Lainnya

Tak Mau Bisnis Gagal? Segera Tinggalkan 5 Sifat Buruk Ini dalam Diri Anda

sombong

Dalam bisnis memang ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan kesuksesan. Tidak hanya pada faktor luar, tapi faktor intern dalam diri pebisnis juga bisa mempengaruhi sukses-tidaknya Anda menjalankan wirausaha. Dalam diri pebisnis sendiri memang ada beberapa sifat yang seharusnya perlu diwaspadai. Ini karena sifat tersebut dapat membuat Anda mengalami kegagalan dalam bisnis bila tidak segera ditinggalkan. Mengapa demikian? Sebab beberapa sifat tersebut merupakan hal-hal yang buruk secara nilai dan etika manusia. Maka dari itu seperti yang dijelaskan, bila Anda memiliki sifat-sifat yang akan disebutkan di bawah ini, sebaiknya Anda tinggalkan supaya Anda terhindar dari kegagalan. Berikut beberapa sifat buruk yang perlu Anda tinggalkan saat menjalankan bisnis.

  1. Sombong

Sifat buruk pertama yang harus Anda tinggalkan karena bisa menyebabkan kegagalan bisnis yaitu sombong. Orang yang sombong atau tinggi hati memang selalu membuat orang lain merasa sebal. Sebab sikap sombongnya secara tidak langsung merendahkan orang lain. Dalam bisnis, sesukses apapun Anda, sikap sombong jelas tidak patut untuk dimiliki. Alih-alih bersikap sombong, Anda sebagai pebisnis malah diharuskan untuk rendah hati. Sebab dengan sikap sombong yang Anda tampilkan maka akan banyak orang terutama para mitra bisnis yang enggan bekerjasama dengan Anda. Jika banyak mitra yang enggan bekerjasama, tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada bisnis Anda. Dan bukan tidak mungkin lama-kelamaan bisnis Anda akan gagal karena sifat sombong yang membuat tidak adanya mitra yang mau bekerjasama. Sebaliknya bila yang Anda hadirkan adalah sikap rendah hati maka akan banyak orang yang suka untuk menjalin kerjasama bisnis.

  1. Keras Kepala

Anda yang seringkali tidak mau dibantah dan enggan menerima pendapat orang lain, seharusnya Anda waspada. Ini karena sikap seperti itu merupakan tanda-tanda sifat keras kepala. Sebagai pebisnis sejati yang ingin sukses, Anda memang harus mau terbuka dengan pendapat orang lain. Jangan merasa bahwa pendapat dan sikap Anda adalah yang paling benar. Jika Anda memelihara sikap keras kepala ini tentu hal ini akan membuat orang lain, termasuk para kolega bisnis Anda kurang suka. Nah bila para kolega bisnis Anda sudah kurang suka dan kurang respect pada Anda, maka ini akan bisa berakibat buruk pada perusahaan. Dan bukan tidak mungkin bila perusahaan Anda akan mengalami kemunduran dan bahkan kegagalan.

  1. Suka Mengeluh

Berikutnya, sifat buruk yang harus Anda hindari sebagai pebisnis bila tak mau usaha gagal adalah suka mengeluh. Alih-alih suka mengeluh, sebagai pebisnis Anda seharusnya selalu siap menghadapi segala permasalahan yang ada. Sikap mengeluh ini memang biasanya akan membuat seseorang dan sesuatu yang dikerjakan tidak kunjung mengalami kemajuan. Ini karena dengan suka mengeluh bukan hanya pekerjaan yang terbengkalai tapi solusi atas permasalahan pun tidak akan kunjung didapati. Ketika pekerjaan terbengkalai dan permasalahan tak kunjung didapati solusinya maka bisnis pun bukan tidak mungkin akan menemui kegagalan.

  1. Tidak Jujur

Jujur memang menjadi sebuah sikap berharga yang sangat dibutuhkan dimana pun, termasuk dalam dunia bisnis. Dengan sikap jujur yang Anda hadirkan maka akan banyak kolega dan mitra bisnis yang senang saat menjalin kerjasama dengan Anda. Tidak hanya para kolega, tapi dari sikap jujur yang Anda hadirkan bukan tidak mungkin konsumen Anda akan banyak yang suka. Tapi bila sebaliknya Anda tidak jujur tentu kepercayaan para kolega dan konsumen akan sulit didapat. Dari sini maka bisnis pun akan mengalami kemunduran dan bukan tidak mungkin juga mengalami kegagalan.

  1. Sering Ragu

Terakhir, sifat buruk yang harus Anda tinggalkan agar tak membuat bisnis mengalami kegagalan yaitu ragu-ragu. Mungkin ada kalanya Anda ragu dan harus berpikir serius ketika memikirkan sesuatu yang serius. Itu wajar. Tapi bila Anda seringkali ragu dalam setiap mengambil keputusan bisnis maka hal ini akan membuat Anda tertinggal oleh para kompetitor. Jika Anda sudah tertinggal dari kompetitor maka bisnis pun akan mengalami kemunduran. Dan bila hal ini dibiarkan lama, bukan tidak mungkin usaha yang Anda jalankan kemudian mengalami kegagalan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top