Peluang Usaha

Surat Berharga Negara (SBN) 2022 Segera Meluncur, Bisa Beli dan Investasi

surat-berharga-negara

surat berharga negara/https://www.futuready.com/

Berinvestasi pada Surat Berharga Negara (SBN) memang bisa jadi pilihan yang menarik untuk Anda. Nah buat Anda yang memang tertarik untuk berinvestasi pada SBN, maka perlu segera bersiap karena pemerintah akan segera meluncurkannya. Dari rilis akun instagram Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, memang dinyatakan bahwa di tahun 2022 ini pemerintah secara bertahap akan meluncurkan tujuh seri Surat Berharga Negara (SBN). Lalu seperti apa SBN yang akan meluncur di tahun 2022 ini? Berikut ulasannya!

Investasi SBN

Sebelum membahas tentang SBN tahun 2022, kita perlu memahami dulu bahwa SBN atau Surat Berharga Negara ini bisa kita jadikan sebagai instrumen investasi. SBN sendiri yaitu surat berharga yang diterbitkan pemerintah untuk membiayai anggaran negara atau APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Nah ketika kita membeli SBN, maka kita bisa mendapatkan imbal hasil atau keuntungan dari bunga yang dibayar setiap bulannya. Ketika investasi yang Anda jalankan sudah jatuh tempo, uang dari pembelian SBN sebelumnya juga akan dikembalikan secara penuh. Tidak hanya berinvestasi, tapi membeli SBN akan membuat Anda juga terlibat atau turut serta dalam dalam pembiayaan pembangunan negara.

Keuntungan Investasi SBN

Buat Anda yang berinvestasi pada SBN, maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti:

  1. Adanya imbal hasil lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito bank BUMN
  2. Tak perlu bayar pajak lebih mahal karena pajak SBN hanya 10%, sementara deposito mencapai 20%.
  3. Anda akan mendapatkan passive income dari bunga atau kupon dibayarkan negara setiap bulannya.
  4. Pembayaran bunga atau kupon sendiri terjamin 100 persen oleh negara
  5. Anda juga bisa berkontribusi dalam pembangunan negara

Menilik dari beberapa keuntungan dari investasi SBN di atas, bisa didapatkan kesimpulan bahwa ada jaminan keamanan dari negara atau pemerintah. Dari sini Anda akan merasa tenang dan nyaman. Selain itu berinvestasi di SBN juga akan membuat Anda memperoleh keuntungan yang lebih stabil.

Jadwal SBN Tahun 2022

Berikut jadwal peluncuran SBN Tahun 2022 yang bisa Anda jadikan acuan dan persiapan untuk berinvestasi:

  1. Obligasi Negara Ritel ORI21 : 24 Januari – 17 Februari 2022
  2. Sukuk Ritel SR016 : 25 Februari – 16 Maret 2022
  3. Sukuk Wakaf Ritel SWR003 : 1 April – 2 Juni 2022  [Hanya untuk LKSPWU]
  4. Savings Bond Ritel : 23 Mei – 16 Juni 2022
  5. Sukuk Ritel SR017 : 19 Agustus – 14 September 2022
  6. Obligasi Negara Ritel ORI022 : 26 September – 20 Oktober 2022
  7. Sukuk Tabungan ST009 : 28 Oktober – 16 November 2022

Empat Produk SBN Ritel Tipe Tradable untuk Dimiliki

Dari jadwal peluncuran Surat Berharga Negara tahun 2022 tersebut bisa diketahui bahwa ada tujuh seri SBN yang akan diterbitkan pemerintah. Dari tujuh seri yang ada, ada empat produk SBN ritel tipe Tradable yang diperdagangkan di pasar sekunder untuk bisa Anda beli dan miliki. SBN ritel tipe Tradable sendiri adalah produk SBN yang bisa dimiliki masyarakat umum untuk investasi. Untuk wujudnya SBN ritel tipe Tradable ini yaitu obligasi negara ritel (ORI) dan sukuk ritel (SR).

Dari penjelasan di atas maka Anda yang tertarik atau memang sudah berencana akan berinvestasi pada SBN, harus sudah mempersiapkan diri. Pasalnya SBN ritel pertama yakni ORI021 sebentar lagi sudah akan meluncur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top