Keuangan

5 Alasan yang Membuat Anda Harus Menyiapkan Dana Pensiun Mulai Usia 20 Tahun

dana-pensiun

Setiap manusia, termasuk kita pastinya akan menjadi tua di kemudian hari. Ketika kita sudah tua tentu kita tidak akan sekuat seperti saat masih muda. Saat tubuh kita sudah tidak lagi kuat maka hal ini akan mempengaruhi produktivitas kerja. Bahkan beberapa dari orang di usia tua sudah tidak lagi kuat bekerja hingga kemudian mengandalkan dana pensiun untuk menjalankan hidupnya. Keberadaan dana pensiun ini memang penting untuk siapa pun guna menghadapi hari tua. Meskipun banyak orang yang menganggap penting, toh tidak sedikit dari mereka yang kurang baik mempersiapkannya sejak dini. Dana pensiun memang sudah seharusnya dipersiapkan sejak dini bahkan semenjak usia 20 tahun-an. Mengapa harus mempersiapkan dana pensiun ini sejak usia 20 tahun-an? Berikut beberapa alasannya.

  1. Punya Waktu yang Cukup Banyak

Alasan pertama mengapa Anda harus mempersiapkan dana pensiun sejak usia 20 tahun-an adalah punya waktu yang cukup banyak untuk mengumpulkan uang. Pada saat usia 20 tahun-an, Anda yang masih sendiri dan belum berkeluarga tentu memiliki banyak waktu untuk bekerja dengan giat hingga menghasilkan uang lebih banyak. Namun bila Anda memulainya di usia 30 tahun-an yang notabene Anda sudah berkeluarga maka waktu produktif Anda akan mulai banyak berkurang. Maka dari itulah disaat Anda memiliki waktu produktif yang banyak pada usia 20 tahun-an, maka kesempatan Anda mengumpulkan tabungan untuk dana pensiun lebih besar. Sayangnya, tidak sedikit orang yang memaksimalkan usia mudanya untuk bekerja giat guna kepentingan masa tuanya.

  1. Tidak Adanya Tanggungan Keluarga

Seperti yang sedikit disinggung sebelumnya bahwa diusia 20 tahun-an membuat Anda memiliki banyak waktu untuk mengumpulkan uang, termasuk untuk keperluan dana pensiun. Hal ini dikarenakan pada usia 20 tahun-an Anda masih single dan belum berkeluarga. Saat single maka Anda memang akan memiliki banyak kebebasan untuk melakukan apapun, termasuk untuk mengumpulkan dana pensiun. Tapi bila Anda sudah menikah yang biasanya dilakukan orang diusia 30 tahun-an, maka keuangan Anda akan terbagi untuk keluarga. Dengan tanggungan keluarga, maka memang beban keuangan dan pengeluaran Anda akan semakin bertambah. Nah dari sinilah sebenarnya Anda diusia 20 tahun-an memiliki kesempatan besar memperbanyak tabungan dana pensiun.

  1. Punya Tenaga Besar untuk Melakukan Banyak Hal Lebih

Berikutnya, alasan mengapa Anda harus menyiapkan dana pensiun di usia 20 tahun-an adalah adanya tenaga besar untuk melakukan hal lebih, khususnya dalam tujuan menghasilkan uang. Pada masa muda diusia 20 tahun-an, tenaga yang Anda miliki memang lebih besar dibanding usia selanjutnya. Nah dengan tenaga besar diusia 20 tahun-an inilah maka seharusnya Anda bisa mengumpulkan dana pensiun dengan baik. Tapi bila Anda tidak melakukannya pada usia tersebut, maka tenaga Anda diusia selanjutnya akan terus menurun sehingga kesempatan untuk mengumpulkan uang untuk dana pensiun semakin berkurang.

  1. Punya Kesempatan Lebih Besar Mengembangkan Karir

Saat masih usia muda diusia 20 tahun-an, maka kesempatan Anda untuk mengembangkan karir memang lebih besar. Tapi bila Anda sudah berada diusia 30 tahun-an ke atas maka peluang mengembangkan karir tersebut akan semakin kecil. Kesempatan mengembangkan karir ini memang sesuatu yang penting untuk Anda yang ingin punya dana pensiun di hari tua. Sebab dengan peluang mengembangkan karir yang terbuka maka Anda pun akan bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak. Dari penghasilan yang banyak inilah maka Anda pun bisa menabung untuk keperluan dana pensiun yang lebih baik.

  1. Banyak Orang yang Masih Membutuhkan Anda

Terakhir, alasan mengapa Anda harus menyiapkan dana pensiun pada usia 20 tahun-an adalah banyaknya orang yang masih membutuhkan Anda. Dengan tenaga dan kinerja yang masih bagus, maka apa yang Anda miliki di usia 20 tahun-an memang membuat banyak orang atau pihak yang membutuhkan Anda. Tentu dengan banyaknya orang yang membutuhkan Anda, membuat peluang meraih penghasilan yang lebih banyak semakin terbuka lebar. Saat penghasilan Anda sudah banyak, maka Anda pun akan punya kesempatan lebih besar mempersiapkan dana pensiun lebih baik untuk hari tua Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top