Lainnya

Sudah Raih Sukses? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

pebisnis-sombong

Kesuksesan adalah dambaan setiap orang termasuk kita semua. Dengan pencapaian sukses yang diraih maka memang akan muncul sebuah kebanggaan dan kegembiraan. Meskipun ada banyak hal yang bisa kita lakukan dari pencapaian sukses yang diraih ternyata dalam kesuksesan itu sendiri ada beberapa hal yang perlu kita jaga dan sebisa mungkin untuk dihindari. Mengapa demikian? Sebab dalam sukses ini terdapat beberapa nilai yang ternyata lebih penting dari pada arti kesuksesan itu sendiri. Meski kesuksesan yang Anda raih adalah hasil kerja keras sendiri, namun hakikat sukses yang sejati mengharuskan sesorang memiliki sebuah kekuatan karakter yang lebih dan sesuai dengan nilainya. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang seharusnya dihindari oleh siapa pun yang sudah meraih sukses.

  1. Sombong

Hal pertama yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang telah meraih sukses adalah sombong. Kesuksesan memang sering kali membuat seseorang yang meraihnya jadi merasa paling jumawa. Tentu perasaan paling jumawa ini bukanlah hal yang baik karena merupakan bentuk dari sifat sombong. Sifat sombong yang mengagungkan diri sendiri dan menganggap orang lain lebih rendah memang merupakan sesuatu yang tidak terpuji. Sebab sesukses apapun Anda, dengan kesombongan, Anda akan dinilai sebagai pribadi yang tak pantas. Kesuksesan yang Anda raih sendiri sebenarnya ada banyak faktor yang mendukungnya. Paling tidak ada kuasa dan keterlibatan dari Tuhan dalam kesuksesan yang Anda raih. Jadi kesombongan yang Anda perlihatkan itu sebenarnya sangat tak pantas. Kesombongan sendiri bukan tidak mungkin akan mengantarkan Anda pada kehancuran.

  1. Menyia-nyiakan Keluarga

Seseorang yang telah meraih sukses seharusnya lebih mengerti pentingnya keluarga dalam kehidupannya. Sebab dalam pencapaian sukses yang diraihnya, tentu keluarga juga memiliki andil besar. Bahkan kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tidak sedikit seseorang yang sukses setelah berkeluarga. Maka dari itu mengingat pentingnya peran keluarga dalam kehidupan dan pencapain sukses, Anda pun tak boleh menyia-nyiakannya. Alih-alih menyia-nyiakan keluarga, ketika meraih sukses, Anda harus lebih perhatian pada keluarga. Dengan lebih memperhatikan keluarga maka Anda akan bisa lebih bisa meraih kesuksesan yang lebih besar lagi. Tapi bila Anda kemudian menyia-nyiakan keluarga, maka hal ini bisa menjadikan bisnis Anda jadi hancur hingga kemudian gulung tikar.

  1. Berfoya-foya

Berikutnya, hal yang harus Anda hindari saat sukses adalah berfoya-foya. Walaupun Anda memiliki uang banyak dari raihan kesuksesan, bukan berarti Anda lantas berfoya-foya. Sebab foya-foya yang menghamburkan uang ini bisa memunculkan karakter buruk dalam manajemen finansial. Seperti kita ketahui eksistensi bisnis juga sangat ditentukan oleh kepintaran seseorang untuk melakukan pegelolaan keuangan. Bila Anda lantas berfoya-foya disaat Anda sukses, maka sebenarnya Anda belum memandang jauh ke depan. Sebab bisnis yang sukses pun bisa runtuh karena keuangan perusahaan yang lantas terpuruk akibat kelelaian Anda berfoya-foya.

  1. Pelit Beramal

Untuk membuat kesuksesan bertahan lama maka banyak orang menyarankan untuk rajin beramal dan berdekah. Kenapa harus beralam? Sebab dalam uang yang Anda dapatkan dari kesuksesan tersebut ada hal orang lain yang harus dikeluarkan. Dengan mengeluarkan uang untuk orang yang membutuhkan dengan konsep beramal ini maka Anda akan bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih berkah. Ketika keberkahan sudah Anda dapatkan maka kesuksesan yang Anda raih pun bisa terus langgeng. Namun bila Anda pelit beramal maka jangan salahkan bila kemudian bisnis Anda mengalami banyak kesulitan demi kesulitan yang datan. Dari kesulitan demi kesulitan karena pelitnya beramal, bukan tidak mungkin kesuksesan yang ada akan berubah menjadi keterpurukan.

  1. Berhenti Belajar

Terakhir, hal yang tidak boleh Anda lakukan saat berada di puncak kesuksesan adalah berhenti belajar. Dengan dunia yang semakin dinamis sebenarnya justru membuat siapa pun diharuskan untuk terus meng-update wawasannya. Nah salah satu cara untuk bisa selalu meng-update wawasan adalah belajar. Belajar memang proses yang harus selalu dijalankan oleh setiap orang masih hidup di dunia. Dengan terus belajar maka Anda akan bisa memiliki banyak wawasan dan akhirnya dapat Anda gunakan untuk mendukung meraih sukses yang lebih cerah. Tapi bagi orang yang tidak mau belajar lagi maka akan bisa membuat mereka seiring waktu akan tersingir dari persaiangan atau kompetisi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top