Tips

Tips Efektif Jalankan Work From Home Saat Pandemi Covid-19

work From Home

work From Home/https://clark.com/

Saat wabah virus corona atau Covid-19 telah menjangkiti Indonesia, memang membuat banyak dari sisi kehidupan ini berubah. Salah satu perubahan tersebut bisa dilihat dari dunia kerja yang sebagian diantaranya harus dilakukan dengan konsep Work From Home (WFH). Bekerja di rumah ini memang bukan hal yang mudah, apalagi bagi pekerja yang sudah terbiasa bekerja di kantor. Tapi sebagai pekerja yang profesional, mau tak mau Anda memang harus menerima dan bisa cepat beradaptasi dengan konsep kerja WFH ini. Tapi bagaimana cara untuk bisa bekerja di rumah (WFH) dengan efektif? Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

  1. Siapkan Ruangan Khusus

Tips pertama menjakankan work from home yang efektif saat pandemi covid-19 adalah dengan mempersiapkan ruangan khusus di rumah. Ketika Anda bekerja di rumah maka dibutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Dari sinilah agar Anda bisa bekerja dengan penuh konsentrasi maka dibutuhkan ruangan khusus untuk tempat bekerja. Anda bisa mengambil ruangan atau kamar tak terpakai untuk tempat Anda bekerja. Bila rumah Anda bertingkat, akan lebih baik Anda mengambil ruangan yang berada di atas agar bisa lebih berkonsentrasi.

  1. Buat Kenyamanan Pada Ruang Kerja

Setelah mendapatkan ruangan khusus untuk bekerja, langkah selanjutnya untuk bisa menjalankan WFH dengan efektif adalah dengan membuat kenyamanan pada ruangan tersebut. Membuat kenyamanan di sini bukan berarti Anda harus menempatkan kasur yang empuk. Tapi membuat nyaman ruangan kerja di rumah ini bertujuan agar Anda bisa bekerja dengan maksimal. Bila ruangan nyaman, memang membuat kita bisa bekerja dengan optimal. Sebaliknya bila ruangan tidak nyaman maka seringkali kita akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Ruangan yang nyaman untuk kerja di rumah ini bisa berwujud ruangan yang bersih, ada ventilasi udara yang cukup, pencahayaan cukup serta penataan barang-barang yang rapi. Jika bisa usahakan untuk menghadirkan tanaman untuk menyegarkan pandangan.

  1. Hindari Segala Macam Distorsi

Meski sudah berada di lantai atas, bukan berarti Anda akan terhindar dari distorsi atau gangguan. Sebab, bekerja di rumah memang memiliki tingkat distorsi yang lebih besar dibanding bekerja di kantor. Untuk itulah maka Anda yang ingin menjalankan work from home dengan efektif perlu sebisa mungkin menghindari segala distorsi yang muncul. Caranya, cobalah untuk membuat anak-anak tidak bermain di lantai tempat Anda bekerja. Selain itu berikan pemberitahuan kepada orang-orang dirumah untuk tidak terlalu membuat kegaduhan atau suara berisik. Agar tidak terlena dengan hiburan yang ada, maka kamu perlu menjauhkan segala macam barang elektronik termasuk gadget agar terhindar dari distorsi.

  1. Tetapkan Target Setiap harinya

Supaya kamu tetap produktif maka cobalah untuk menetapkan target kerja setiap harinya. Dengan menetapkan target maka Anda akan dipaksa untuk bisa menyelesaikan pekerjaan setiap harinya. Supaya Anda saat WFH ini tetap produktif maka cobalah untuk menetapkan target utama yang lebih tinggi setiap harinya. Jadi bila pun meleset dari target utama, Anda tetap masih terlihat produktif karena telah menyelesaikan beberapa pekerjaan.

  1. Jangan Remehkan Komunikasi

Terakhir, agar work from home yang Anda jalankan berjalan efektif maka cobalah untuk tetap terhubung dengan komunikasi tim di kantor. Karena Anda bekerja secara jarak jauh, maka memang komunikasi yang terjadi tidak bisa seintensif bila berada di kantor. Maka melalui perantara perangkat elektronik dan internet, usahakan untuk tidak melewatkan komunikasi dengan tim di kantor. Sebab bila kamu meremehkannya, atasan bisa saja tidak lagi respect kepada cara kerja Anda. Agar tidak terlalu terganggu dengan komunikasi ini, Anda bisa menjadikan laptop sebagai perantaranya. Sebab bila Anda menggunakan gadget, maka bisa muncul distorsi yang dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika akan kembali bekerja.

Itulah beberapa cara atau tips efektif untuk jalankan Work From Home (WFH) selama pandemi Covid-19 berlangsung. Dari beberapa tips di atas maka tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak produktif meski bekerja di rumah. Sebab hanya dengan kemauan dan kesungguhan lah maka siapa pun termasuk Anda bisa saja menjalankan work from home dengan efektif dan produktif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top