Keuangan

Terapkan 5 Cara Jitu Menabung Ini, Meski Uang Saku yang Anda Miliki Kurang dari 1 Juta!

Saat usia belia, kita pasti sudah diajari untuk gemar menabung. Akan tetapi, semakin kita dewasa justru malah semakin jarang melakukannya bukan? Hal ini dikarenakan, banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi serta minimnya pemasukan yang sering dijadikan alasan. Jika Anda mau berusaha dan memiliki niat yang kuat, maka uang saku yang terbilang pas-pasan pasti bisa kok menyisihkannya untuk ditabung. Biasanya, kaum yang mengalami hal-hal seperti ini adalah mahasiswa. Nah, bagi Anda yang memiliki uang saku kurang dari 1 juta. Yuk, sebaiknya terapkan 5 cara jitu menabung berikut ini.

  1. Agar Terhindar dari Keborosan, Buatlah Rekening Secara Terpisah

Jika benar-benar ingin menabung, maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat dua jenis rekening bank yang berbeda. Dengan cara seperti ini, Anda juga akan terbantu untuk mengelola keuangan setiap bulan. Oleh karena itu, buatlah rekening tanpa kartu ATM sebagai rekening tabungan Anda. Sementara itu, rekening bank yang satunya digunakan untuk kebutuhan bulanan. Saat Anda menerima uang bulanan dari orangtua, maka segera pisahkan uang yang akan digunakan untuk keperluan terlebih dahulu. Lalu, masukkan 25-30% uang yang Anda terima dari orangtua tersebut ke dalam rekening tabungan khusus. Dari sini, Anda akan terbiasa untuk mengutamakan menabung dibandingkan membeli barang-barang yang tidak begitu urgent.

  1. Tidak Boleh Membelanjakan Uang Lebih dari Anggaran yang Dicanangkan, Oleh Karena Itu Susunlah Anggaran Setiap Awal Minggu

Setelah Anda memisahkan uang yang diterima dari orangtua, selanjutnya wajib hukumnya untuk merinci dan membuat anggaran setiap awal minggu. Dalam anggaran ini, berisikan rincian kebutuhan pokok yang harus Anda keluarkan selama satu minggu ke depan. Jadi dengan adanya catatan tersebut, tentu Anda akan terhindar dari sifat keborosan.

  1. Agar Bisa Menekan Pengeluaran, Maka Aturlah Jam Makan Anda

Salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan adalah makan. Biasanya, biaya hidup selama satu bulan yang jumlahnya paling besar menyedot yaitu makan atau jajan. Jika Anda bisa lihai dalam mengatur strategi keuangan, sebenarnya Anda bisa kok menekan pengeluaran uang makan. Caranya, atur jam makan dan pilihlah menu makanan yang sederhana agar Anda bisa berhemat. Misalnya, mengganti sarapan dengan susu sereal. Lalu, Anda bisa makan siang ketika sudah menjelang sore agar rasa kenyangnya awet. Kemudian, Anda bisa mendapatkan makan malam saat sudah larut agar saat pagi datang perut tidak terlalu lapar. Selain itu, Anda juga bisa menjadwalkan maksimal 3 kali dalam seminggu untuk makan mie instan demi menekan pengeluaran. Bahkan, jika Anda memiliki magicom di kostan maka masaklah nasi sendiri dan membeli lauknya. Cara seperti ini memang terkesan pelit, namun dengan begini pengeluaran Anda akan lebih hemat dan sisa uangnya bisa digunakan untuk ditabung. Jadi, tabungan yang ada akan cepat terkumpul.

  1. Seringlah Pulang ke Rumah atau Berkunjung ke Rumah Saudara, Agar Anda Terhindar dari Hidup Foya-Foya Bersama Teman

Godaan untuk berfoya-foya dengan teman seringkali terjadi, namun Anda pasti bisa menghindarinya. Jika rumah Anda jaraknya dekat, maka Anda bisa mengantisipasi hal tersebut dengan sering-sering pulang ke rumah. Namun, jika rumah Anda jaraknya cukup jauh maka Anda bisa berkunjung atau menginap di rumah saudara yang dekat. Selain akan terhindari dari hidup foya-foya bersama teman, di sini Anda juga bisa mendapatkan makan secara gratis. Dengan begini, keuangan Anda akan tetap hemat bukan?

  1. Setiap Ada Uang Receh, Masukkan Saja ke dalam Celengan

Menabung itu tidak hanya dapat dilakukan dengan memisahkan uang saku di dua rekening saja. Namun, Anda pun bisa melakukannya setiap menemukan uang receh maupun pecahan 5000 yang mungkin ditemukan di kantong celana dan dompet Anda. Daripada uang receh dan pecahan uang tersebut dijajankan, lebih baik masukkan ke dalam celengan saja. Misalkan ke dalam toples bening yang susah dibuka. Toples bening ini berfungsi agar Anda bisa melihat seberapa banyak uang yang sudah terkumpul. Jadi, saat uang yang terlihat masih sedikit Anda pun akan termotivasi karenanya untuk mengisinya lagi. Setelah beberapa bulan terkumpul, Anda bisa menyetorkan uang tersebut ke dalam rekening tabungan yang sudah dibuat sebelumnya.

Jadi, bagaimana? Anda tertarik untuk menerapkan ke 5 cara jitu di atas? Yuk, menabung sekarang juga!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top