Keuangan

5 Alasan Kenapa Ada Wajib Mengenal Deposito

Deposito tentu menjadi istilah yang tak asing lagi bagi anda, namun apakah anda tahu definisi dari deposito ? Deposito meruakan salah satu bentuk layanan atau jasa yang diberikan oleh beberapa bank negeri ataupun swasta untuk memberikan beberapa keuntungan bagi nasabah. Deposito sebenarnya tidak jauh berbeda dengan simpanan uang ada umumnya. Perbedaan terletak ada aturan penarikan dan penyetoran yang dilakukan oleh nasabah. Jika pada simpanan tabungan biasa nasabah bebas melakukan penarikan dan penyetoran kapanun dan dimanapun, maka deposito tidak. Penarikan dan penyetoran uang hanya daat dilakukan ada tanggal dan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Saat ini jenis tabungan memang belum banyak dilirik oleh sebagian besar masyarakat. Padahal apabila diperhatikan lebih jauh, ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh nasabah melalui tabungan deposito. Bagi anda yang belum mengenal dan yakin menggunakan deposito berikut beberapa alasan anda perlu mengenal deosito secara lebih jauh.

 Mengatur keuangan secara bijak

Seperti yang telah dijelaskan diatas, tabungan deposito memiliki kebijakan dalam hal penarikan dan penyetoran. Biasanya masing-masing bank akan memberikan pilihan kepada nasabah mengenai kapan nasabah ingin melakukan penarikan atau penyetoran, dalam jangka berapa bulan sekali, serta berapa lama. Peraturan ini tentu akan membuat anda lebih bijak dalam mengatur keuangan. Bagi anda yang merasa terlalu boros atau sulit untuk menabung, deposito bisa menjadi pilihan yang tepat, karena mau tidak mau apabila anda menginginkan sesuatu anda tidak akan bisa mengambil uang sebelum tanggal jatuh tempo sampai. Seiring berljalannya waktu terkadang kondisi ini menuntut nasabah untuk berfikir ulang aakah barang yang akan dibeli benar-benar bermanfaat atau tidak. Jika tidak, itu berarti nasabah bisa mengatur keuangan dengan baik dan lebih hemat.

 Bunga lebih besar

Alasan selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah, bunga yang diberikan oleh tabungan deposito jauh lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Hal ini memang wajar, sebab deposito merupakan tabungan berjangka panjang yang bahkan bisa dijadikan investasi seperti emas, saham, serta obligasi. Dari pada dana yang anda miliki tidak jelas digunakan untuk apa, anda bisa memanfaatan deposito sebagai investasi hari tua.

 Risiko rendah

Deposito merupakan salah satu simpanan yang memiliki jaminan LPS. Meskipun dengan persyaratan tertentu, namun hal ini menjadikan deposito memiliki risiko rendah terhadap penggelapan dana atau penipuan. Hanya saja, tidak semua bank terdaftar sebagai LPS, sehingga apabila anda ingin mendepositokan sejumlah uang pilihlah bank-bank yang sudah terdaftar di LPS. Perlu diperhatikan juga, LPS hanya berlaku apabila deposito yang dijaminkan kurang dari 7 miliar rupiah dengan suku bunga maksimal 7,5%.

Dapat digunakan sebagai jaminan dan kena ajak

Selain bisa digunakan sebagai investasi, deposito ternyata juga bisa digunakan sebagai jaminan kredit. Tak hanya itu, deposito ternyata juga termasuk produk kena ajak, sehingga keuntungan dari deposito akan dipotong pajak.

Mudah Diakses

Terakhir, deposito memang mengatur waktu penarikan dan pencairan dana nasabah. Namun disisi lain beberapa bank di Indonesia juga telah memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengambil bunga deposito atau mentransfer ke rekening lain setiap saat. Dengan begitu, anda bisa menggunakan uang dari bunga deposito untuk keperluan setia saat tanpa harus menunggu tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.

Masing-masing nasabah memang memiliki pemikiran tersendiri terhadap jenis tabungan yang ingin ia gunakan. Begitupun dengan berbagai jenis tabungan yang memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja apabila ada jenis tabungan yang memberikan anda kelebihan lebih banyak mengapa anda tidak mencobanya ?

Demikian informasi ini, semoga dapat bermanfaat.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top