Tips

Trik Membuat Buah Hati Rajin Menabung

Rajin menabung merupakan salah satu kebiasaan yang baik. Tak heran bila banyak orang tua mengajarkan buah hatinya sedini mungkin untuk rajin menabung. Sayangnya untuk menerapkan kebiasaan ini pada anak bukanlah hal yang mudah. Perlu ketegasan dan kedisiplinan agar anak mau rajin menabung. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar sikecil bisa rajin menabung dengan kemauannya sendiri. Beberapa trik yang dimaksud bisa anda simak dibawah ini!

Gunakan Celengan

Cara paling mudah untuk menarik anak agar gemar menabung ialah memakai celengan. Gunakan celengan dengan bentuk lucu dan menarik agar anak gemar memasukkan uang. Anda bisa membeli celengan dengan bentuk tokoh kartun kesayangan sikecil. Anakpun bisa termotivasi untuk menabung tanpa harus Anda paksakan.

Beri Hadiah Sebagai Penghargaan

Langkah selanjutnya berikan hadiah bagi anak anda jika berhasil mencapai jumlah tabungan tertentu. Hadiah ini sebagai bentuk penghargaan bagi sikecil atas usahanya dalam menabung. Orang dewasa saja menyisihkan uang untuk tabungan bukanlah perkara mudah apalagi anak-anak. Ada baiknya perkenalkan konsep uang pada anak. Dengan mengetahui fungsi uang anak akan lebih menghargai uang yang dimilikinya.

Kenalkan Anak Pada Konsep Jatah Bulanan

Anda juga bisa mengenalkan konsep jatah bulanan. Dengan memberikan uang bulanan maka anda akan membebaskan anak dalam mengatur keuangannya. Tentunya dalam memberikan uang bulanan sesekali Anda ingatkan untuk menabung beberapa uang yang dimilikinya. Anak juga lebih hati-hati dalam menggunakan uangnya untuk membeli barang yang diinginkan. Konsep jatah bulanan ini juga membuat anak lebih mandiri. Tidak sembarangan memakai uang untuk jajan.

Yuk Buatkan Anak Rekening Bank

Di zaman serba canggih seperti saat ini perbankan juga ikut membidik segmentasi keluarga. Kini untuk menabung di bank bisa juga dilakukan anak-anak. Mereka yang berumur dibawah 18 tahun bisa membuka rekening bank sendiri atas namanya. Kini untuk menarik anak agar gemar menabung juga tersedia kartu debit dengan tema-tema kartun. Biaya administrasi untuk rekening anak-anak juga jauh lebih kecil ketimbang milik orang dewasa.

Ajarkan Melalui Permainan

Anda juga bisa mengajarkan anak konsep menabung melalui permainan. Misalnya saja anda berlakon seperti penual dan anak pembeli. Pura-puranya anak anda membeli barang dan menerima kembalian. Kembalian inilah yang bisa anda ajarkan untuk ditabung dalam celengan. Ketika uang yang ditabung sudah terkumpul cukup banyak barulah bisa digunakan untuk membeli barang yang lebih penting atau barang yang diinginkan sikecil.

Mencatat Pengeluaran Penting Dilakukan

Anda juga perlu mengajarkan buah hati untuk mencatat pengeluaran. Mengetahui kemana uang yang dimiliki dibelanjakan merupakan tindakan yang baik. Sikecil akan tahu pengeluaran mana yang paling besar dan bisa dihemat. Buah hati anda juga akan bisa memprediksi berapa jumlah uang yang mestinya bisa disisihkan dengan mengetahui pos-pos pengeluaran yang dimilikinya.

Ingatkan Anak Bahaya Berhutang

Penting bagi sikecil untuk mengetahui bahaya berhutang sedini mungkin. Jika memungkinkan jangan biasakan anak untuk meminjam uang. Apabila ia terpaksa untuk meminjam uang maka peringatkan untuk membuat sikecil mengembalikan uang yang dipinjamnya tepat waktu. Bila ia meminjamkan uang yang dimilikinya maka ingatkan untuk meminjamkan pada orang yang tepat. Ketahui tujuan peminjam meminjam uang dan pastikan mengembalikannya pada waktu yang telah disepakati.

Bila anak sudah diajarkan kebiasaan baik sedini mungkin maka ketika ia dewasa akan lebih bijak dalam memakai uang yang dimilikinya. Ia akan terhindar dari sifat boros dan kikir. Tidak lupa untuk mengenalkan anak untuk berbagi. Beramal membuatnya terhindar dari sifat kikir dan pelit.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: