang bisa menjadi racun belanja yang dapat membuat pengeluaran dan keuangan menjadi tak karuan. Biasanya orang-orang yang kalap belanja promo ini memang akan melakukan pembelian barang-barang tak penting yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: