Keuangan

Sering Kehabisan Uang? Ini Dia 5 Faktor yang Bisa Menjadi Penyebabnya!

penyebab_uang_cepat_habis

uang cepat habis/https://www.fool.com/

Uang menjadi sesuatu yang akan selalu dibutuhkan manusia dalam menjalankan hidupnya. Sayangnya keberadaan uang ini tidak bisa didapatkan semudah membalikkan telapak tangan. Selain sulitnya mendapatkan uang, problem lain yang sering terjadi dan dialami adalah seringnya uang tersebut habis. Mungkin Anda bisa memaklumi bila habisnya uang tersebut karena adanya kebutuhan yang besar. Tapi bila uang ini habis tanpa ada sebab yang jelas, tentu Anda perlu mengkoreksinya. Setidaknya Anda perlu mencari faktor yang menjadi penyebab seringnya kehabisan uang tersebut. Nah berikut ini adalah beberapa faktor penyebab seringnya uang habis yang dialami seseorang.

  1. Tingkat Inflasi Tinggi

Penyebab pertama yang membuat seseorang sering kehabisan uang adalah adanya tngkat inflasi yang tinggi. Inflasi yang terjadi setiap tahunnya memang akan membuat harga-harga menjadi lebih tinggi. Apalagi bila tingkat inflasi yang terjadi terbilang cukup tinggi, maka harga-harga barang dan jasa di pasaran pun jadi semakin lebih tinggi. Nah dari tingginya harga barang dan jasa inilah maka uang yang ada pun jadi cepat habis. Apalagi bila kemudian pendapatan Anda yang tidak bertambah setiap tahunnya, maka keadaan dan pengaruh inflasi yang ada ini akan semakin membuat Anda cepat kehilangan banyak uang.

  1. Gaji Tetap dan Jumlahnya Kecil

Seiring berjalannya kehidupan pastinya seseorang akan mendapati biaya hidup yang semakin banyak. Ini karena ada tuntutan yang membawa seseorang saat dewasa untuk memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri. Apalagi bila mereka sudah berkeluarga, maka biaya hidupnya akan semakin besar. Nah dari sinilah maka semakin besarnya kebutuhan ini perlu diimbangi dengan peningkatan pendapatan pula. Tapi sayangnya, tidak sedikit orang yang mendapati penghasilan atau pendapatannya tidak kunjung membaik meski telah bekerja lama atau telah meningkatkan skill-nya. Walhasil mereka yang mengalami keadaan seperti ini akan rentan untuk cepat kehabisan uang. Kondisi habisnya uang dengan cepat karena gaji tetap dan jumlahnya kecil ini memang wajar terjadi. Secara logika pendapatan kecil dengan kebutuhan atau biaya hidup yang semakin besar jelas menjadi sebuah kontradiksi yang akan membuat uang semakin cepat habis.

  1. Biaya Kesehatan dan Pendidikan yang Tinggi

Berikutnya, faktor yang dapat menyebabkan seseorang cepat kehabisan uang adalah biaya kesehatan dan pendidikan yang tinggi. Tak bisa dipungkiri setiap manusia pasti akan membutuhkan biaya kesehatan dan pendidikan dalam menjalani kehidupan ini. Sayangnya biaya kesehatan dan pendidikan yang cenderung naik ini membuat banyak orang mengalami dilema. Sebab dengan pendapatan yang tidak terlalu besar, maka membuat uang mereka cepat habis saat digunakan untuk memenuhi biaya kesehatan dan pendidikan tersebut.

  1. Biaya Gaya Hidup Terbilang Tinggi

Hal lain yang seringkali membuat seseorang cepat kehilangan uangnya adalah biaya gaya hidup yang terlampau tinggi. Meski pendapatannya sudah besar, tapi jika gaya hidupnya terlalu tinggi memang akan membuat uangnya cepat habis. Gaya hidup memang bisa bersifat tak terbatas karena keinginan dan nafsu manusia yang terus dan selalu ada. Sementara itu dengan pendapatan yang tak seterusnya naik, tentu gaya hidup yang tak terkontrol ini akan membuat Anda akan cepat kehabisan uang. Gaya hidup memang sesuatu yang perlu dikendalikan dengan penerapan pola hidup sederhana. Dan perlu diketahui bahwa beberapa miliarder di luar negeri sana, hidupnya sangat bersahaja meski mereka bergelimang harta. Tentu hal inilah yang perlu kita contoh agar keuangan kita tetap sehat.

  1. Membeli Barang-barang yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Terakhir, faktor penyebab seringnya orang kehabisan uang adalah membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan pendapatan yang tidak terlalu besar, maka Anda memang perlu menghindari pembelian barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Konsep membeli barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan, tentu perlu dikedepankan untuk membuat keuangan Anda tetap sehat. Sayangnya dengan nafsu yang tidak bisa dikendalikan tak jarang membuat seseorang kalap dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Ketika hal ini terjadi tentu saja membuat uangnya akan menjadi cepat habis karena pendapatannya yang tidak bisa menyeimbangkannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top