Keuangan

5 Cara Mengatur Keuangan Pasca Overspending

Pada umumnya, saat mendekati akhir tahun, kebanyakan mal atau pertokoan akan dihiasi tulisan diskon atau sale dengan papan besar. Nah untuk anda yang memang memiliki hobi berbelanja, pastinya akan sulit sekali untuk menghindarinya. Bahkan jika pada awalnya anda hanya berniat untuk melihat-lihat saja, pasti akan berujung dengan berbelanja karena tergoda dengan mainset harga yang murah. Sebenarnya berbelanja pada saat momen seperti ini memang tidak salah, namun pastikan dulu total pengeluaran anda masih masuk dalam bujet yang telah ditentukan dan jangan sampai overspending. Lalu bagaimana, caranya jika sdah terlanjur kejadian, maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu anda mengatur keuangan pasca overspending.

  1. Mengetahui Posisi Anda Sekarang

Ketika anda menyadari jika anda baru saja menghamburkan terlalu banyak uang, maka hal yang wajib anda lakukan pertama kali adalah jangan sampai panik atau kebingungan. Tujuannya, supaya anda bisa berfikir jernih ketika merumuskan dan menghitung  bujet di sisa pada bulan ini. Khusus untuk anda yang menggunakan uang tunai, maka anda bisa mengecek lagi apakah ada tagihan yang perlu untuk dilunasi bulan ini. Setelah itu, lihatlah berapa banyak uang yang anda perlukan supaya dapat bertahan hidup di sisa bulan tersebut. Dengan begitu anda akan dengan mudah mengetahui sejauh mana anda perlu berhemat supaya dapat bertahan hidup dan mengetahui posisi keuangan anda sekarang ini. Usahakan untuk menghindari penggunaan kartu kredit pada masa-masa ini.

  1. Batasi pengeluaran Anda Seminimal Mungkin

Dengan keadaan keuangan anda yang minim, pastinya anda harus bisa menekan pengeluaran semaksimal mungkin. Sebagai contoh, bila anda setiap hari mengeluarkan untuk layanan pesan antar makanan, maka anda harus mencoba membatasi pengeluaran ini dengan cara memasak makanan sendiri dan membawa bekal dari rumah untuk makan siang. Selain itu jika anda biasanya selalu bepergian dengan menggunakan taksi, maka gantilah pilihan transportasi anda dengan menggunakan transportasi umum yang lebih ramah dikantong anda.

  1. Korbankan Salah Satu Kategori Budget

Usahakan anda melihat pembagian uang anda di setiap bulannya, apakah ada pengeluaran yang kirannya dapat dihapus. Katakanlah jika anda selalu menyiapkan bujet khusus untuk hiburan akhir pekan, maka sementara anda bisa menghilangkannya terlebih dahulu. Apabila anda melakukan overspending, anda harus rela melepaskan bujet hiburan anda untuk kemudian mengubahnya menjadi bujet untuk keperluan yang lebih penting. Selain itu dengan menggunakan uang dari bujet kategori lain, maka anda juga dapat meminjam terlebih dahulu uang yang anda simpan sebagai dana darurat.

  1. Mencari Alternatif Pemasukan Lain

Setelah anda menghitung, jika ternyata sisa uang yang anda tidak mampu mencukupi kebutuhan anda sampai waktu gajian, maka solusinya adalah dengan mencari sumber pemasukan lain. Tujuannya supaya anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari anda. Salah satu cara yang paling mudah dalam mencari pemasukan lain adalah dengan menjual barang yang kiranya sudah tidak anda gunakan lagi dan masih bagus. Siapa tahu anda dapat membuat keadaan keuangan menjadi kembali stabil dalam waktu yang lebih singkat.

  1. Menjadikannya Pelajaran untuk Kedepannya

Apabila anda sudah pernah mengalami yang namanya overspending, maka akan lebih baik jika anda berusaha untuk mencegahnya supaya hal ini tidak terjadi lagi di masa depan. Apabila menahan godaan dalam berbelanja terasa terlalu berat untuk anda, maka setidaknya anda harus menyiapkan dana khusus untuk berbelanja di saat seperti ini setiap tahunnya. Dengan begitu, kebutuhan sehari-hari anda bisa tetap terpenuhi dengan baik tanpa terganggu lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top