Lainnya

Supaya Dilirik Perusahaan, Maksimalkan Profil Linkedin Anda dengan 7 Trik Ini

maksimalkan-linkedin

Sebagai jejaring sosial berbasis profesionalitas, Linkedin menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan semakin banyaknya para profesional yang bergabung dengan Linkedin, membuat peluang Anda direkrut perusahaan via Linkedin ini jadi semakin besar. Namun untuk bisa direkrut perusahaan, Anda harus bisa memaksimalkan profil Linkedin. Sebab, perusahaan saat mencari kandidat via Linkedin akan lebih tertarik dengan profil Linkedin yang baik dan profesional. Lalu seperti apakah cara memaksimalkan profil Linkedin yang dapat meyakinkan perusahaan merekrut kita. Berikut beberapa trik yang bisa Anda terapkan.

  1. Informasi Profil yang Terkini

Pertama, tips untuk bisa memaksimalkan Linkedin agar bisa dilirik perusahaan adalah dengan memberikan informasi terkini. Update informasi terkini dari profil Linkedin Anda memang akan membuat perusahaan lebih tertarik karena mencerminkan kesungguhan Anda. Ketika Anda meng-update informasi profil Linkedin memang disana Anda telah berusaha lebih. Jadi selalu update informasi profil Linkedin Anda jika memang ada langkah karir yang berubah dalam diri Anda. Dengan meng-update informasi karir terkini, perusahaan juga bisa akan lebih melirik Anda karena banyaknya kompetensi yang Anda miliki.

  1. Buat Summary yang Menarik

Summary tentang penjelasan skill dan kredibilitas diri memang perlu ditampilkan dalam profil Linkedin Anda. Ini karena dengan menampilkan summary, maka hal ini akan lebih mampu membuat perusahaan tertarik pada Anda. Summary sendiri adalah paragraf diawal resume dan singkat yang menjelaskan ringkasan background dan keahlian seseorang serta keinginan Anda di perusahaan. Meski hanya satu paragraf, peran summary ini sangatlah krusial. Maka dari itu Anda tak boleh membuat summary ini secara sembarangan. Supaya bisa membuat perusahaan tertarik pada profil Linkedin Anda maka buatlah summary yang menarik.

  1. Lampirkan Portofolio

Bila Anda memiliki portofolio kerja maka akan semakin menguntungkan bagi Anda untuk bisa menarik perusahaan agar merekrut Anda. Portofolio kerja terbaik seperti hasil desain, hasil audit, hasil tulisan atau hasil karya lainnya memang bisa Anda upload ke Linkedin dengan mudah. Dengan melampirkan portofolio maka profil Linkedin Anda akan lebih kuat dan berkarakter. Dari sini maka perusahaan pun akan lebih yakin untuk merekrut Anda.

  1. Gunakan Foto Profesional

Berikutnya, tips untuk memaksimalkan profil Linkedin agar dilirik perusahaan adalah dengan menggunakan foto profesional. Linkedin yang merupakan jejaring profesional memang membuat Anda tak bisa sembarangan mengupload foto. Foto yang tepat dan membuat profil Linkedin Anda jadi lebih profesional adalah foto yang menampilkan wajah Anda dengan pakaian sopan dan rapi. Jangan lupa juga untuk menampilkan foto yang beresolusi baik agar wajah Anda terlihat lebih jelas. Dengan menampilkan foto yang profesional ini maka akan membuat Anda lebih berkesempatan untuk direkrut perusahaan.

  1. Jangan Curhat atau Berkeluh Kesah di Linkedin

Di Linkedin ini Anda memang bisa berbagi sesuatu dengan jaringan profesional Anda di halaman beranda. Nah karena Anda ingin direkrut oleh perusahaan, maka usahakan saat akan berbagi sesuatu di beranda, jangan berkeluh kesah atau curhat seperti pada media sosial. Mengapa? Sebab bila Anda berkeluh kesah atau curhat di Linkedin, akan membuat profesionalisme Anda jadi menurun. Jadi bila Anda ingin berbagi sesuatu di Linkedin maka usahakan menulis sesuatu yang bermanfaat yang sesuai dengan dengan keahlian dan profesionalisme Anda.

  1. Jangan Sinkronkan Linkedin Dengan Sosial Media

Meski konsep Linkedin ini mirip seperti media sosial yang bisa menjalin hubungan dengan orang lain dan juga bisa saling melihat profil, namun bukan berarti Anda bisa menganggap Linkedin ini sebagai media sosial. Jadi jangan sekali-kali untuk menghubungkan Linkedin Anda dengan media sosial. Sebab, Anda yang ingin direkrut perusahaan harus terlihat profesional. Bila Anda menghubungkan Linkedin dengan media sosial, akan membuat perusahaan bisa menelusuri jejak media sosial Anda. Bila perusahaan sudah bisa menelusuri jejak media sosial Anda maka bisa jadi perusahaan yang awalnya tertarik, kemudian jadi ilfil (hilang rasa) pada Anda.

  1. Hapus Spam Bila Ditemukan di Beranda

Terakhir, tips memaksimalkan profil Linkedin agar perusahaan tertarik merekrut kita adalah menghapus spam. Bila Anda mendapati banyaknya konten yang tidak berguna yang ada pada halaman beranda Anda maka spam ini harus segera dihapus. Sebab bila spam ini dibiarkan akan membuat citra dan nilai diri Anda di mata perusahaan. Saat citra dan nilai diri Anda di mata perusahaan sudah rendah, maka akan sulit bagi perusahaan merekrut Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top