Lainnya

5 Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Kepikiran Kerja, Coba Lakukan!

insomnia

Bekerja memang menjadi kewajiban dan tuntutan setiap orang, terutama pihak laki-laki untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya. Namun karena ada beberapa hal, terkadang bekerja menjadi sebuah beban dan pikiran berlebih bagi yang menjalankannya. Tentu konsep bekerja yang seperti ini tidaklah baik. Sebab bekerja dengan beban pikiran yang berlebih bisa menyebabkan stress. Di lapangan sendiri, pekerja yang mengalami stress karena beban pekerjaan yang berlebih ini memang bisa kita jumpai. Bahkan beberapa diantaranya mendapati dirinya sulit tidur karena selalu terpikir pekerjaan. Bila Anda adalah salah satu dari mereka yang selalu terbebani kerja saat akan tidur, maka Anda harus segera menghilangkannya. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

  1. Selesaikan Pekerjaan Sebelum Jam Tidur

Pertama, cara untuk mengatasi sulit tidur karena beban kerja adalah dengan menyelesaikan pekerjaan dengan segera sebelum jam tidur tiba. Pekerjaan yang belum selesai memang seringkali mengganggu kita saat tidur. Apalagi bila pekerjaan tersebut telah masuk deadline dan harus selesai esok hari, maka hal ini akan membuat pekerja biasanya sulit tidur bila belum menyelesaikan pekerjaannya. Maka bila Anda adalah orang yang seringkali terganggu saat tidur karena beban pekerjaan yang belum selesai, pastikan saja Anda berusaha menyelesaikan sebelum jam tidur tiba.

  1. Jangan Main Smartphone di Tempat Tidur

Saat ini smartphone memang menjadi benda yang sering mengganggu kegiatan seseorang pada banyak hal, termasuk waktu tidur. Selain mengganggu waktu tidur, smartphone yang dimainkan pada malam hari bisa saja akan membuat Anda terbebani pekerjaan. Mengapa demikian? Sebab dalam smartphone yang terdapat beberapa file kerja akan membuat Anda kembali teringat akan pekerjaan. Jadi bila Anda ingin istirahat dengan terlepas dari beban pekerjaan, pastikan Anda tidak membawa smartphone ke tempat tidur ketika jam tidur tiba.

  1. Tulis Semua Rencana Kerja dan Siapkan Semua Perlengkapannya

Selanjutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk lepas dari kekhawatiran soal pekerjaam saat jam tidur adalah dengan menuliskan semua rencana esok hari. Beberapa pekerja yang mengalami sulit tidur karena beban pekerjaan memang ada yang mengalaminya karena terpikir agenda esok hari. Tapi jangan khawatir, bila Anda adalah salah satu pekerja yang selalu terbebani dengan agenda kerja esok hari, maka cara berikut ini akan menjadi solusinya. Jadi cobalah untuk menuliskan rencana agenda kerja esok hari dengan baik. Jangan lupa juga siapkan semua pelengkapan yang dibutuhkan untuk agenda kerja esok hari. Dengan menuliskan rencana agenda kerja dan mempersiapkan perlengkapannya, maka Anda akan bisa lebih tenang ketika akan tidur.

  1. Singkirkan Semua Kecemasan dan Kekhawatiran

Bila Anda adalah orang yang memiliki rasa kecemasan dan kekhawtiran berlebih terhadap pekerjaan, maka cara berikut ini harus Anda lakukan. Karena Anda bermasalah dengan kekhawatiran maka hal tersebut harus disingkirkan. Kekhawatiran sendiri dalam diri manusia merupakan hal yang wajar. Tapi bila kekhawatiran ini terbilang berlebihan memang akan menjadi tidak wajar. Maka dari itu Anda yang merasa terus dihantui kekhawatiran soal pekerjaan dan kemudian sering menganggu waktu tidur maka cobalah untuk perlahan demi perlahan menyingkirkan kekhawatiran tersebut. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyingkirkan kekhawatiran berlebih. Anda bisa rutin melakukan meditasi atau yoga yang memang mampu membuat seseorang tenang. Anda juga bisa melakukan cara mendekatkan diri pada Tuhan untuk bisa memberikan ketenangan yang lebih pada diri.

  1. Jangan Bekerja Sampai Larut Malam

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur karena beban kerja adalah dengan tidak bekerja sampai larut malam. Semakin dekat waktu bekerja Anda dengan waktu istirahat malam, maka akan semakin besar peluang Anda untuk sulit tidur. Jadi Anda yang ingin bisa beristirahat dengan tenang tanpa beban pikiran kerja, pastikan Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Meski dengan alasan Anda ingin cepat menyelesaikan project agar di hari depan Anda bisa bersantai, tapi bekerja sampai larut malam tetap akan menjadi sesuatu yang kurang baik untuk dilakukan. Selain membuat Anda sepanjang malam terus terbebani pikiran pekerjaan, bekerja sampai larut malam juga akan membuat Anda tidak bisa bekerja maksimal pada keesokan harinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top