Lainnya

Sedang Merencanakan Kerja Tim? Perhatikan Pengaruh 6 Faktor Penting Ini

teamwork

Untuk mencapai tujuan pertumbuhan bisnis atau perusahaan maka kerja tim atau teamwork menjadi salah satu cara yang sering ditempuh oleh pemilik usaha. Dengan kerja tim atau teamwork yang dijalankan oleh beberapa karyawannya, memang tugas-tugas yang besar akan bisa diselesaikan dengan lebih efektif dibandingkan dengan kerja sendiri-sendiri. Tapi untuk bekerja secara tim ini tidaklah mudah untuk diterapkan. Pasalnya, tidak setiap orang atau karyawan memiliki skill teamwork yang baik. Maka dari itu Anda yang sedang merencanakan kerja tim, haruslah memperhatikan beberapa faktor penting berikut ini.

  1. Komunikasi

Pertama, faktor penting yang perlu Anda perhatikan saat merancang kerja tim yaitu komunikasi. Komunikasi memang menjadi faktor paling penting dalam teamwork. Bila komunikasi diantara karyawan buruk maka akan sulit untuk mencapai hasil maksimal dalam kerja tim tersebut. Dalam kerja tim ini memang setiap karyawan perlu saling mendukung. Tapi bila tidak komunikasi yang baik, bagaimana mungkin diketahui ada karyawan yang membutuhkan dukungan karyawan lain. Maka dari itu untuk bisa saling mendukung maka karyawan yang terlibat dalam tim harus menjalin komunikasi yang baik. Jadi ketika ada karyawan yang mendapati kesulitan, maka ia harus langsung mengkomunikasikannya pada karyawan lain. Dari sinilah maka karyawan lain akan membantu dan kerja tim ini akan sukses dijalankan.

  1. Rasa Saling Percaya dan Saling Menghormati

Dalam kerja tim maka setiap orang atau pekerja yang menjalankannya memang harus memiliki rasa saling percaya dan saling menghormati. Karena sudah disepakati tugas masing-masing, maka diantara karyawan memang harus sudah saling percaya. Tidak lupa pula sesama karyawan juga harus saling menghormati peran dan tugas yang dijalankannya. Dengan adanya rasa saling percaya dan saling menghormati akan tugas dan peran masing-masing ini maka akan lebih mudah bagi ketua tim dalam melakukan koordinasi sehingga project teamwork pun berpeluang lebih besar untuk sukses.

  1. Rasa Memiliki

Meski ada struktural yang mengharuskan beberapa karyawan menjabat posisi tertentu dalam kerja tim ini, tapi agar project berhasil dengan optimal perlu dibangun rasa saling memiliki antar sesama. Project yang dikerjakan secara tim memang bukan saja hak milik ketua saja. Tapi karena ini teamwork maka peran ketua akan sia-sia tanpa didukung oleh bawahannya. Maka dari itu agar tidak terjadi upaya saling klaim yang bisa menyebabkan perpecahan, maka rasa saling memiliki atas project ini haruslah dibangun. Jangan sampai ada satu pun dari anggota tim yang berhak mengklaim project atau hasilnya, meskipun itu ketua tim. Saat semua pekerja dalam project teamwork ini memiliki rasa memiliki, maka peluang mendapatkan hasil yang optimal akan semakin besar.

  1. Pemahaman Peran Masing-Masing

Selanjutnya, faktor penting yang perlu diperhatikan dengan seksama dalam kerja tim yakni pemahaman akan peran masing-masing. Jika tugas sudah dibagi maka setiap pekerja memang harus memahami peran dengan melaksanakan tugasnya tersebut. Jangan sampai mengganggu peran dan tugas pekerja lain. Hal ini dikarenakan bila ada pekerja yang mengganggu peran dan tugas pekerja lain maka hal ini bisa menimbulkan perpecahan. Dan bila perpecahan sudah terjadi maka kerja tim pun bisa jadi akan berantakan dan gagal.

  1. Kolaborasi dan Saling Dukung

Alih-alih saling klaim dan mengusik tugas pekerja lain, project yang dijalankan dengan kerja tim harus menghadirkan anggota yang saling berkolaborasi dan saling dukung. Berkolaborasi memang akan membuat pekerjaan yang mulanya berat menjadi lebih mudah. Apalagi bila kolaborasi ini didukung oleh semangat saling dukung. Pastinya, project akan lebih cepat untuk diselesaikan. Jadi supaya project kerja tim ini berhasil dengan optimal maka pastikan faktor kolaborasi dan saling dukung ini tertanam pada setiap karyawan atau pekerja.

  1. Fokus pada Tujuan Bersama

Terakhir, faktor penting dalam merencanakan kerja tim yang harus diperhatikan adalah fokus pada tujuan bersama. Dalam kerja tim apapun wujudnya memang akan berpangkal pada tujuan terselesaikannya project dengan baik. Nah bila setiap karyawan atau pekerja dalam mengerjakan project selalu berfokus pada tujuan bersama, maka hal ini akan membuat peluang keberhasilan kerja tim lebih mudah. Tapi sebaliknya bila karyawan hanya egois pada tujuan dirinya maka hal ini akan sulit untuk membuat project terselesaikan dengan hasil terbaik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: