StartUp dan UKM

Selain Kaya, Mereka Buktikan Pebisnis Sukses Juga Harus Peduli Sosial

Sebagai seorang pebisnis memang penting untuk meraup keuntungan secara maksimal. Biarpun begitu pebisnis ulung ini tak hanya mengedepankan masalah uang. Mereka juga peduli dengan sekitar. Tak jarang harta yang dimilikipun disisihkan untuk disumbangkan. Jumlah donasinya bahkan bisa sampai setengah harta yang dimiliki. Gak percaya? Coba deh cek beberapa kegiatan social yang dilakukan pebisnis ternama dunia dibawah ini!

Bill Gates

Nama Bill Gates selalu mencuat bila membicarakan orang-orang kaya.Bill Gates beberapa kali dinobatkan sebagai pebisnis terkaya di dunia. Bill Gates lah penemu Microsoft yang kini biasa anda gunakan untuk mengerjakan tugas kantor.  Menurut majalah Forbes 400 selama 24 tahun berturut-turut Bill Gates menduduki posisi pertama orang terkaya di dunia. Kini posisinya telah digeser oleh pendiri Amazon yakni Jeff Bezos.

Selama akhir tahun 2018 Bill Gates terhitung menyumbangkan USD 35.8 miliar atau setara dengan Rp.545.1 triliun. Angka ini mengklaim Bill Gates sebagai orang paling dermawan di US. Tak hanya itu saja mencuatnya virus corona juga menarik Bill Gates untuk ikut peduli.

Melalui Bill and Melinda Gates Foundation, pasangan suami istri ini menyumbangkan USD 10 juta atau Rp.136 miliar untuk mengatasi wabah coronavirus.Sumbangan tersebut dialokasikan untuk dana darurat dan dukungan teknis di Tiongkok terkait menahan penyebaran coronavirus.

Jack Ma

Pemilik Alibaba yakni ecommerce terbesar di China juga kerap berdonasi. Mantan guru ini menyumbangkan hartanya untuk menahan penyebaran coronavirus hingga Rp 197,28 Miliar. Dana Jack Ma dipergunakan untuk membiayai para ilmuwan mengembangkan vaksin yang berguna melindungi penyakit menular.

Jadi dari sumbangan Jack Ma selain dipakai untuk para ilmuwan juga digunakan untuk dukungan teknis.  Sebelumnya Jack Ma pernah menyumbangkan dana 1 miliar Yuan atau US$ 145 juta kepada sepak bola China.  Jack Ma memiliki yayasan yang pada 2017 lalu berdonasi sekitar USD 45 juta untuk membantu dunia pendidikan di China khususnya kawasan pedesaan.

Tahir

Tahir merupakan pengusaha asal Indonesia sekaligus pendiri Mayapada Group. Ia memiliki kekayaan bersih senilai USD 5 miliar. Ayah dari 4 orang anak ini kabarnya pernah menyumbang Rp.1 triliun. Ia bersama Bill Gates membentuk Indonesia Health Fund yakni wadah untuk orang kaya beramal dalam program kesehatan.

Melalui yayasan ini maka sumbangan disalurkan untuk menanggulangi demam berdarah, TBC, HIV-AIDS, malaria hingga keluarga berencana. Tidak hanya itu saja pada 2019 lalu Tahir Foundation mampu menyumbang Rp.5 miliar untuk pengungsi Palestina. Tahir memang dikenal sering membagikan hartanya kepada orang yang membutuhkan. Dulunya ia juga orang susah namun mampu mengubah nasibnya hingga masuk dalam daftar  orang terkaya di Indonesia.

Jeff Bezos

Biarpun menjadi orang terkaya nomor satu di dunia namun bila dibandingkan dengan orang kaya lainnya Jeff Bezos paling kecil menyumbang. Drai kurun waktu 2000-2018 saja ia hanya menyumbangkan 0.12 % dari kekayaan bersihnya. Bila dibandingkan dengan Warren Buffet saja nilai sumbangan Jeff masih kalah jauh. Biarpun begitu sumbangan Jeff dinilai cukup besar yakni USD 98.5 juta atau Rp.1.3 triliun pada tahun lalu.

Besaran sumbangan ini akan dipakai untuk kegiatan filatropi. Bila dibandingkan dengan kekayaan Jeff sumbangan ini hanya 0.09 %. Mengingat saham Jeff pernah anjlok pada tahun lalu. Biarpun begitu tak bisa dipungkiri bagi pebisnis handal dan sukses menjadi dermawan itu penting. Selain pebisnis diatas beberapa selebritis dunia juga gemar berdonasi. Jumlah donasinya tak jarang bahkan hingga satu miliar rupiah yang biasanya berfokus pada bencana alam.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: